Pages

Subscribe:

Senin, 02 Agustus 2010

Ganja Mengganggu Jam Biologis Tubuh




Seseorang menggunakan ganja, seringkali kehilangan daya ingat, terutama mereka akan sulit untuk mengingat waktu. Sejumlah ahli biologi dari Yale University, Amerika Serikat, menemukan jawaban ilmiah atas terganggunya kesadaran para pengguna ganja tersebut.


Anthony van den Pol, ahli biologi Yale University, menyatakan cannabinoids, zat proaktif yang terdapat di dalam ganja menyebabkan otak gagal mengatur jam internal dalam tubuh. Setiap manusia memiliki jam internal yang diatur oleh bagian otak yang disebut suprachiasmatic nucleus (SCN).


Sciencemag, Minggu (1/8/2010) melansir, SCN bekerja laiknya sensor cahaya yang membantu manusia mengenali siang atau malam. SCB inilah yang mengatur siklus jam biologis atau yang dikenal sebagai siklus circadian.


Perlu diketahui, setiap orang pasti memiliki jam biologis yang mengatur ritme proses bio kimia di dalam tubuh. Seseorang yang menggunakan ganja setiap hari akan merasakan efek laiknya Jet-lag, sama seperti ketika pengguna melewati zona waktu siklus gelap terang yang berbeda secara mendadak, keseimbangan ini pun terganggu.


Manusia memiliki siklus jam biologis selama 24 jam. Waktu tersebut digunakan untuk melakukan aktivitas termasuk untuk membagi waktu untuk tidur, makan dan aktivitas lainnya. Bila SCN terganggu maka seketika tubuh pengguna akan mengalami ketidakteraturan mulai dari makan, minum. Setidaknya itulah yang membuat sebagian pengguna ganja akan merasakan cepat lapar, haus, atau cepat lelah. (",)v





Sumber : okezone.com, berbagai sumber lainnya

Editor : AdeL`FarouK
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia