Pages

Subscribe:

Kamis, 19 Agustus 2010

Penyebab Tangan Keriput Setelah Berendam


http://www.citrawanita.com/wp-content/uploads/2010/07/mandi.jpg

Jari-jari tangan biasanya akan keriput setelah berendam atau bermain air dalam jangka waktu lama. Kondisi seperti ini memang normal, tapi apa ya penyebab tangan dan kaki keriput saat berendam dalam air?


Setelah selesai mandi atau berenang, santai di kolam renang, orang biasanya akan menemukan tangan dan kakinya berkerut. Kondisi ini biasanya terjadi jika seseorang menghabiskan waktu lebih dari setengah jam di dalam air. Dan bagian kulit terluar (epidermis) yang bertanggung jawab terhadap kondisi ini.

Epidermis berisi protein keratin yang berfungsi, memperkuat dan membantu kulit tetap lembab, sel keratin yang mati ini akan membentuk lapisan tersendiri di epidermis yang dikenal dengan stratum corneum (lapisan bertanduk).

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Rabu (18/8/2010) sel-sel keratin mati di dalam stratum corneum akan menyerap air dengan mudah dan mulai membengkak setelah berendam lama di dalam air, tapi tidak pada sel-sel keratin yang hidup. Hal ini membuat ada bagian tubuh yang membengkak, sedangkan bagian lainnya tidak sehingga terlihat seperti keriput.

Selain itu, kulit manusia dilapisi oleh minyak khusus yang disebut dengan sebum. Minyak khusus ini ditemukan pada lapisan kulit terluar (epidermis), yang berfungsi membasahi atau meminyaki dan melindungi kulit, salah satunya membuat kulit tahan terhadap sedikit air. Hal ini yang membuat air mengalir di kulit ketika sedang cuci tangan.

Tapi, jika seseorang berendam atau bermain air dalam jangka waktu yang lama, maka lapisan sebum ini akan hilang dan membuat air bisa menembus lapisan kulit terluar. Hal inilah yang membuat kulit terlihat seperti keriput.


Kenapa yang keriput hanya terjadi di telapak kaki dan telapak tangan?

Ini disebabkan pada telapak tangan dan kaki memiliki kulit yang tebal, sehingga lapisan keratinnya juga lebih tebal dibanding bagian tubuh lain. Kondisi inilah yang membuat telapak tangan dan kaki lebih rentan menjadi keriput.

Namun, keriput pada telapak tangan dan kaki adalah kondisi yang normal, karena itu salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan segera menghangatkan atau mengeringkan tubuh. (",)\m/




Sumber : health.detik.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia