Pages

Subscribe:

Jumat, 27 Agustus 2010

Aroma Rumput Hilangkan Stress


http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/spaw/uploads/images/article/image/2009_08_28_02_34_40_grass-d.jpg

Rupanya rumput selain menjadi tanaman liar yang tak berguna, dan juga dapat menjadi bagian yang indah pada sebuah taman/padang yang luas, memiliki fungsi lain yang tak disangka-sangka sebelumnya, yaitu penghilang "Stress".


Rumput segar yang baru dipotong, melepaskan senyawa kimia yang bila terhirup oleh panca indra penciuman, akan membuat rileks dan gembira. Itulah sebabnya, mencium aroma rumput dan tumbuhan ketika sedang berjalan di taman atau pegunungan, akan membuat kita merasa nyaman.

Hal ini diungkapkan oleh para peneliti dari University of Queensland, Brisbane, Australia. Senyawa kimia yang terkandung dalam aroma rumput, selain bisa meredakan ketegangan, juga berfungsi mencegah penurunan kemampuan mental pada saat usia lanjut.

Ilmuwan mengklaim, bahwa aroma yang dilepaskan rumput bekerja langsung pada otak. Terutama mempengaruhi bagian otak bernama "Amygdala" dan "Hippocampus", yang berhubungan dengan emosi dan daya ingat. “Kedua area ini bertanggung jawab dalam respons pertahanan dan sistem endokrin, yang mengontrol pelepasan hormon stres seperti corticosteroid,” kata Dr. Nick Lavidis, seperti dikutip dari Science Alert.

Oleh karenanya, penelitian yang memakan waktu hingga tujuh tahun ini, kemudian menciptakan parfume dengan aroma rumput yang baru dipangkas untuk membantu melepaskan stress dan meningkatkan daya ingat.

http://www.zonaberita.com/images/mencoba-parfum.jpg

Lavidis kemudian menjelaskan, bahwa stress terbagi dalam dua kategori, yaitu :

Pertama, stress ketika seseorang akan melakukan sesuatu atau saat seseorang harus berusaha sebaik mungkin demi mendapatkan hasil terbaik. Namun, menurut Lavidis, stress ini disebut sebagai bentuk stres yang baik.

Sementara stress kategori kedua, merupakan stress parah yang bisa memicu tingginya tekanan darah, sifat pelupa, dan melemahkan sistem kekebalan pada tubuh.

“Stres jenis ini bisa merusak hippocampus dengan mengurangi hubungan antara sel-sel yang berkomunikasi sehingga berdampak pada hilangnya ingatan,” kata Lavidis.

Untuk itu, Lavidis menyarankan, agar orang yang terkena stress ini menghirup senyawa kimia yang dilepaskan oleh rumput segar atau pepohonan yang rindang.


Jadi, rumput pun memiliki fungsi yang luar biasa di dalam kehidupan tanpa kita disadari. (",)\m/




Sumber : ectic.blogspot.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”