Pages

Subscribe:

Senin, 05 November 2012

Tuhan, Mengapa Masalah Seringkali Engkau Berikan Padaku? (Renungan)




Pada kehidupan sehari-hari, pasti kita sering mendapat masalah. Dari permasalahan yang ringan sampai yang terberat. Entah itu dalam pekerjaan, bisnis, percintaan, keluarga, masalah individu atau masalah lainnya. Hingga kita pada akhirnya nyaris berputus asa memandang hidup.

Suatu waktu, mungkin kita bertanya di dalam hati, "Katanya Tuhan sayang sama hambanya, lalu kenapa selalu ada saja masalah demi masalah yang datang menghampiri di dalam hidup ini?"

Permasalaan yang kita hadapi bisa membuat kita jatuh atau bertumbuh, tergantung dari bagaimana cara sikap kita menanggapinya. Sangat disayangkan sekali, banyak orang gagal dalam melihat bagaimana Tuhan menggunakan masalah untuk kebaikan mereka.

Mereka lebih memilih untuk bertindak bodoh dan membenci masalah-masalah mereka, ketimbang menghadapi dan merenungkan kebaikan apa yang bisa mereka dapatkan dari masalah-masalah tersebut.

Cobalah untuk bijak di dalam menghadapi masalah yang ada. Dan apabila kita selalu berpikir positif kepada Tuhan Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, mungkin 5 hal ini bisa menjawab kegundahan kita :


1. Tuhan menggunakan masalah untuk "Mengarahkan" kita

Kadangkala Tuhan harus menyalakan api di bawah kita untuk membuat kita tetap bergerak. Seringkali masalah yang kita hadapi akan mengarahkan kita ke arah yang baru dan memberikan kita motivasi untuk suatu perubahan. Ada kalanya masalah menjadi cara yang Tuhan pakai untuk menarik perhatian kita.


2. Tuhan menggunakan masalah untuk "Menguji" kita

Manusia bagaikan teh celup! Jika Anda ingin tahu apa yang ada di dalamnya, maka coba celupkan ke dalam air panas! Tuhan terkadang ingin menguji kesetiaan kita melalui masalah-masalah yang sedang kita hadapi.


3. Tuhan menggunakan masalah untuk "Mengoreksi" kita

Ada pelajaran-pelajaran yang hanya dapat kita pelajari melalui penderitaan dan kegagalan. Mungkin waktu kita masih kecil, orang tua kita mengajar kita untuk tidak boleh menyentuh kompor yang panas.

Tetapi mungkin kita baru benar-benar belajar justru setelah tangan kita terbakar. Kadang-kadang kita baru bisa menghargai sesuatu, kesehatan, teman, hubungan, saat kita sudah kehilangan.


4. Tuhan menggunakan masalah untuk "Melindungi" kita

Suatu masalah bisa menjadi berkat, jika masalah tersebut menghindarkan kita dari bahaya. Ada seorang sahabat yang diberhentikan dari pekerjaannya, karena ia menolak untuk melakukan sesuatu yang tidak etis bagi bosnya.

Ia menjadi mengganggur, tetapi justru dari masalah itulah ia terhindar dari ditangkap dan dimasukan ke dalam penjara, karena setahun kemudian tindakan bos itu terbongkar.


5. Tuhan menggunakan masalah untuk "Menyempurnakan" kita

Jika kita menanggapi masalah dengan cara dan pandangan yang benar, maka masalah tersebut bisa membentuk kita. Tuhan lebih memperhatikan karakter kita, daripada kenyamanan kita.

Hanya hubungan kita dengan Tuhan yang akan kita bawa hingga kekal. Kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan sebuah ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji, dan tahan uji menimbulkan suatu pengharapan. Dan pengharapan tidak akan pernah mengecewakan.


Apa yang ada di tangan kita? Dalam beberapa hal, hidup kita berada di tangan kita. Kita dapat memilih untuk menghamburkan setiap jam, hari, minggu, bulan, dan tahun demi kepentingan kita sendiri.

Kita akan heran saat menyaksikan betapa banyaknya hal yang Tuhan sempurnakan dalam diri kita dan melalui kita.

Jadi sabar dan ikhlas, jalanilah setiap permasalahan yang kita hadapi. Dan permasalahan yang timbul adalah suatu rahmat untuk kita dan menjadi sebuah tantangan untuk hidup kita kearah yang lebih baik, yakin dan percayalah.

(",)v




Sumber : apakabardunia.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”