Pages

Subscribe:

Kamis, 19 Agustus 2010

Alexa Rank

http://mdhonline.files.wordpress.com/2009/12/logo_tagline.png?w=248&h=92

Dalam artikel kali ini, saya akan mencoba memberi sebuah wawasan soal Alexa Rank atau Peringkat Alexa yang beralamatkan di
www.alexa.com. Mungkin bagi kamu yang baru saja mengacak-acak blog, dan belum tahu soal keberadaan alexa rank ini, akan saya terangkan disini. Dan bagi yang sudah tahu, syukurlah, artinya kamu sudah mengerti tentang alexa rank.


Pertanyaan dasar atas sesuatu yang baru, yaitu "Apa?". Ya, kamu benar, apa sich itu Alexa Rank?

Alexa Rank adalah sebuah widget yang digunakan untuk mengetahui posisi ranking sebuah blog / website di internet. Berbeda dengan Hitstats atau Hits Counter, yang fungsinya untuk menghitung berapa banyak visitor datang ke blog kita dalam sehari, baik yang unique atau pun yang biasa. Alexa Rank malah sebaliknya, angka yang muncul semakin banyak, berarti memiliki nilai yang jelek, dan bila angka yang muncul semakin kecil alias sedikit, berarti nilai ranknya semakin baik.


Lalu, akan timbul pertanyaan selanjutnya, untuk apa Alexa Rank pada sebuah blog / website ?

Seperti penjelasan diatas, Alexa Rank biasanya digunakan untuk menunjukkan kredibilitas dan eksistensi sebuah blog / website. Semakin rendah jumlah alexa, maka semakin bagus, karena blog / website itu semakin populer, karena banyaknya trafik atau kunjungan terhadap blog / website tersebut, dan data trafik atau kunjungan tersebut adalah berdasarkan informasi dari jutaan pengguna internet yang memasang Toolbar Alexa pada browser internet mereka.


Dari mana Alexa Rank mengetahui jumlah trafik atau kunjungan di blog / Website ?

Sesuai definisi di atas, informasi yang di dapat oleh alexa.com adalah bersumber dari toolbar alexa yang terpasang pada jutaan komputer pengguna internet. Dengan terpasangnya alexa toolbar pada browser yang kita pakai, maka Alexa Rank akan mengetahui berapakah jumlah pengunjung serta page view (jumlah halaman yang di lihat) pada blog / website. Setelah data terkumpul, maka mesin alexa akan secara otomatis membuat ranking atau peringkat pada blog / website tersebut.

Saya terangkan kembali penjelasan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan diatas, bahwa Alexa Rank di mulai dari peringkat 1 hingga peringkat selanjutnya. Peringkat yang paling bagus, adalah peringkat satu, sama halnya dengan peringkat disekolah, anak yang mendapatkan peringkat satu, adalah anak yang paling pinter di kelas tersebut. Semakin kecil nilai peringkat alexa, maka kualitas peringkat tersebut semakin baik tentunya.


Seberapa Pentingkah Alexa rank atau Peringkat Alexa bagi sebuah Website atau Blog?

Alexa Rank yang rendah, dapat dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Pada website bisnis tertentu, sangat dibutuhkan syarat Alexa Rank yang rendah, agar dapat di daftarkan disana.

Jadi, bagi kamu pemilik blog / website yang tidak menjadikan blog / websitenya sebagai wadah bisnis, alias pencari uang di internet, maka alexa rank tidak begitu penting. Namun, meski tidak penting, terkadang alexa rank dapat menjadi sebuah gengsi tersendiri, karena jika alexa rank bagus, maka dapat dikatakan blog / website tersebut adalah sebuah blog /website yang populer. Begitu dech kira-kira pengertiannya.

Berbeda dengan kamu pemilik blog / website yang menjadikan blog / website sebagai tempat untuk mencari uang (bisnis) di internet, alexa rank sangatlah penting sekali, karena tempat-tempat mencari uang di internet menjadikan alexa rank sebagai tolok ukur mereka. Semakin bagus alexa rank yang kamu miliki, maka akan berbondong-bondong pula para pemasang iklan atau adverstiser yang mau memasang iklan di blog / website kamu, ini berarti $ akan sangat mudah untuk masuk ke saku kamu.


Bagaimana cara meningkatkan Alexa Rank?

Karena alexa rank begitu penting bagi kamu yang sedang mencoba mencari rezeki secara online, seperti saya, maka tentu saja alexa rank harus kamu kejar semaksimal mungkin. Ada banyak cara untuk meningkatkan alexa rank, namun akan dibahas pada kesempatan yang lainnya. Salah satu cara yang paling efektif, adalah memasang alexa rank widget pada blog / website yang kamu miliki, seperti yang saya pasang pada blog ini.

Bagi kamu yang ingin memasang widget alexa rank, bisa kamu dapatkan disini! Tinggal masukkan alamat blog / website kamu, kemudian ambil scriptnya dan masukan di blog / website kamu. Atau kalau belum faham, akan saya jelaskan caranya pada posting berikutnya, yaitu klik disini.


Demikian penjelasan saya kali ini, semoga dapat membuka wawasan kamu seputar Alexa Rank atau Peringkat Alexa. (",)\m/




Sumber : alexa.com, kolom-tutorial.blogspot.com, dunia-statistik.blogspot.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

8 komentar:

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia