Pages

Subscribe:

Senin, 02 Agustus 2010

Sejarah Perang Dunia I (Versi Lengkap)


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com

Perang Dunia I atau Perang Dunia Pertama, disingkat PD I, dan istilah-istilah dalam bahasa Inggris lainnya : "Great War", "War of the Nations", dan "War to End All Wars" (Perang untuk Mengakhiri Semua Perang) adalah sebuah konflik dunia, perang global yang terpusat di Eropa, berlangsung dari 28 Juli 1914 hingga 11 November 1918, yang berawal dari Semenanjung Balkan.


Perang Besar ini melibatkan semua kekuatan besar dunia, yang terbagi menjadi dua aliansi bertentangan, yaitu Sekutu (berdasarkan Entente Tiga yang terdiri dari Britania Raya, Perancis, dan Rusia) dan Kekuatan Sentral (terpusat pada Aliansi Tiga yang terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia - namun, saat Austria-Hongaria melakukan serangan sementara persekutuan ini bersifat defensif, Italia tidak ikut berperang). Kedua aliansi ini melakukan reorganisasi (Italia berada di pihak Sekutu) dan memperluas diri saat banyak negara ikut serta dalam perang.

Lebih dari 70 juta tentara militer, termasuk 60 juta orang Eropa, dimobilisasi dalam salah satu perang terbesar dalam sejarah ini. Lebih dari 9 juta prajurit gugur, terutama akibat kemajuan teknologi yang meningkatkan tingkat mematikannya suatu senjata tanpa mempertimbangkan perbaikan perlindungan atau mobilitas.

Perang Dunia I adalah konflik paling menakutkan dan mematikan keenam dalam sejarah dunia, sehingga hal ini menjadi pembuka jalan untuk berbagai perubahan politik, seperti revolusi di beberapa negara yang terlibat.

Penyebab jangka panjang perang ini mencakup kebijakan luar negeri imperialis kekuatan besar Eropa, termasuk Kekaisaran Jerman, Kekaisaran Austria-Hongaria, Kesultanan Utsmaniyah, Kekaisaran Rusia, Imperium Britania, Republik Perancis, dan Italia.



Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Pihak Yang Terlibat :


Blok Sekutu

Flag of Russia.svg Rusia
Flag of France.svg Perancis
Flag of the United Kingdom.svg Britania Raya
Flag of Canada-1868-Red.svg Kanada
Flag of Italy (1861-1946).svg Italia
US flag 48 stars.svg Amerika Serikat

Negara-negara yang bergabung :

1. Kerajaan Serbia
2. Kerajaan Rusia (sampai November 1917)

3. Perancis (termasuk pasukan dari negara koloni Perancis)

4. Kerajaan Inggris :

1. Negara Persemakmuran Inggris dan Irlandia

2. Australia

3. Kanada

4. Selandia Baru

5. Newfoundland

6. Afrika Selatan

7. Kerajaan India

8. Negara boneka dan koloni Inggris

5. Kerajaan Belgia (termasuk pasukan negara koloni Belgia)

6. Kerajaan Montenegro

7. Kekaisaran Jepang

8. Kerajaan Italia (April 1915 dan sesudahnya)

9. Portugal

10. Kerajaan Romania (Agustus 1916 dan sesudahnya)

11. Kerajaan Yunani (Mei 1917 dan sesudahnya)

12. Amerika Serikat (1917 dan sesudahnya)

13. San Marino

14. Andorra

15. Tiongkok

16. Brazil

17. Bolivia

18. Kosta Rika

19. Kuba

20. Guatemala

21. Haiti

22. Honduras

23. Ekuador

24. Nikaragua

25. Uruguay

26. Panama

27. Peru

28. Siam

29. Liberia

30. Republik Demokratik Armenia (1918)

31. Cekoslowakia (1918)


Blok Sentral

Flag of the Habsburg Monarchy.svg Austria-Hungaria
Flag of the German Empire.svg Jerman
Flag of Turkey.svg Kekaisaran Ottoman
Naval Ensign of Bulgaria (1878-1944).svg Bulgaria


Latar Belakang

PD I dimulai setelah Pangeran Franz Ferdinand dari Austro-Hongaria (sekarang Austria) beserta istrinya, dibunuh di Sarajevo, Bosnia, oleh seorang nasionalis Yugoslavia beserta anggota kelompok teroris Serbia, Gavrilo Princip, 28 Juni 1914. Bosnia merupakan kawasan Austria yang dituntut oleh Serbia, salah satu negara kecil di Semenanjung Balkan, dimana pembunuhan tersebut telah direncanakan sebelumnya.

Pembunuhan tersebut berujung pada ultimatum Habsburg terhadap Kerajaan Serbia. Sejumlah aliansi yang dibentuk selama beberapa dasawarsa sebelumnya terguncang, sehingga dalam hitungan minggu saja semua kekuatan besar terlibat dalam perang. Dan melalui koloni mereka, konflik ini segera menyebar ke seluruh dunia.

Dengan bantuan Jerman, Austria-Hungaria memutuskan perang terhadap Serbia. Tidak pernah terjadi sebelumnya konflik sebesar ini, baik dari jumlah tentara yang dikerahkan dan dilibatkan, maupun jumlah korbannya.




Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Senjata kimia digunakan untuk pertama kalinya, pemboman massal warga sipil dari udara dilakukan, dan banyak dari pembunuhan massal berskala besar pertama abad 19 berlangsung saat perang ini. Empat dinasti, Habsburg, Romanov, Ottoman, dan Hohenzollern, yang memiliki akar kekuasaan hingga zaman Perang Salib, seluruhnya jatuh setelah perang.


Austria-Hungaria menyerang Serbia pada 28 Juli 1914. Rusia membuat persediaan untuk membantu Serbia dan diserang oleh Jerman. Perancis pun turut membantu Rusia dan diserang oleh Jerman. Untuk tiba di Paris dengan secepat mungkin, tentara Jerman menyerang Belgia, dan kemudian Britania menyerang Jerman.



Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Pada awalnya, Jerman memenangkan peperangan tersebut, akan tetapi Perancis, Britania, serta Rusia terus menyerang. Jerman, Austria-Hungaria, dan sekutunya disebut "Blok Sentral", dan negara-negara yang menentang mereka disebut "Blok Sekutu".

Sewaktu peperangan berlanjut, negara lain pun turut campur tangan. Hampir semuanya memihak kepada Sekutu. Pada tahun 1915, Italia bergabung dengan Sekutu karena ingin menguasai tanah Austria. Dan pada tahun 1917, Amerika Serikat memasuki peperangan, dan memihak kepada Sekutu.




Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Meskipun Tentera Sekutu sangat kuat, Jerman terlihat seperti akan memenangkan peperangan tersebut. Setelah 1914, Jerman pun menguasai Luxemburg, hampir seluruh daratan Belgia, serta sebagian dari Perancis utara.

Jerman juga menang di Barisan Timur, ketika usaha Rusia gagal. Akan tetapi, menjelang tahun 1918, tentara Jerman mengalami kelelahan. Perbekalannya tidak mencukupi dan timbul pergolakan sosial di dalam negerinya sendiri.





Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Pada waktu yang sama, semakin banyak tentara Amerika Serikat yang baru tiba dan langsung bergabung kepada Sekutu. Pada musim panas 1918, tentera Amerika Serikat membantu menghalau serangan Jerman terakhir di barat. Jerman pun menandatangani perjanjian gencatan senjata pada 11 November 1918, di Compiègne Forest, yang menjadi akhir dari perseturuan sesungguhnya.



Perjanjian Versailles



Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Perjanjian Versailles (1919) adalah suatu perjanjian damai dimana perjanjian ini secara resmi mengakhiri Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman. Meski sebelumnya keadaan perang formal antara kedua pihak masih terus berlanjut selama tujuh bulan.

Negosiasi di antara negara-negara sekutu dimulai pada 7 Mei 1919, pada peringatan tenggelamnya RMS Lusitania. Aturan yang diterapkan terhadap Jerman pada perjanjian tersebut antara lain adalah penyerahan sebagian wilayah Jerman kepada beberapa negara tetangganya, pelepasan koloni seberang lautan dan Afrika milik Jerman, serta pembatasan pasukan militer Jerman yang diharapkan dapat menghambat Jerman untuk kembali memulai perang.

Karena Jerman tidak diizinkan untuk mengambil bagian dalam negosiasi, pemerintah Jerman mengirimkan protes terhadap hal yang mereka anggap sebagai sesuatu yang tidak adil, dan selanjutnya menarik diri dari perundingan tersebut.

Sampai akhirnya belakangan, menteri luar negeri baru Jerman, Hermann Müller, setuju untuk menandatangani Perjanjian Versailles. Perjanjian ini sendiri diratifikasi oleh Liga Bangsa-Bangsa pada tanggal 10 Januari 1920.

Di dalam Traktat Versailles yang ditandatangani setelah Perang Dunia I, pada 28 Juni 1919, yang juga mencetuskan berdirinya Liga Bangsa-Bangsa tersebut, Jerman menyerahkan tanah-tanah jajahannya dan sebagian dari wilayah Eropa-nya. Polandia dibebaskan dan mendapat wilayah Posen (sekarang kota Poznan), sebagian Silesia, serta sebagian lagi Prussia Barat.

Alsace dan Lorraine yang dikuasai oleh Jerman dikembalikan ke Perancis. Perancis juga dapat menguasai kawasan Saar selama 15 tahun. Perjanjian ini juga meletakkan Rhineland dibawah pendudukan Tentera Sekutu selama 15 tahun. Jumlah pasukan tentara Jerman di perkecil tidak melebihi 100.000 orang, serta dilarang memiliki pasukan udara. Jerman juga harus membayar pampasan perang kepada Tentara Sekutu sebesar £6.600 juta.


Diperkirakan 8.6 juta korban jiwa dalam Perang Dunia I. Blok Sekutu kehilangan 5.1 juta jiwa, sementara Blok Sentral 3.5 juta jiwa. PD I tersebut mengakibatkan kehancuran yang sangat besar terhadap negara-negara yang terlibat, yang dikenal dengan "Perang Untuk Mengakhiri Semua Perang" sehingga terjadilah Perang Dunia II (PD II).

Akan tetapi, publik Amerika Serikat menolak ratifikasi Perjanjian Versailles ini, terutama karena Liga Bangsa-Bangsalah perjanjian tersebut dibuat, tidak mengakhiri secara resmi keikutsertaannya dalam perang, sampai Resolusi Knox-Porter ditandatangani tahun 1921.

Setelah Perjanjian Versailles, perjanjian dengan Austria, Hongaria, Bulgaria, dan Kesultanan Utsmaniyah ditandatangani. Namun, negosiasi perjanjian terakhir dengan Kesultanan Utsmaniyah diikuti oleh perselisihan (Perang Kemerdekaan Turki), dan perjanjian damai terakhir antara Blok Sekutu dan negara yang segera menjadi Republik Turki baru ditandatangani pada tanggal 24 Juli 1923 di Lausanne.

Sejumlah tugu peringatan perang menyebutkan, bahwa akhir dari PD I ialah ketika Perjanjian Versailles ditandatangani tahun 1919, yaitu ketika banyak tentara yang berdinas di luar negeri akhirnya pulang ke negara masing-masing.

Sebaliknya, banyak juga peringatan berakhirnya PD I terpusat pada gencatan senjata yang terjadi tanggal 11 November 1918
di Compiègne Forest. Secara hukum, perjanjian damai formal belum selesai sampai ditandatanganinya perjanjian terakhir, yaitu Perjanjian Lausanne. Sesuai ketentuannya, pasukan Sekutu keluar dari Konstantinopel pada tanggal 23 Agustus 1923.


Puncak Perang Dunia I




Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Perang Dunia I menjadi saat pecahnya orde dunia lama, menandai berakhirnya monarki absolutisme di Eropa. Ia juga menjadi pemicu Revolusi Rusia, yang akan menginspirasi revolusi lainnya di negara-negara lain, seperti : Tiongkok dan Kuba, serta akan menjadi basis bagi Perang Dingin antara Uni Soviet dan AS.




Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Kekalahan Jerman dalam perang ini dan kegagalan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang masih menggantung yang telah menjadi sebab terjadinya Perang Dunia I, akan menjadi dasar kebangkitan Nazi, dan dengan itu pecahnya Perang Dunia II pada 1939. Ia juga menjadi dasar bagi peperangan bentuk baru yang sangat bergantung kepada teknologi, dan akan melibatkan non-militer dalam perang, seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya.



Parit Perlindungan




Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Perang Dunia menjadi terkenal dengan peperangan parit perlindungannya, di mana sejumlah besar tentara dibatasi geraknya di parit-parit perlindungan dan hanya bisa bergerak sedikit karena pertahanan yang ketat.




Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Ini terjadi khususnya terhadap Front Barat. Lebih dari 9 juta jiwa meninggal di medan perang, dan hampir sebanyak itu juga jumlah warga sipil yang meninggal akibat kekurangan makanan, kelaparan, pembunuhan massal, dan terlibat secara tak sengaja dalam suatu pertempuran.



Front Timur




Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Front Timur adalah Front dimana Jerman berhadapan dengan Russia. Pada awalnya Jerman dapat mengalahkan Russia, meskipun Russia melancarkan Mobilisasi yang menyebabkan ekonomi Russia terbengkalai.




Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Dan nantinya mencetus Revolusi Russia. Tapi karena musim dingin di Russia, dan tentara Jerman tidak dilengkapi pakaian musim dingin, akhirnya Russia menang.



Korban Jiwa Akibat PD I




Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Sekutu : 5.497.600
• Belgia: 13.700
• Kekaisaran Britania: 908.000
o Australia: 60.000
o Kanada: 55.000
o India: 25.000
o Selandia Baru: 16.000
o Afrika Selatan: 7.000
o Inggris: 715.000
• Perancis: 1.354.000
• Yunani: 5.000
• Italia: 650.000
• Jepang: 300
• Rumania: 336.000
• Rusia: 1.700.000
• Serbia: 450.000
• AS: 50.600

Terluka: 12.831.000
Hilang: 4.121.000



Sentral : 3.382.500
• Austria-Hungaria: 1.200.000
• Bulgaria: 87.500
• Jerman: 1.770.000
• Kerajaan Ottoman: 325.000

Terluka: 8.388.000
Hilang: 3.629.000



Warga Sipil : 6.493.000
• Austria: 300.000
• Belgia: 30.000
• Inggris: 31.000
• Bulgaria: 275.000
• Perancis: 40.000
• Jerman: 760.000
• Yunani: 132.000
• Rumania: 275.000
• Rusia: 3.000.000
• Serbia: 655.000
• Kerajaan Ottoman: 1.005.000


 

Daftar Pertempuran Pada Perang Dunia I




Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Ini adalah Daftar pertempuran pada Perang Dunia I yang meliputi keterlibatan angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara serta kampanye, operasi, garis pertahanan dan pengepungan. Kampanye umumnya merujuk kepada operasi strategis yang lebih luas dilakukan selama jangka waktu yang panjang.


 


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Pertempuran umumnya mengacu pada periode pendek yang intens memerangi terlokalisasi untuk wilayah tertentu dan selama jangka waktu tertentu. Namun, penggunaan istilah dalam penamaan peristiwa semacam itu tidak konsisten. Sebagai contoh, Pertempuran Atlantik Pertama lebih atau kurang seluruh teater perang, dan yang disebut pertempuran, berlangsung selama seluruh perang.



Blok Barat

1914

* Pertempuran Liège
* Pertempuran Frontiers
* Pertempuran Mulhouse
* Pertempuran Lorraine
* Pertempuran Ardennes
* Pertempuran Charleroi
* Pertempuran Mons
* Pengepungan Maubeuge
* Pertempuran Le Cateau
* Pertempuran St Quentin, juga disebut Pertempuran Guise
* Pertempuran Marne Pertama
* Pertempuran Aisne Pertama
* Pengepungan Antwerpen
* Pertempuran Albert Pertama
* Pertempuran Arras Pertama
* Pertempuran Yser
* Pertempuran Ypres Pertama, juga disebut Pertempuran Flandres
* Pertempuran Champagne Pertama

1915

* Pertempuran Neuve Chapelle
* Pertempuran Ypres Kedua
* Pertempuran Artois Kedua
* Pertempuran Loos
* Pertempuran Champagne Kedua

1916

* Pertempuran Verdun
* Pertempuran Hulluch
* Pertempuran Somme
* Pertempuran Fromelles
* Pertempuran Pozières
* Pertempuran Ginchy

1917

* Serangan Nivelle
* Pertempuran Arras (1917)
* Pertempuran Vimy Ridge
* Pertempuran Aisne Kedua, juga disebut Pertempuran Champagne Ketiga
* Pertempuran Messines
* Pertempuran Ypres Ketiga, juga disebut Pertempuran Passchendaele
* Pertempuran Cambrai (1917)

1918

* Serangan Spring Jerman
* Pertempuran Somme (1918), juga dikenal sebagai Pertempuran Somme Kedua (untuk membedakannya dari pertempuran 1916)
* Pertempuran Lys, juga dikenal sebagai Pertempuran Ypres Keempat dan Pertempuran Estaires
* Pertempuran Aisne Ketiga
* Pertempuran Cantigny
* Pertempuran Belleau Kayu
* Pertempuran Marne Kedua
* Pertempuran Château-Thierry (1918)
* Serangan Seratus Hari
* Pertempuran Amiens (1918)
* Pertempuran Mont St Quentin, juga dikenal sebagai Pertempuran Somme Ketiga
* Pertempuran Saint-Mihiel
* Pertempuran Epéhy
* Pertempuran Garis Hindenburg
* Serangan Meuse-Argonne, juga disebut Pertempuran Argonne Forest
* Pertempuran Kanal St. Quentin
* Pertempuran Ypres Kelima
* Pertempuran Kanal Utara
* Pertempuran Cambrai (1918)
* Pertempuran Sambre (1918), juga dikenal sebagai Pertempuran Sambre Kedua

Kampanye Italia

* Pertempuran Isonzo Pertama
* Pertempuran Isonzo Kedua
* Pertempuran Isonzo Ketiga
* Pertempuran Isonzo Keempat
* Pertempuran Isonzo Kelima
* Serangan Trentino atau "Pertempuran Asiago"
* Pertempuran Isonzo Keenam atau "Pertempuran Gorizia"
* Pertempuran Isonzo Ketujuh
* Pertempuran Isonzo Kedelapan
* Pertempuran Isonzo Kesembilan
* Pertempuran Isonzo Kesepuluh
* Pertempuran Isonzo Kesebelas
* Pertempuran Caporetto
* Pertempuran Sungai Piave
* Pertempuran Vittorio Veneto


Blok Timur


1914

* Pertempuran Stallupönen
* Pertempuran Gumbinnen
* Pertempuran Tannenberg
* Pertempuran Galicia
* Pertempuran Danau Masurian Pertama
* Pertempuran Sungai Vistula
* Pertempuran Łódź (1914)

1915

* Pengepungan Przemyśl
* Pertempuran Bolimów
* Pertempuran Danau Masurian Kedua
* Great Retreat (Rusia)
* Serangan Sventiany
* Serangan Gorlice-Tarnów
* Warsawa
* Komarow
* Rawa

1916

* Serangan Danau Naroch
* Serangan Brusilov

1917

* Serangan Kerensky
* Pertempuran Mărăşti
* Pertempuran Mărăşeşti
* Revolusi Rusia

Kampanye Kaukasus

* Pertempuran Sarikamis
* Pertempuran Malazgirt (1915)
* Pertempuran Kara Killisse
* Pertempuran Koprukoy
* Pertempuran Erzurum
* Pertempuran Erzincan

Kampanye Serbia


* Pertempuran Cer
* Pertempuran Kolubara
* Pertempuran Morava
* Pertempuran Kosovo (1915)
* Pertempuran Ovche Kutub


Pertempuran Gallipoli

Pertempuran Gallipoli (juga disebut "Operasi Dardanella"), adalah sejumlah pertempuran terjadi antara 1915 dan 1916.

* Pertempuran Nek
* Pertempuran Chunuk Bair
* Pertempuran Gully Jurang
* Pertempuran Bukit 60 (Gallipoli)
* Pertempuran Krithia Vineyard
* Pertempuran Lone Pine
* Pertempuran Sari Bair
* Pertempuran pedang Hill
* Pendaratan di Anzac Cove
* Pendaratan di Cape Helles
* Pertempuran Krithia Pertama
* Pertempuran Krithia Kedua
* Pertempuran Krithia Ketiga
* Operasi laut pada Operasi Dardanella


Timur Tengah

Kampanye Sinai dan Palestina

* Serangan Suez Pertama
* Pertempuran Romani atau "Serangan Suez Kedua"
* Pertempuran Magdhaba
* Pertempuran Rafa
* Pertempuran Mughar Ridge
* Pertempuran Yerusalem
* Kekalahan Damaskus
* Pertempuran Gaza Pertama
* Pertempuran Gaza Kedua
* Pertempuran Gaza Ketiga atau "Pertempuran Beersheba"
* Pertempuran Beersheba
* Pertempuran Megiddo

Kampanye Mesopotamia

 
* Pendaratan FAO
* Kekalahan Basra
* Pertempuran Qurna
* Pendudukan Amara
* Pertempuran Nasiriyeh
* Pertempuran Es Sinn
* Pertempuran Ctesiphon
* Pengepungan Kut
o Pertempuran Syekh Sa'ad
o Pertempuran Wadi
o Pertempuran Hanna
o Pertempuran Benteng Dujaila
o Pertempuran Kut Pertama
* Pertempuran Khanaqin
* Pertempuran Kut Kedua
* Pendudukan Baghdad
* Serangan Samarrah
* Pertempuran Jebel Hamlin
* Pertempuran Istabulat
* Pertempuran di Ramadi
* Pendudukan Tikrit
* Pertempuran Sharqat

Kampanye Arab Selatan

Pertempuran Sungai Chewmudder. Dalam pertempuran ini, Jerman mencoba untuk menghancurkan pasukan Inggris, ketika mereka menyeberangi sungai, Inggris melepaskan tembakan senjata dan membunuh 800 tentara Jerman.


Kampanye Afrika
* Pertempuran Kamerun
* Kekalahan Jerman di Afrika Barat (Namibia)
* Pertempuran Killimanjaro
* Pertempuran Togo
* Pertempuran Tanga atau Pertempuran Bees
* Pertempuran Rufiji Delta
* Pertempuran Longido
* Pertempuran Sandfontein


Pertempuran Laut




Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Atlantik

* Pertempuran Teluk Heligoland Pertama (1914)
* Pertempuran Kepulauan Falkland (1914)
* Serangan di Scarborough, Hartlepool dan Whitby (1914)
* Pertempuran Dogger Bank (1915)
* Bendungan Otranto (1915-1918)
* Pertempuran Jutlandia (1916)
* Pertempuran Selat Dover (1917)
* Pertempuran Teluk Heligoland Kedua (1917)
* Serangan Zeebrugge (1918)

Mediterania

* Mengejar Goeben dan Breslau (1914)
* Operasi Laut di Kampanye Dardanella (1915-1916)

Asia-Pasifik

* Pertempuran Rabaul
* Pertempuran Tsingtao (1914)
* Pertempuran Penang (1914)
* Pertempuran Coronel (1914)
* Pertempuran Kepulauan Cocos (1914)
* Pertempuran Kepulauan Falkland (1914)


Pertempuran Udara




Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Perang Dunia I merupakan perang pertama untuk melihat penggunaan pesawat untuk serangan, pertahanan dan operasi pengintaian. Berikut beberapa artikel tentang penggunaan pesawat pada Perang Dunia I

* Transportasi di Perang Dunia I
* Sejarah Penerbangan (1914-1918)
* Zeppelin dalam Perang Dunia I


Perang Kontemporer

Beberapa sejarawan mempertimbangkan beberapa perang sebagai bagian dari Perang Dunia I, karena dianggap memiliki hubungan langsung ke awal atau pasca Perang Dunia.

Pra-1914

 
* Revolusi Meksiko (1910-1920)
* Perang Balkan (1912-1913)
* Perang Balkan Kedua (1913)
* Pemberontakan Maritz (1914-15)
* Paskah Rising (1916)

Pasca-1917

* Revolusi Rusia (1917)
* Perang Saudara Finlandia (1918)
* Perang Saudara Rusia (1918-1922)
o Kampanye Rusia Utara (1918-1919)
o Serangan ke barat Rusia (1918-1919)
* Pemberontakan Wielkopolska (1918-1919)
* Perang Hongaria-Rumania 1919 (1918-1919)
* Perang Soviet-Polandia (1919-1921)
* Perang Kemerdekaan Irlandia (1919-1921)
* Perang Kemerdekaan Turki (1919-1923)
* Perang Yunani-Turki (1919-1922)
* Perang Saudara Irlandia (1922-1923)



Bersambung : Sejarah Perang Dunia II (Versi Lengkap - Volume I)


Baca pula artikel terkait lainnya :

Sejarah Perang Dunia II (Versi Lengkap - Volume II : "Bintang Dan Kegelapan")
Sejarah Perang Dunia II (Versi Lengkap - Volume III : "Akhir Dari Sebuah Tirani")
Sejarah Perang Dunia II (Versi Lengkap - Volume IV : "Garis Akhir")

(",)v




Editor : AdeL`FarouK

Sumber : Wikipedia©, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

139 komentar:

  1. SIEG HEIL!!!!

    Mantab bang, di blog aku kurang lengkap, di sini lengkap...
    \m/

    BalasHapus
  2. tapi masih kurang puas qi.. msh pengen nyari² lagi dach kcapean..
    btw, koq kaw diemin aja blog kaw?

    Heil HITLER !!!

    \m/

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. buset dah saking lengkapnya ampe muter mata gw baca nih artikel, wkwkwkwkwkwkwkwk
    bdw ko artikel lo masuk most populer posting di blog gw sob..????
    bisa'an euy... mesti bnyak belajar lagi nih.....!!!!!! mohon pencerahan nya sob...!!!!! thank's

    BalasHapus
  5. kyk es puter downk sob.. hueheheeeee..
    iya tuch, wtu itu gw liat juga koq bs gt, ya? mungkin ada script blog gw yg gak sengaja lo masukin sob.. cb lo cek lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang boleh gak aku sebarin ini abang ? Tapi di ig aku

      Hapus
  6. Bagus banget bos, perang balkan di kupas lg lebih detil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks boz! Iya nich, perang balkan harus diulas juga, soalnya itu awal dari perang dunia,,
      Stay tune ya,, ;)

      Hapus
  7. Salah tuh ringkasannya. Masak Jerman keabisan baju musim dingin dan akhirnya Rusia yg menang. Itu sih perang dunia kedua, Gan.... Perang dunia pertama sama sekali bukan kayak begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibaca donk gan yang bener kalimat sebelumnya,, "Dan nantinya mencetus Revolusi Russia.."
      Dimulai sejak 1 Agustus 1914, Jerman melancarkan aksinya menyerang Rusia untuk membela Austria,,
      Revolusi Russia itu sudah dimulai sejak 1917, dan itu dipicu pada PD I ini,,
      Di awal 1925, Hitler sudah membuat rencana untuk menyerang Uni Soviet dan menyatakan bahwa rakyat Jerman membutuhkan "ruang untuk hidup", yaitu sumber daya alam dan itu harus dicari di timur,,
      Kekalahan Jerman dalam perang dunia I ini dan kegagalan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang masih menggantung yang telah menjadi sebab terjadinya Perang Dunia I akan menjadi dasar kebangkitan Nazi selanjutnya dan pecahnya Perang Dunia II pada 1939,,
      Btw, thanks koreksinya,,

      Hapus
  8. bro, ada gak artikel ttg perang salib????????

    BalasHapus
  9. dari dulu memang sejarah selalu mempunyai beberapa versi, di blog tetangga aku baca katanya italy ngedukung jerman.

    disini aku liat italy gadung ke sekutu..
    wlah.. mana yang bener ya???

    -berkunjunglah ke blogku sundawi :) -

    BalasHapus
  10. Wow 4 tahun perang demi keinginan segelintir penguasa saja..sungguh keji

    BalasHapus
  11. tq bro..... artikel paling lengkap nie... stay tune ya :D

    BalasHapus
  12. keren sob faktamuharam.blogspot.com

    BalasHapus
  13. samar2 bos postingannya....http://ulasanberitadunia.blogspot.com/

    BalasHapus
  14. jeongmal gomawo, ne!! woww blog ini keren bgt, di antara sekian banyak blog yg aku buka, blog ini doang yang paling lengkap. Aku kasih 4 jempol deh untuk kmu blog!! Sekali laghi makasih ya udah ngebantu ku untuk referensi sejarah olim ips 2013. :)
    o y ngomong2 ada sejarah lengkap tentang pergerakan nasional ga trutama gapi?? dan mnurut kreksi aku jlasin dong prjanjian2 slain versailess yang ada di pd1 bserta isi pnjelasnnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, semoga sukses olimpiade ipsnya,, ;)
      Mengenai sejarah nasional, nanti coba kami upayakan, mudah-mudahan bisa terealisasi,,

      Hapus
  15. lengkap banget gan..
    keren deh pkoknya

    BalasHapus
  16. Pengetahuan Android28 Juli 2013 pukul 14.51

    Gan, tolong hapus commentan ane yang pengetahuan android.
    Please.. saya sangat berterimakasih bila anda menghapunya

    BalasHapus
  17. maaf bang saya kasih komen yg lumayan
    foto2 pesawat dan kapal perang diatas adayg gak berhubungan sma perang dunia 1
    soalnya klo dilihat tekno-nya agak lebih maju spt PD 2
    terus fto seorang prajurit Russia, itu bang yg difoto seorg sniper tentara merah yg beroperasi di Stalingard pd thn 1941
    kemudian pada foto prajurit Kekaisaran Jerman,kalau dilihat dari helm pelindungnya itu mah prajurit Nazi dengan senjata Mk23 yg dibuat thn 1938 di Jerman
    yah cm segitu saja, jadi menurut saya anda hrs lebih telitih dalam memilih daftar yg harus di blogkan
    soalnya sifat blog adalah menyebarkan info kesesama jadi mohon berhati-hati ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk masukannya,, Foto2 diatas memang ada yang di era PD II, mengingat PD I merupakan awal dari PD II, jadi saya rasa foto2 tersebut hanya bersifat ilustrasi tentang kondisi PD secara keseluruhan,, Dan saya berharap, bahwa tidak serta merta info yang ada di blog ini dijadikan sebagai acuan yang akurat, mengingat sejarah pun sebenarnya banyak dipenuhi dengan kebohongan2 semata, karena sejarah memang diperuntukkan bagi para pemenangnya dan untuk kepentingannya semata,, Maka, jadikan sejarah sebagai komparasi di dalam memahami sebuah kondisi dan keadaan di masa tersebut untuk kebutuhan di masa yang akan datang,,
      Satu hal lagi,, ini dunia maya, silahkan ambil yang baiknya, buang yang buruknya,, Dan saya dalam hal ini hanya memberi info semata, para pembacalah yang harus lebih jeli di dalam memahami kebutuhan mereka,,
      T`kasih,,

      Hapus
  18. referensi aslinya ada gak nih? kalo ada ane mintak gan.. ane ada tugas, tapi referensinya gak boleh dari blog.. btw agan ini dapet info dari mana aja? serius bukan mau nuduh yang enggak2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mengambil refensi dari berbagai sumber yang saya rangkum menjadi satu, salah satunya wikipedia,,

      Hapus
  19. Makasih gan udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
  20. mantap nih Blog Sangat Lengkap (y)

    BalasHapus
  21. makasih dan salam kenal gan,
    kebanyakan yang terekspos ke publik adalah perang dunia kedua, sedangkan perang dunia kesatu tidak begitu populer, semoga perang dunia ketiga tidak ada ya!!1

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, karena PD I itu awal, jadi kurang seru kali ya,, jangan donk gan, ntar aja PD III kl kita dach gak ada lagi di dunia ini,, ;D

      Hapus
  22. Wah...saya pikir cuma saya saja pecinta NAZI ternyata banyak ya....:D HEIL HITLER!

    Danke :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, banyak sekali gan pecintanya,, HEIL FUHRER! HEIL HITLER!

      Hapus
  23. Apaan nih cuma kopas dari wikipedia

    BalasHapus
    Balasan
    1. semwa yang ada di dunia ini gak jauh asalnya ya dari copasan,,

      Hapus
    2. Beliau mengakuinya, mas. Heu
      Baca saja di wikipedia. Tidak jauh berbeda. Atau sangat sama.
      Atau bisa dilihat dari cara beliau menulis blog dengan menjawab komentar dr orang lain di blognya: beda jauh.

      Hapus
  24. Gan buat donk sejarah..kena kita bisa dijajah 3.5 abad lebih...yg faktual bkn kaya buku sd

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca artikel ini,, barangkali bisa membantu :
      http://siradel.blogspot.com/2010/10/benarkah-negara-indonesia-dijajah-oleh.html

      Hapus
  25. kunjungi blog ane gan http://10espada.blogspot.com/ banyak info tentang nazi

    BalasHapus
  26. mas ada kontak nya ga?? aku ingin belajar banyak sejarah sama mas untuk menghadapi ujian huhuhuhuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga bakalan dikasih, karena beliau juga jadi copy paste dari wikipedia.

      Hapus
  27. izin copas + share yah mas .. ^_^ https://arjuno06.blogspot.com

    BalasHapus
  28. Perang Dunia I adalah perang besar yang terkonsentrasi di Eropa

    BalasHapus
  29. Perang Dunia I tidak sampai Asia, komentar balasan ya ke blog saya www.goocap.com

    BalasHapus
  30. Rusia adalah negara yang jumlah tentaranya tewas paling banyak dalam perang kali ini, dan Ottoman yang paling tragis karena kerajaan itu akhirnya bubar

    BalasHapus
  31. nice bro, harusnya dapet byk duit dr beginian

    BalasHapus
  32. Wah sangat membantu sekali bat dijadikan bahan presentasi perang dunia 1. kayaknya seru nih :D

    BalasHapus
  33. Artikelnya menarik dan bisa menambah pengetahuan dn pembelajaran

    BalasHapus
  34. thank's sob artikelnya menarik.

    BalasHapus
  35. Trimakasih, artikelnya bermanfaat meski ada gambar2 yang mnrt saya itu di perang dunia 2, tapi tidak apa2 thank gan :-)

    BalasHapus
  36. siipppp.. lengkap nih artikel..

    BalasHapus
  37. lengkap gan artikelnya, makaish dah nambah wawasan ane

    BalasHapus
  38. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  39. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  40. mantap bos buat artikelnya dan sangat menarik

    BalasHapus
  41. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  42. bagus k, sangat membantu
    thanki u

    BalasHapus
  43. AGEN DOMINO Terpercaya di Indonesia VIPQIUQIU99.COM Merupakan Situs dengan Server Terbaik serta Permainan yang Fair dan Nyata, 200% (NO ROBOT).
    Proses Transaksi Deposit & Withdraw Tercepat dengan Tingkat Keamanan Terpercaya.
    VipQiuQiu99.com juga Menyediakan 6 Games yang dapat Dimainkan hanya Menggunakan Satu ID :
    - Play Domino99 - Play AduQ - Play BandarQ
    - Play Poker - Bandar Poker - Capsa Susun
    Buruan Bergabung Bersama kami Di VIPQIUQIU99.COM dan Nikmati Berbagai Permainan Serta Promo yang telah Kami sediakan untuk Para Pecinta Judi Online!!!

    Untuk Deposit & Withdraw hanya Rp,20.000
    Member juga bisa mendapatkan Bonus yang sudah kami sediakan yaitu :
    - Bonus Refferal 10%+10% Setiap Jum'at
    - Bonus Turnover 0,3% Setiap Senin
    Untuk Keterangan Lebih Lanjut Atau Jelasnya Silahkan Hubungi Kami Melalui :
    - Live Chat
    - No.Hp (+85570931456)
    - Bbm (2B48B175)
    - Fecebook (VIPQIUQIU99)


    Buruan Bergabung dan Daftarkan Diri Anda di Link Kami : https://goo.gl/pAGgYe
    Nikmati Berbagai Permainan Serta Promo yang telah Kami Sediakan Untuk Para Pecinta Judi Online!!!

    BalasHapus
  44. bagus artikelnya gan..
    Monggo sindah di mari WWW.sejarah-indonesia.com

    BalasHapus
  45. http://pelanginewsinfo.blogspot.com/2017/05/pelangiqq-udah-tersangka-kok-masih-ada.html
    http://pelangiqqmyblog.blogspot.com/2017/05/asal-mula-sejarah-permainan-bandarq-di.html
    http://pelangimagazine1945.blogspot.com/2017/05/kemenangan-jackpot-yang-tak-terduga.html

    BalasHapus
  46. Nice info..

    Belajar sesuatu yang baru dan menghasilkan uang! Saya baru saja menutup perdagangan dengan 168.00 pips keuntungan dan memperoleh uang ekstra di AGEA (www.agea.com)!

    BalasHapus
  47. PARTNER PERMAINAN POKER ONLINE TERBESAR SEASIA ZoyaQQ
    Rasakan Sensasinya Bermain Bersama ZoyaQQ Dan Raih Jutaan Rupiah Hanya Di Sini

    Keuntungan Bermain Di ZoyaQQ
    - Proses Depo/Wd Super Cepat
    - Minimal Depo/Wd Rp.20.000
    - 7 Game Dalam 1 ID
    - Bonus Rolingan Terbesar
    - Bonus Referall Seumur Hidup
    - CS Yang Baik",Sopan,Dan Pastinya Cantik

    INFO BANK
    BCA - BNI - BRI - DANAMON - MANDIRI

    BBM: 2BE5BC31
    LINE: zoyaqq
    Mendikbud Ubah Waktu Belajar Di Sekolah Menjadi 8 Jam Sehari
    http://jitupoker99.blogspot.com/2017/06/mendikbud-ubah-waktu-belajar-di-sekolah.html

    BalasHapus
  48. Makasih Informasinya gan, sangat membantu saya dalam belajar sejarah. Saya juga menulis tentang sejarah perang2 besar di dunia. Yang berminat membaca Perang-perang Fenomenal monggo.
    Banyak sekali yang menarik :
    Perang Badar
    Perang Dunia 2
    Perang Salib

    BalasHapus
  49. Kalau membaca cerita tentang perang, pedih rasanya pada masa itu. Banyak korban yang berjatuhan akibat perang dan jauh dari rasa nyaman dan aman. Semoga Indonesia tetap aman dan nyaman dalam lindungan Allah SWT...Aamiin.

    BalasHapus
  50. SanaDomino Menyediakan 7 permainan Dalam 1 Website :
    ~ Bandar Poker
    ~ BandarQ
    ~ Poker
    ~ Domino
    ~ Capsa Online
    ~ AduQ
    ~Sakong
    Minimal deposit hanya Rp 20.000
    Bonus-Bonus Menarik Yang DI Berikan SanaDomino :
    * Bonus Refferal 20% Seumur Hidup
    *Bonus Casback 0,3/0,5%
    Ayo buruan daftar kan diri anda sekarang juga
    Silahkan Klik link di Bawah Untuk Mendaftar :
    http://www.sanadomino.com/Register.aspx?ref=lisalu88
    Untuk Info Keterangan Lebih Lanjut Silakan Hub :
    Cs sanadomino
    BBM : D86E8C7A 24 Jam Online
    Layanan Tercepat, Proses Deposit & Withdraw Tercepat !!!
    Kami Memprioritaskan Kenyamanan Member.
    raja poker

    BalasHapus
  51. YUK JOIN DAN MAINANKAN DOMINO&POKER ONLINE
    BERSAMA www.Zoya99.com SEKARANG JUGA
    RAIH JUTAAN RUPIAH SELAMA BERMAIN DISINI
    DAN DAPATKAN BONUS" YANG SUPER EXTRA
    * BONUS ROLINGAN
    * BONUS REFERALL
    RASAKAN PELAYANAN CS" YANG SANGAT BERPENGALAMAN
    DENGAN MODAL DEPOSIT HANYA Rp.20.000
    KAMU SEMUA SUDAH BISA BERMAIN 7 GAME SEKALIGUS
    INFO
    BBM: D8B82A86
    LINE: zoya_qq
    WA: +85515370075
    "CERITA SEX: http://69zoya.blogspot.co.id/2017/11/bercinta-dengan-pacar-di-dalam-rumah.html

    BalasHapus
  52. YUK JOIN DAN MAINANKAN DOMINO&POKER ONLINE
    BERSAMA www.Zoya99.com SEKARANG JUGA
    RAIH JUTAAN RUPIAH SELAMA BERMAIN DISINI
    DAN DAPATKAN BONUS" YANG SUPER EXTRA
    * BONUS ROLINGAN
    * BONUS REFERALL
    RASAKAN PELAYANAN CS" YANG SANGAT BERPENGALAMAN
    DENGAN MODAL DEPOSIT HANYA Rp.20.000
    KAMU SEMUA SUDAH BISA BERMAIN 7 GAME SEKALIGUS
    INFO
    BBM: D8B82A86
    LINE: zoya_qq
    WA: +85515370075
    "CERITA SEX: http://69zoya.blogspot.co.id/2017/11/bercinta-dengan-pacar-di-dalam-rumah.html

    BalasHapus
  53. menyeramkan sekali perang itu

    .

    BalasHapus
  54. http://mybloggeroperaqq.blogspot.com/2017/12/arsenal-permalukan-crystal-palace.html

    ♥ ♠ ♦ ♣ OPERAQQ.NET ♥ ♠ ♦ ♣
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari OperaQQ.org :) 1 ID Untuk 7 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami OperaQQ.info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan OperaQQ.net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback 0.3% Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - Operaqq.net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Operaqq.net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM :D60ED5D7
    - WHATSAPP :+855 964 93 0279
    - LINE : operaqq
    Link Alternatif :
    - www.operaqq.net
    - www.operaqq.info
    - www.operaqq.org
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www lagi boss ^_^

    BalasHapus
  55. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/sinabung-erupsi-lagi-warga-terancam.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/ronaldo-barcelona-terlalu-buruk-untuk.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/penonton-piala-dunia-2018-bisa-ke-rusia.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM

    BalasHapus
  56. lebih baik ngga perang daripada melihat kehancuran negara.

    BalasHapus
  57. jangan perang dah, enakan santai dan bisa bekerja dengan tenang. kalau perang penduduk bakalan ngga bisa tenang.

    BalasHapus
  58. lengkap sekali informasinya, ngelihat film dokumenter tentang perang. Sekarang sudah benar benar bersyukur sekali, hidup damai tanpa adanya perang.

    BalasHapus
  59. Agen Judi Online sejak tahun 2009 siap memberikan pelayanan terbaiknya. Dalam hal Daftar Slot Online, Depo Slot Murah dan memberikan informasi cara main judi online. Bisa klik disini jika ingin membuat akunnya.

    BalasHapus
  60. Agen Judi Online sejak tahun 2009 siap memberikan pelayanan terbaiknya. Dalam hal Daftar Slot Online, Depo Slot Murah. Baca Sekarang Juga cara main judi online.

    BalasHapus
  61. wah jangan perang lagi lah, ngga enak perang. ngga bakalan bisa kerja dan bakalan hancur ekonomi negara.

    BalasHapus
  62. Informasinya sangat bermanfaat. Terima kasih

    BalasHapus
  63. terima kasih infonya, komentar juga ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

    BalasHapus
  64. ok sob infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  65. keren mas buat infonya da semoga bermanfaat

    BalasHapus
  66. bagus sob artikelnya dan menarik

    BalasHapus
  67. makasih gan buat infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  68. Zamanbola merupakan situs agen judi bola terpercaya.

    Bagi anda semua yang suka bermain judi bola online,Livecasino, slot, poker. bisa daftarkan diri anda di zamanbola.com

    Hanya 1 user id anda bisa bermain banyak permainan yaitu :
    - Live Casino
    - Sportsbook
    - Slot
    - Poker
    - Habanero
    - IDNLive

    Info Promo :
    * Bonus New Member 150.000
    * Bonus Deposit Harian 250.000
    * CashBack 5% - 10%
    * CashBack Mix Parlay 300%
    * Rollingan Casino 1%
    * Rollingan Poker 0.3%

    Buruan daftarkan diri anda, kami tunggu kehadiran anda!

    LINK ALTERNATIF : memberloyal.com
    BBM : ZamanBola
    WHATSAPP klik > bit.ly/WAzaman
    SKYPE : Zaman Bola

    BalasHapus
  69. Main Poker Kalah Terus? Ayo Main Di Poker Sejati Win Rate 99%!

    Kini POKERSEJATI hadir untuk anda semua. Buruan join bersama kami di POKERSEJATI.ORG

    Minimal deposit 10.000 dan withdraw 50.000. Proses deposit hanya 2 menit.

    PokerSejati menyediakan promo-promo :

    * Bonus Rollingan 0,5% setiap hari.
    * Bonus Referal 20% Seumur Hidup.

    Kontak Kami :

    WHATSAPP : +6282335533845
    LINK ALTERNATIF : pakubeton.com
    BBM : suksesps

    BalasHapus
  70. Zamanbola merupakan situs agen judi bola terpercaya.

    Bagi anda semua yang suka bermain judi bola online,Livecasino, slot, poker. bisa daftarkan diri anda di zamanbola.com

    Hanya 1 user id anda bisa bermain banyak permainan yaitu :
    - Live Casino
    - Sportsbook
    - Slot
    - Poker
    - Habanero
    - IDNLive

    Info Promo :
    * Bonus New Member 150.000
    * Bonus Deposit Harian 250.000
    * CashBack 5% - 10%
    * CashBack Mix Parlay 300%
    * Rollingan Casino 1%
    * Rollingan Poker 0.3%

    Buruan daftarkan diri anda, kami tunggu kehadiran anda!

    LINK ALTERNATIF : memberloyal.com
    BBM : ZamanBola
    WHATSAPP klik > bit.ly/WAzaman
    SKYPE : Zaman Bola

    BalasHapus
  71. Main Poker Kalah Terus? Ayo Main Di Poker Sejati Win Rate 99%!

    Kini POKERSEJATI hadir untuk anda semua. Buruan join bersama kami di POKERSEJATI.ORG

    Minimal deposit 10.000 dan withdraw 50.000. Proses deposit hanya 2 menit.

    PokerSejati menyediakan promo-promo :

    * Bonus Rollingan 0,5% setiap hari.
    * Bonus Referal 20% Seumur Hidup.

    Kontak Kami :

    WHATSAPP : +6282335533845
    LINK ALTERNATIF : pakubeton.com
    BBM : suksesps

    BalasHapus
  72. Zamanbola merupakan situs agen judi bola terpercaya.

    Bagi anda semua yang suka bermain judi bola online,Livecasino, slot, poker. bisa daftarkan diri anda di zamanbola.com

    Hanya 1 user id anda bisa bermain banyak permainan yaitu :
    - Live Casino
    - Sportsbook
    - Slot
    - Poker
    - Habanero
    - IDNLive

    Info Promo :
    * Bonus New Member 150.000
    * Bonus Deposit Harian 250.000
    * CashBack 5% - 10%
    * CashBack Mix Parlay 300%
    * Rollingan Casino 1%
    * Rollingan Poker 0.3%

    Buruan daftarkan diri anda, kami tunggu kehadiran anda!

    LINK ALTERNATIF : memberloyal.com
    BBM : ZamanBola
    WHATSAPP klik > bit.ly/WAzaman
    SKYPE : Zaman Bola

    BalasHapus
  73. Main Poker Kalah Terus? Ayo Main Di Poker Sejati Win Rate 99%!

    Kini POKERSEJATI hadir untuk anda semua. Buruan join bersama kami di POKERSEJATI.ORG

    Minimal deposit 10.000 dan withdraw 50.000. Proses deposit hanya 2 menit.

    PokerSejati menyediakan promo-promo :

    * Bonus Rollingan 0,5% setiap hari.
    * Bonus Referal 20% Seumur Hidup.

    Kontak Kami :

    WHATSAPP : +6282335533845
    LINK ALTERNATIF : pakubeton.com
    BBM : suksesps

    BalasHapus
  74. Zamanbola merupakan situs agen judi bola terpercaya.

    Bagi anda semua yang suka bermain judi bola online,Livecasino, slot, poker. bisa daftarkan diri anda di zamanbola.com

    Hanya 1 user id anda bisa bermain banyak permainan yaitu :
    - Live Casino
    - Sportsbook
    - Slot
    - Poker
    - Habanero
    - IDNLive

    Info Promo :
    * Bonus New Member 150.000
    * Bonus Deposit Harian 250.000
    * CashBack 5% - 10%
    * CashBack Mix Parlay 300%
    * Rollingan Casino 1%
    * Rollingan Poker 0.3%

    Buruan daftarkan diri anda, kami tunggu kehadiran anda!

    LINK ALTERNATIF : memberloyal.com
    BBM : ZamanBola
    WHATSAPP klik > bit.ly/WAzaman
    SKYPE : Zaman Bola

    BalasHapus
  75. Main Poker Kalah Terus? Ayo Main Di Poker Sejati Win Rate 99%!

    Kini POKERSEJATI hadir untuk anda semua. Buruan join bersama kami di POKERSEJATI.ORG

    Minimal deposit 10.000 dan withdraw 50.000. Proses deposit hanya 2 menit.

    PokerSejati menyediakan promo-promo :

    * Bonus Rollingan 0,5% setiap hari.
    * Bonus Referal 20% Seumur Hidup.

    Kontak Kami :

    WHATSAPP : +6282335533845
    LINK ALTERNATIF : pakubeton.com
    BBM : suksesps

    BalasHapus
  76. Zamanbola merupakan situs agen judi bola terpercaya.

    Bagi anda semua yang suka bermain judi bola online,Livecasino, slot, poker. bisa daftarkan diri anda di zamanbola.com

    Hanya 1 user id anda bisa bermain banyak permainan yaitu :
    - Live Casino
    - Sportsbook
    - Slot
    - Poker
    - Habanero
    - IDNLive

    Info Promo :
    * Bonus New Member 150.000
    * Bonus Deposit Harian 250.000
    * CashBack 5% - 10%
    * CashBack Mix Parlay 300%
    * Rollingan Casino 1%
    * Rollingan Poker 0.3%

    Buruan daftarkan diri anda, kami tunggu kehadiran anda!

    LINK ALTERNATIF : memberloyal.com
    BBM : ZamanBola
    WHATSAPP klik > bit.ly/WAzaman
    SKYPE : Zaman Bola

    BalasHapus
  77. Main Poker Kalah Terus? Ayo Main Di Poker Sejati Win Rate 99%!

    Kini POKERSEJATI hadir untuk anda semua. Buruan join bersama kami di POKERSEJATI.ORG

    Minimal deposit 10.000 dan withdraw 50.000. Proses deposit hanya 2 menit.

    PokerSejati menyediakan promo-promo :

    * Bonus Rollingan 0,5% setiap hari.
    * Bonus Referal 20% Seumur Hidup.

    Kontak Kami :

    WHATSAPP : +6282335533845
    LINK ALTERNATIF : pakubeton.com
    BBM : suksesps

    BalasHapus
  78. MAJUTOTO
    Silahkan datang dan daftarkan diri anda sekarang juga..

    hanya di sini JP berapapun di bayar. discount 29%/59%/66%

    Banyak Promo Menanti Anda!
    * Minimal deposit 50.000 dapatkan bonus sampai dengan 100.000
    * Bonus Next Deposit 5%


    WA : +6282272437922
    LINE : @majutoto
    LINK ALTERNATIF : nagaterbang.com

    BalasHapus
  79. 188BET4D
    Hobi main togel ayuk daftarkan diri anda disini...

    Hanya di 188BET4D, Menang sebanyak apapun kami bayar.

    Promo spesial untuk anda :
    * Bonus New Member 10.000
    * Bonus Deposit Harian 5.000 - 50.000

    LINK ALTERNATIF : kentangbakar.com
    WHATSAPP : +6282211597570
    BBM : 188BET4D

    BalasHapus
  80. Zamanbola merupakan situs agen judi bola terpercaya.

    Bagi anda semua yang suka bermain judi bola online,Livecasino, slot, poker. bisa daftarkan diri anda di zamanbola.com

    Hanya 1 user id anda bisa bermain banyak permainan yaitu :
    - Live Casino
    - Sportsbook
    - Slot
    - Poker
    - Habanero
    - IDNLive

    Info Promo :
    * Bonus New Member 150.000
    * Bonus Deposit Harian 250.000
    * CashBack 5% - 10%
    * CashBack Mix Parlay 300%
    * Rollingan Casino 1%
    * Rollingan Poker 0.3%

    Buruan daftarkan diri anda, kami tunggu kehadiran anda!

    LINK ALTERNATIF : memberloyal.com
    BBM : ZamanBola
    WHATSAPP klik > bit.ly/WAzaman
    SKYPE : Zaman Bola

    BalasHapus
  81. Sehabis membaca sejarah perang dunia 1 di atas, saya jadi ingat pelajaran sejarah dulu pas waktu disekolah. Bukankah sejarah perang seperti ini adalah bagian dari mata pelajaran sejarah, yaa ..

    Disamping itu, Artikel sejarah perang dunia 1 ini menurut saya lengkap dan cocok untuk jadi sumber referensi belajar bagi para pelajar, khusus mata pelajaran sejarah. Hingga akhir tulisannya, Daftar Pertempuran Pada Perang Dunia I,enak dibaca.

    Sukses untuk penulisnya ..

    BalasHapus
  82. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  83. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    BalasHapus
  84. ok mantap sob buat infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  85. Wah ini sih info yang mantapp !!

    BalasHapus
  86. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa…

    BalasHapus
  87. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  88. bagus bos artikelnya dan menarik

    BalasHapus
  89. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    BalasHapus
  90. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    BalasHapus
  91. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  92. Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
    Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
    Penasarankan Game nya Seperti apa???
    Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

    BalasHapus
  93. In the survey, Shopee ranked first with a percentage of 56 percent as an e-commerce brand that first appeared in the minds of women, then followed by Tokopedia with a percentage of 16.3 percent, Lazada 11.8 percent, Bukalapak with a percentage of 6.4 percent, JD.ID 2.4 percent, 1.9 percent and Zalora 1.2 percent.

    However, Cara belanja di Shopee by competing with tokopedia with a percentage of 39 each, 2 percent and 38.2 percent for women aged 42-55 years who don't know how.

    BalasHapus
  94. DamQQ Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen Super Ten

    PROMO SPESIAL GEBYAR BULANAN DAMQQ. KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS DARI DAMQQ YANG DI MULAI DARI TANGGAL 01 Maret S/D TANGGAL 31 Desember 2020

    MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL PULUHAN JUTA, TANPA DI UNDI!

    - DAIHATSU ALYA 1.0 D MANUAL (Senilai Rp.100.000.000,-)
    - YAMAHA XABRE 150 (Senilai Rp.30.000.000,-)
    - SAMSUNG GALAXY TAB S5E 4/64GB (Senilai Rp.7.000.000,-)
    - Free Chips 1.500.000
    - Free Chips 1.000.000
    - Free Chips 250.000

    SYARAT DAN KETENTUAN : DAMQQ
    DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR DAMQQ

    Line: damqqpoker
    Telp / WA : +6282110167985
    Telp / WA : +855885578926
    Livechat : DamQQ

    Tersedia :
    ID PRO
    Prediksi Togel

    BalasHapus
  95. DamQQ, Bandar Poker | Agen PokerV | BandarQ | Ceme | Domino Online

    Hanya 4 Tahapan Kemenangan yang MUDAH di DamQQ
    Daftar > Depo > Main > Menang!
    Minimal Deposit Rp. 10.000,-
    Anda Sudah Bisa Menjadi JUTAWAN
    Dengan 1 ID sudah bisa bermain 9 Jenis Permainan
    * BandarQ (HOT)
    * Bandar 66 (New Hot)
    * Bandar Poker
    * Sakong Online
    * Domino QQ
    * Adu Q
    * Poker
    * Capsa Susun
    * Perang Bacarrat (New Game)

    Ada Juga Bonus Terbesar Se-Indonesia
    Bonus Turnover 0,5%
    Bonus Refferal 20%

    Mari Bergabung bersama DamQQ dan Jadilah Jutawan Berikutnya!
    Klik Link Daftar : DamQQ
    Whatsapp : +855885578926
    Line : DAMQQPOKER

    BalasHapus

  96. DINASTIPOKER - Agen Poker, Agen Domino99
    , Poker Online Uang Asli, Agen Domino, Domino Online, Bandar q Online, sakong online. Mainkan 8 games dalam 1 user name. Minimal depo 10 ribu, minimal wd 20 rb. Bonus cashback 0,5% & referall 20%.

    BalasHapus
  97. NEGARAQQ merupakan agen poker dan agen
    DOMINO ONLINE uang asli terpercaya di Indonesia. Mari segera daftarkan diri Anda sekarang juga dan bermain di NegaraQQ yang menyediakan 9 games untuk 1 user id.

    Untuk Info lebih lanjut, silahkan hubungi :
    * WA : +85597531105
    * WA : +85595819087

    BalasHapus
  98. PEMAIN KASINO merupakan situs agen judi casino online, baccarat online, roulette online, sicbo online, dragon tiger online, slot online terpercaya Indonesia yang menggunakan uang asli dengan deposit termurah dan terpercaya seIndonesia. Proses withdraw mudah dan cepat, daftar sekarang juga dan menangkan permainannya!

    BalasHapus
  99. Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
    Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
    Penasarankan Game nya Seperti apa???
    Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

    BalasHapus
  100. artikelnya sangat bagus, terima kasih telah membagi informasi tersebut

    BalasHapus
  101. Playing online slot gambling games seems to be the newest hobby in Indonesian society today. This is precisely because online slot gambling games do provide countless advantages. On the Internet, you can easily find many online gambling sites that offer online slot games. Visit My Website: http://199.188.201.250/

    BalasHapus
  102. Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
    Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
    Penasarankan Game nya Seperti apa???
    Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

    BalasHapus
  103. Yah begitulah, backlink dari google ini memang perlu untuk kita kejar dan kita dapatkan

    BalasHapus

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia