Pages

Subscribe:

Jumat, 27 Agustus 2010

Plaza Kuno Pra Sejarah Ditemukan di Peru

http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:57L4YOsIUhCnyM:http://img54.exs.cx/img54/4516/PlazaGaleria_JakartaBirdsEyeVu.jpg&t=1

Plaza merupakan tempat sarana belanja yang populer di era modern saat ini. Selain berbelanja, orang pun dapat mengunjungi berbagai tempat, seperti : bioskop, tempat makan, tempat bermain anak-anak, dan masih banyak lagi. Namun, percayakah, bahwa plaza bukanlah hal yang baru? Pada zaman pra sejarah, plaza pun ternyata telah ada. Nggak percaya?

[2288789490_8b451c7fbb_o.jpg]

Sebuah plaza bundar yang dibangun 5.500 tahun lalu telah ditemukan di Peru, dan para arkeolog yang terlibat dalam penggalian telah menentukan, bahwa tanggal karbon menunjukkan plaza itu merupakan salah satu bangunan tertua yang pernah ditemukan di Amerika.

Satu tim ahli sejarah kuno Peru dan Jerman menemukan plaza itu, yang tersembunyi di bawah potongan lain. Arsitektur di reruntuhan yang dikenal sebagai "Sechin Bajo", di Casma, 370 Km di utara Lima, ibukota Peru.

[Peru+1.gif]

“Itu merupakan penemuan yang mengesankan, masyarakat ilmuwan dan arkeologi sangat senang,” kata Cesar Perez, ilmuwan di Institut Kebudayaan Nasioal Peru yang mengawasi proyek tersebut.

“Ini dapat mendesain kembali sejarah negara ini.” Sebelum penemuan di Sechin Bajo, pakar arkeologi menganggap benteng kuno Caral Peru adalah salah satu dari yang tertua di belahan bumi Barat, umurnya sekitar 5.000 tahun.

[peruplaza.jpg]

Para ilmuwan mengatakan, Caral yang terletak beberapa jam, jika ditempuh menggunakan mobil dari Sechin Bajo, merupakan satu dari enam tempat di dunia — bersama dengan Mesopotamia, Mesir, Cina, India, dan Mesoamerika — dimana manusia memulai kehidupan di kota lima ribu tahun lalu.

“Penentuan tanggal yang dilakukan oleh pakar arkeologi Jerman menyebutkan sekitar 5.500 tahun, tapi sebagian lainnya dapat lebih tua bergantung pada hal lainnya yang ditemukan,” kata Perez. Sebelumnya penemuan terakhir yang terletak dekat Sechin Bajo hanya berusia 3.600 tahun.


Ini adalah gambar ilustrasinya :

[SechinBajo_03.jpg]

“Mereka telah sangat maju mengerti arsitektur dan bangunan. Ini dapat secara jelas terlihat dalam kenyataan, bahwa material yang mereka gunakan bertahan sangat lama,” Peter Fuchs, salah seorang arkeolog, mengatakan pada surat kabar El Comercio. Tempat pertemuan sosial yang Fuchs dan rekannya temukan ini dibangun dengan batu dan batako.

Ratusan tempat arkeologis banyak ditemukan di Peru, dan banyak puing dibangun oleh kebudayaann kerajaan Inca yang dulu sangat berkuasa, yang mencapai puncaknya pada abad ke-16, sesaat sebelum penakluk Spanyol datang ke tempat yang sekarang dikenal dengan nama Peru.


Siapa menyangka plaza yang dikira adalah sesuatu hal yang modern, ternyata di zaman pra sejarah sudah ada. (",)\m/




Sumber : ectic.blogspot.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”