Pages

Subscribe:

Sabtu, 22 Juni 2013

Kali Kedua China Menciptakan Super Komputer Tercepat Di Dunia




Super Komputer tercepat di dunia telah dibangun oleh China saat ini. Super komputer itu memiliki kecepatan dua kali lipat dari pemegang rekor yang ada sebelumnya, yaitu sebuah super komputer buatan Amerika Serikat.

Daftar tahunan TOP500 yang mendata super komputer tercepat di dunia, Senin (17/6), menyebut Tianhe-2 yang dikembangkan oleh Universitas Nasional Teknologi Pertahanan China yang berada pada kawasan Kota Changsha, mampu melakukan kerja 33,86 petaflop per detik. Jumlah itu sama dengan 33.869 triliun perhitungan per detik.

Tianhe-2 menggusur posisi super komputer milik Departemen Energi AS, Titan, dari posisi teratasnya. Titan bisa melakukan kerja 17,59 petaflop per detik.

Super komputer biasa digunakan untuk melakukan kerja komplek, seperti : membuat model sistem cuaca, melakukan simulasi ledakan nuklir, dan mendesain pesawat jet.

Ini merupakan kali kedua China disebut sebagai pembuat super komputer tercepat di dunia. Pada November 2010 lalu, pendahulu Tianhe-2, Tianhe-1A menjadi yang tercepat di dunia, sebelum akhirnya digusur super komputer asal Jepang, K, beberapa bulan kemudian.

(",)v




Sumber : metrotvnews.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”