Pages

Subscribe:

Selasa, 24 Agustus 2010

Alasan Cabe Yang Mampu Bikin Orang Nangis


http://septarius.files.wordpress.com/2011/01/cabe-merah-cowok.jpg

Para pecinta cabe / cabai, pasti sepakat kalau merasa ada yang kurang saat menikmati makanan yang tak pedas. Lain halnya bagi sebagian orang, makan makanan yang pedas malah bisa bikin mata dan hidung berair. Mengapa demikian?


Selain menambah cita rasa makanan, cabe yang pedas dapat membuat tubuh sehat. Rasa pedas dan sensasi seperti terbakar yang dihasilkan cabe, disebabkan oleh konsentrasi tinggi dari bahan aktif yang disebut "capsaicin".

Capsaicin merupakan bahan kimia nabati yang berasal dari alam. Bahan ini digunakan oleh cabe, untuk sistem pertahanan dirinya, agar tidak dimakan oleh pemangsa, seperti hewan.

Capsaicin telah banyak dipelajari oleh para peniliti, yaitu untuk mengurangi efek rasa sakit, manfaat yang baik untuk kardiovaskular, menurunkan berat badan, dan membantu mencegah bisul. Selain itu, capsaicin ini juga yang membuat mata dan hidung orang yang memakannya berair seperti orang yang sedang nangis. Mengapa?


http://koetaradja.files.wordpress.com/2010/07/cry.jpg?w=281&h=281


Dilansir dari WHFoods, Senin (23/8/2010), hal ini karena capsaicin dapat merangsang sekresi lendir yang membantu mengatasi hidung tersumbat, sesak paru-paru, dan juga tentunya membuat orang seolah-olah menangis karena matanya berair.

Rasa pedas yang dapat merangsang sekresi lendir ini, menjadikan cabe baik untuk mencegah dan mengobati sinusitis, membantu mengurangi hidung tersumbat, flu, dan sesak napas.

Tak hanya itu, mata berair ketika makan makanan pedas, bisa juga disebabkan karena terjadi iritasi pada mucous membrane (selaput lendir) yang ada di mata.

Bila terjadi kontak dengan mucous membrane, seperti kulit atau mata, maka capsaicin akan menimbulkan rasa terbakar. Dan bila mempengaruhi mata, akan membuat orang menangis.


Jadi, kalau kamu ingin terlihat seperti orang nangis, banyak-banyaklah makan cabe. Tapi hati-hati, terkadang cabe juga dapat membuat orang yang memakannya mendadak malu setengah mati. Karena apa? Di giginya ada merah-merah, apa itu? "Cabe, dech!" (",)v




Sumber : health.detik.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”