Pages

Subscribe:

Selasa, 24 Agustus 2010

Semua Yang Berbahaya di Kamar Mandi


http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:fa01rt5MjUwaAM:http://www.baituljamil.co.cc/Bathroom-Interior-Decorating-Ideas.jpg&t=1

Sadar tidak sadar, banyak barang di kamar mandi yang berbahaya bagi penggunanya. Karena tidak di awasi dengan tepat, maka akan berakibat kamar mandi menjadi tempat yang tidak aman.


Oleh sebab itu, setiap anggota keluarga harus mengetahui seberapa aman kamar mandi di rumahnya. Hal ini sangat penting, mengingat betapa pentingnya mencegah terjadinya kecelakaan atau cedera saat di dalam kamar mandi demi keselamatan.

Dikutip dari Health24, Senin (23/8/2010), ada beberapa barang di kamar mandi justru bisa berbahaya, yaitu :


Air yang terlalu panas

Sebaiknya air yang digunakan untuk mandi tidak boleh lebih dari 55-60 derajat celsius. Karena penggunaan air yang terlalu panas dapat dengan mudah memanaskan lantai kamar mandi yang bisa membahayakan penggunanya.


Kotak obat di kamar mandi

Jenis obat apapun sebaiknya tidak disimpan di dalam kamar mandi. Karena kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang digunakan oleh seluruh anggota keluarga, sehingga bisa saja anak kecil menggunakan salah satu obat yang tersimpan di dalam lemari. Selain itu, ada kemungkinan obat yang disimpan terkontaminasi dengan mikroorganisme yang ada di kamar mandi.


Lantai licin

Lantai kamar mandi yang licin dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti membuat orang terjatuh, terutama jika bercampur dengan sabun. Karena itu, sebaiknya menggunakan lantai yang terbuat dari kayu, matras karet, atau ubin yang tidak licin. Hal ini sangat penting diperhatikan, jika ada anggota keluarga yang sudah tua.


Tidak ada pegangan tangan di kamar mandi

Masuk atau keluar kamar mandi bisa menjadi saat yang berbahaya, terutama bagi orang tua. Risiko terjatuh di kamar mandi bisa terjadi pada siapa saja, terutama akibat tergelincir. Karena itu, sebuah pegangan tangan yang menempel di dinding dapat membantu seseorang agar tetap stabil saat masuk atau keluar kamar mandi.


Meletakkan silet atau pisau cukur di kamar mandi

Beberapa orang seringkali meletakkan peralatan cukurnya di kamar mandi, hal ini bisa berbahaya, terutama jika anak-anak mampu untuk menjangkaunya. Lebih baik peralatan cukur diletakkan di tempat khusus, atau tempat pribadi yang tidak dapat dijangkau oleh anak kecil.


Menyimpan handuk kotor di kamar mandi

Handuk adalah suatu barang yang digunakan untuk mengeringkan tubuh. Jika handuk tetap dibiarkan lembab atau tidak dicuci secara teratur atau dijemur, maka akan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri yang baik. Selain itu, infeksi dapat ditularkan dari satu anggota keluarga ke anggota yang lain jika menggunakan handuk yang sama. Karena itu, selalu jemur handuk di luar kamar mandi, agar tidak lembab, dan jangan menggunakan handuk secara bergantian.


Tidak ada desinfektan di kamar mandi

Desinfektan sebaiknya selalu tersedia untuk membersihkan semua permukaan kamar mandi, terutama wastafel, tempat pancuran air, dan toilet dari mikroorganisme. Hal ini karena kamar mandi adalah tempat yang lembab dan hangat, sehingga menjadi media yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.


Sambungan listrik di kamar mandi

Seharusnya tidak boleh ada sambungan listrik apapun di dalam kamar mandi. Karena kontak antara sambungan listrik yang nyala dengan air bisa menimbulkan risiko kesetrum, mengingat air adalah media yang sangat baik untuk listrik. Biasanya sambungan listrik ini digunakan untuk menyalakan alat cukur, mesin cuci, atau pengering rambut.


Jadi, sebaiknya perhatikan keamanan kamar mandi yang ada di rumah kamu, agar seluruh keluarga tercinta tidak cidera disaat berada di dalamnya. (",)\m/




Sumber : health.detik.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”