Pages

Subscribe:

Selasa, 31 Agustus 2010

Sikat Gigi Benda Yang Sering Tertelan

http://suaramerdeka.com/foto_sehat/66610c11f57edcd94267dffdb99909d0.jpg

Mungkin suatu hal yang kurang masuk akal, jika dikatakan sikat gigi merupakan salah satu benda yang sering tertelan oleh penggunanya. Namun, hal ini merupakan kisah nyata yang sering terjadi di belahan dunia.

Seorang gadis remaja di Auckland, Selandia Baru, bermain-main dengan sikat gigi berukuran 19 cm, lalu mendadak benda itu tertelan masuk ke perutnya. Tidak perlu kaget, kejadian semacam ini telah terjadi 40 kali dalam 12 tahun terakhir.

Seperti dilaporkan dalam New Zealand Medical Journal, gadis berusia 15 tahun itu awalnya hanya berjalan kaki dengan sikat gigi di mulutnya. Mendadak ia tersandung lalu jatuh, kemudian sikat gigi itu terdesak masuk ke kerongkongannya.

Saat berusaha menolong, kakak laki-lakinya masih bisa melihat ujung sikat gigi tersebut. Namun, tiba-tiba secara refleks gadis itu mulai tercekik, menyebabkan sikat gigi masuk lebih dalam lagi ke saluran pencernaannya.

Pemindaian sinar-X di rumah sakit, tidak mampu mendeteksi keberadaan sikat gigi di perutnya. akan tetapi, dengan kamera gastroskop, dokter dapat memastikan benda itu terjebak di saluran pencernaan, dan butuh tindakan medis untuk mengeluarkannya.

Dr. Dinesh Lal dari Middlemore Hospital mengatakan, bentuk dan ukuran sikat gigi tidak memungkinkan untuk keluar sendiri secara alami. Oleh karena itu, ia memberikan anestesi umum, lalu mengikat ujung sikat dengan senar khusus dan menariknya keluar melalui mulut.

Meski jarang terjadi, kasus sikat gigi tertelan secara tidak sengaja bukan kali ini saja terjadi. Menurut Dr. Lal, kasus semacam itu telah terjadi sedikitnya 40 kali di seluruh dunia dalam 12 tahun terakhir.

Sebagian besar kasus itu dialami penderita bulimia, yang sering menggunakan sikat gigi untuk merangsang kerongkongan, agar memuntahkan isi perut. Seorang pasien bulimia di Jerman, bahkan pernah 2 kali menelan sikat gigi tanpa sengaja dalam peristiwa berbeda yang hanya berselang 1 tahun.

Kasus-kasus tersebut umumnya dapat diatasi dengan senar khusus untuk menarik ujung sikat, seperti pada gadis asal Auckland. Namun, pada beberapa kasus yang rumit, sikat gigi harus dikeluarkan lewat pembedahan.

Selain sikat gigi, Dr. Lal juga mencatat benda aneh lainnya yang pernah dikeluarkan dari perut manusia. Dikutip dari stuff.co.nz, Selasa (31/8/2010), benda-benda tersebut antara lain ialah sebagai berikut :

1. Jam tangan Casio (masih berfungsi dengan baik dan menunjukkan waktu yang tepat saat dikeluarkan)

2. Jepit rambut dari keramik


3. Bohlam lampu pijar


4. Pisau cukur


5. Baterai kecil seukuran kancing baju (dapat menyebabkan arus pendek ketika bercampur cairan tubuh di lambung)



Serem banget, yach?! Kalau sampe bak mandi + gayungnya juga ketelan, gimana itu, yach? Pasti lebih serem lagi. (",)v




Sumber : health.detik.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”