Pages

Subscribe:

Jumat, 19 Oktober 2012

Daftar Perang Besar Umat Islam Pada Masa Rasulullah Muhammad SAW


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com

Sejak Rasulullah Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT untuk mensyiarkan agama Islam kepada seluruh umat di dunia, setidaknya ada 5 perang besar yang pernah terjadi. Hal itu pun dilakukan oleh Rasulullah dalam keadaan terpaksa, guna pertahanan diri.

Berikut ini ialah daftar perang besar umat Islam pada masa Rasulullah Muhammad SAW :


Perang Badar


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Inilah perang pertama yang dilakukan oleh kaum Muslimin. Sekaligus peristiwa paling penting bagi sejarah perkembangan da’wah Islam. Perang ini terjadi pada 17 Maret 624 Masehi atau 17 Ramadan 2 Hijriah.

Meski dengan kekuatan yang jauh lebih kecil dibanding kekuatan musuh, dengan pertolongan Allah, kaum Muslimin berhasil menang menaklukkan pasukan kafir.

Rasulullah SAW berngkat bersama tigaratusan orang sahabat dalam perang Badar (Ghazawāt Badr). Ada yang mengatakan mereka berjumlah 313, 314, dan 317 orang. Mereka kira-kira terdiri dari 82 atau 86 Muhajirin, serta 61 kabilah Aus dan 170 kabilah Khazraj.

Kaum Muslimin memang tidak berkumpul dalam jumlah besar dan tidak melakukan persiapan sempurna. Mereka hanya memiliki dua ekor kuda, milik Zubair bin Awwam dan Miqdad bin Aswad al-Kindi.

Di samping itu, mereka hanya membawa tujuh puluh onta yang dikendarai secara bergantian, setiap onta untuk dua atau tiga orang. Rasulullah SAW sendiri bergantian mengendarai onta dengan Ali dan Murtsid bin Abi Murtsid Al-Ghanawi.

Sementara, jumlah pasukan kafir Quraisy sepuluh kali lipat. Tak kurang seribu tiga ratusan prajurit, dengan seratus kuda dan enam ratus perisai, serta onta yang jumlahnya tak diketahui secara pasti, dan dipimpin langsung oleh Abu Jahal bin Hisyam.

Sedangkan pendanaan perang, ditanggung langsung oleh sembilan pemimpin Quraisy. Setiap hari, mereka menyembelih sekitar sembilan atau sepuluh ekor unta.

Besarnya kekuatan serbuan kaum Muslim dapat dilihat pada beberapa ayat-ayat Al Qur'an, yang menyebutkan, bahwa ribuan malaikat turun dari Surga pada Pertempuran Badar untuk membinasakan kaum Quraisy.

Haruslah dicatat, bahwa sumber-sumber Muslim awal memahami kejadian ini secara harafiah, dan terdapat beberapa hadits mengenai Muhammad yang membahas mengenai Malaikat Jibril dan peranannya di dalam pertempuran tersebut.

Apapun penyebabnya, dalam hal ini pasukan Mekkah yang kalah kekuatan dan tidak bersemangat dalam berperang, segera saja tercerai-berai dan melarikan diri. Dan pertempuran itu sendiri berlangsung hanya beberapa jam dan selesai sedikit lewat tengah hari.


Perang Uhud


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Kekalahan di Badar menanamkan rasa dendam yang mendalam di hati kaum kafir Quraisy. Pertempuran Uhud pecah pada tanggal 22 Maret 625 M atau 7 Syawal 3 H. Pertempuran ini terjadi kurang lebih setahun lebih seminggu, setelah Pertempuran Badar.

Mereka pun keluar ke bukit Uhud dan hendak menyerbu kaum Muslimin. Pasukan Islam berangkat dengan kekuatan berkisar seribu orang prajurit. Seratus diantaranya menggunakan baju besi, dan lima puluh lainnya menunggang kuda.

Di sebuah tempat bernama asy-Syauth, kaum Muslimin melakukan shalat shubuh. Tempat ini sangat dekat dengan musuh, sehingga mereka bisa dengan mudah saling melihat.

Ternyata pasukan musuh berjumlah sangat banyak. Mereka berkekuatan tiga ribu tentara, terdiri dari orang-orang Quraisy dan sekutunya. Mereka juga memiliki tiga ribu onta, dua ratus ekor kuda dan tujuh ratus buah baju besi.

Pada kondisi sulit itu, Abdullah bin Ubay, sang munafiq, berkhianat dengan membujuk kaum muslimin untuk kembali ke Madinah. Sepertiga pasukan, atau sekitar tiga ratus prajurit akhirnya mundur. Abdullah bin Ubay mengatakan, “Kami tidak tahu, mengapa kami membunuh diri kami sendiri?"

Setelah kemunduran tiga ratus prajurit tersebut, Rasulullah melakukan konsolidasi kembali dengan sisa pasukan yang jumlahnya sekitar tujuh ratus prajurit untuk melanjutkan perang. Meski pada awalnya pasukan Muslim sempat kocar-kacir, Allah akhirnya memberi mereka kemenangan.


Perang Mu’tah


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Perang Mu’tah merupakan pendahuluan dan jalan pembuka untuk menaklukkan negeri-negeri Nasrani. Pemicu perang Mu’tah adalah pembunuhan utusan Rasulullah bernama al-Harits bin Umair yang diperintahkan menyampaikan surat kepada pemimpin Bashra.

Pertempuran Mu'tah ini terjadi pada 629 M atau 5 Jumadil Awal 8 Hijriah, di dekat kampung yang bernama Mu'tah, di sebelah timur Sungai Yordan dan Al Karak.

Al-Harits dicegat oleh Syurahbil bin Amr, seorang gubernur wilayah Balqa di Syam, ditangkap dan dipenggal lehernya. Untuk perang ini, Rasulullah mempersiapkan pasukan berkekuatan tiga ribu prajurit. Inilah pasukan Islam terbesar yang ada pada waktu itu.

Rasulullah telah menunjuk tiga orang sahabat sekaligus pengemban amanah komando yang secara bergantian, apabila komandan sebelumnya gugur dalam tugas di medan peperangan, hingga mengakibatkan tidak dapat meneruskan kepemimpinannya.

Sebuah keputusan yang belum pernah Rasulullah lakukan sebelumnya. Mereka itu adalah Zaid bin Haritsah (berasal dari kaum muhajirin), Ja'far bin Abi Thalib, dan seorang sahabat dari Anshar, Abdullah bin Rawahah, penyair Rasulullah.

Mereka bergerak ke arah utara dan beristirahat di Mu’an. Saat itulah mereka memperoleh informasi, bahwa Heraklius telah berada di salah satu bagian wilayah Balqa dengan kekuatan sekitar seratus ribu prajurit Romawi.

Mereka bahkan mendapat bantuan dari pasukan Lakhm, Judzam, Balqin dan Bahra kurang lebih seratus ribu prajurit. Jadi total kekuatan mereka adalah dua ratus ribu prajurit.

Zaid bin Haritsah ra, panglima pertama yang ditunjuk Rasulullah, kemudian membawa pasukan ke wilayah Mu’tah. Dua pasukan berhadapan dengan sengit. Komandan pertama ini menebasi lesatan anak-anak panah pasukan musuh, sampai akhirnya tewas terbunuh di jalan Allah Azza wa Jalla.

Bendera pun beralih ke tangan Ja’far bin Abi Thalib ra. Sepupu Rasulullah ini berperang sampai tangan kanannya putus. Bendera beliau pegangi dengan tangan kiri, dan akhirnya putus juga oleh tangan musuh. Dalam kondisi demikian, semangat beliau tak kenal surut, tetap berusaha mempertahankan bendera dengan cara memeluknya, sampai beliau gugur oleh senjata lawan.

Berdasarkan keterangan Ibnu ‘Umar ra, salah seorang saksi mata yang ikut serta dalam perang itu, terdapat tidak kurang 90 luka di bagian tubuh depan beliau, baik akibat tusukan pedang, maupun anak panah.

Giliran Abdullah bin Rawanah ra pun datang. Setelah menerjang musuh, ajal pun memjemput beliau di medan peperangan.

Tsabit bin Arqam ra mengambil bendera yang telah tak bertuan itu dan berteriak memanggil para Sahabat Nabi lainnya agar menentukan pengganti yang memimpin kaum muslimin.

Maka, pilihan mereka jatuh pada Khalid bin Walid ra. Dengan kecerdikan serta kecemerlangan siasat dan strategi, setelah taufik dari Allah Azza wa Jalla, kaum Muslimin berhasil memukul Romawi, hingga mengalami kerugian yang banyak.


Perang Ahzab


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Perang Khandaq yang juga dikenal sebagai Pertempuran Al-Ahzab, Pertempuran Konfederasi, dan Pengepungan Madinah, terjadi pada bulan Syawal tahun 5 Hijriah atau pada tahun 627 Masehi. Pengepungan Madinah ini dipelopori oleh pasukan gabungan antara kaum kafir Quraisy Makkah dan Yahudi bani Nadhir (Al-Ahzab). Pengepungan Medinah dimulai pada 31 Maret, 627 H dan berakhir setelah 27 hari.

Dua puluh pimpinan Yahudi bani Nadhir datang ke Makkah untuk melakukan provokasi agar kaum kafir mau bersatu untuk menumpas kaum muslimin. Pimpinan Yahudi bani Nadhir juga mendatangi Bani Ghathafan dan mengajak mereka untuk melakukan apa yang mereka serukan pada orang Quraisy.

Selanjutnya mereka mendatangi kabilah-kabilah Arab di sekitar Makkah untuk melakukan hal yang sama. Semua kelompok itu akhirnya sepakat untuk bergabung dan menghabisi kaum muslimin di Madinah sampai ke akar-akarnya.

Jumlah keseluruhan pasukan Ahzab (sekutu) adalah sekitar sepuluh ribu prajurit. Jumlah itu disebutkan dalam kitab sirah adalah lebih banyak ketimbang jumlah orang-orang yang tinggal di Madinah secara keseluruhan, termasuk wanita, anak-anak, pemuda dan orang tua.

Menghadapi kekuatan yang sangat besar ini, atas ide Salman al-Farisi, yang berasal dari Persia, kaum Muslimin menggunakan strategi penggalian parit (Khandaq) untuk menghalangi sampainya pasukan musuh ke wilayah Madinah.

Sejatinya strategi ini berasal dari Persia, yang dilakukan apabila mereka terkepung atau takut dengan keberadaan pasukan berkuda, maka dibuatlah parit-parit guna menghalangi serangan pasukan berkuda tersebut.

Lalu digalilah parit di bagian utara Madinah selama sembilan/sepuluh hari. Pasukan gabungan datang dengan kekuatan 10.000 pasukan yang siap berperang. Pasukan gabungan membuat kemah di bagian utara Madinah, karena di tempat itu adalah tempat yang paling tepat untuk melakukan pertempuran.

Pada Perang Khandaq, terjadi pengkhianatan dari kaum Yahudi Bani Qurayzhah atas kesepakatan yang telah disetujui sebelumnya untuk mempertahankan kota Madinah, tetapi bani Quraizhah mengkhianati perjanjian itu.

Setelah terjadi pengepungan selama satu bulan penuh, Nua'im bin Mas'ud al-Asyja'i yang telah memeluk Islam, tanpa sepengetahuan pasukan gabungan dengan keahliannya telah memecah belah pasukan gabungan.

Lalu Allah SWT mengirimkan angin yang memporakporandakan kemah pasukan gabungan, memecahkan periuk-periuk mereka, dan memadamkan api mereka. Hingga akhirnya pasukan gabungan kembali ke rumah mereka dengan kegagalan dalam menaklukan kota Madinah.

Setelah peperangan itu, Rasulullah dan para sahabat berangkat menuju kediaman bani quraizah untuk mengadili mereka.


Perang Tabuk


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com


Ekspedisi Tabuk atau Perang Tabuk adalah ekspedisi yang dilakukan umat Islam pimpinan Rasulullah pada 630 M atau 9 H, ke Tabuk, yang sekarang terletak di wilayah Arab Saudi barat laut.

Romawi memiliki kekuatan militer paling besar pada saat itu. Perang Tabuk merupakan kelanjutan dari perang Mu’tah. Kaum Muslimin mendengar persiapan besar-besaran yang dilakukan oleh pasukan Romawi dan raja Ghassan.

Informasi tentang jumlah pasukan yang dihimpun adalah sekitar empat puluh ribu hingga seratus ribu personil. Keadaan semakin kritis, karena suasana kemarau. Kaum Muslimin tengah berada di tengah kesulitan dan kekurangan pangan.

Mendengar persiapan besar pasukan Romawi, kaum Muslimin berlomba melakukan persiapan perang. Para tokoh sahabat memberi infaq fi sabilillah dalam suasana yang sangat mengagumkan.

Utsman menyedekahkan dua ratus ekor onta lengkap dengan pelana dan barang-barang yang diangkutnya. Kemudian ia menambahkan lagi sekitar seratus onta lengkap dengan pelana dan perlengkapannya.

Lalu ia datang lagi dengan membawa seribu dinar dan diletakkannya di pangkuan Rasulullah SAW. Utsman terus bersedekah, hingga jumlahnya mencapai sembilan ratus onta seratus kuda, dan uang dalam jumlah besar.

Abdurrahman bin Auf membawa dua ratus uqiyah perak. Abu bakar membawa seluruh hartanya dan tidak menyisakan untuk keluarganya, kecuali Allah dan Rasul-Nya.

Umar datang menyerahkan setengah hartanya. Abbas datang menyerahkan harta yang cukup banyak. Thalhah, Sa’d bin Ubadah, dan Muhammad bin Maslamah, semuanya datang memberikan sedekahnya. Ashim bin Adi datang dengan menyerahkan sembilan puluh wasaq kurma dan diikuti oleh para sahabat yang lain.

Jumlah pasukan Islam yang terkumpul sebenarnya cukup besar, tiga puluh ribu personil. Tapi mereka minim perlengkapan perang. Bekal makanan dan kendaraan yang ada masih sangat sedikit dibanding dengan jumlah pasukan.

Setiap delapan belas orang mendapat jatah satu onta yang mereka kendarai secara bergantian. Berulangkali mereka memakan dedaunan, sehingga bibir mereka rusak.

Mereka terpaksa menyembelih onta, meski jumlahnya sedikit, agar dapat meminum air yang terdapat dalam kantong air onta tersebut. Oleh karena itu, pasukan ini dinamakan jaisyul usrrah, atau pasukan yang berada dalam kesulitan..

Setelah sampai di Tabuk, umat Islam tidak menemukan pasukan Bizantium ataupun sekutunya. Menurut sumber-sumber Muslim, mereka menarik diri ke utara setelah mendengar kedatangannya pasukan Rasulullah. Namun, tidak ada sumber non-Muslim yang mengkonfirmasi hal ini.

Pasukan Muslim berada di Tabuk selama 10 hari. Ekspedisi ini dimanfaatkan Rasulullah untuk mengunjungi kabilah-kabilah yang ada di sekitar Tabuk. Hasilnya, banyak kabilah Arab yang sejak itu tidak lagi mematuhi Kekaisaran Bizantium, dan berpihak kepada Rasulullah dan umat Islam. Rasulullah juga berhasil mengumpulkan pajak dari kabilah-kabilah tersebut.

Saat hendak pulang dari Tabuk, rombongan Rasulullah didatangi oleh para pendeta Kristen di Lembah Sinai. Rasulullah berdiskusi dengan mereka, dan terjadi perjanjian yang mirip dengan Piagam Madinah bagi kaum Yahudi. Piagam ini berisi perdamaian antara umat Islam dan umat Kristen di daerah tersebut.

Rasulullah dan pasukan Muslimin akhirnya kembali ke Madinah setelah 30 hari meninggalkannya. Umat Islam maupun Kekaisaran Bizantium tidak menderita korban sama sekali dari peristiwa ini, karena pertempuran tidak pernah terjadi.

(",)v




Sumber : Wikipedia©, bilogizma.blogspot.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

57 komentar:

  1. Pengetahuan yang tiada harganya semoga mendapat pahala, amin

    BalasHapus
  2. Amazzing...... pelan2 saya sedang menelusuri sejarah islam. Mohon bisa di share dr berbagai referensi


    Trims

    BalasHapus
  3. kalau dilihat dari ulah muslim masa sekarang yang setiap aksi penghalangan dakwah berarti perang melawan islam,
    sepertinya quraisy dan yahudi khaybar tidak seburuk yang diceritakan di atas.
    Mungkin muhammad dan pasukannyalah yang sumbu pendek tak tukang fitnah.

    BalasHapus
  4. Bukankah waktu itu Muhamad berperang hanya buat nyari rampasan perang alias ngerampok ? serta memaksa orang2 masuk muslim ? sungguh perang sinting !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar dlu mas, kenapa perang tersebut bisa berkecamuk. Jangan asqp bicara, afwan

      Hapus
    2. lo jgn asal bicara ya emang lo tau apa tentang islam
      jaga lisan jgn asal bicara bikin sakit hati umat muslim lo
      semoga ALLAH memberikan hidayah buat orang orang yg mendzalimi kami umat muslim

      Hapus
    3. Semoga Allah membukakan pintu hatimu(: aamiin

      Hapus
    4. Dilihat dan dipahami commentnya anonim itu anti islam deh,mungkin dia yahudi x

      Hapus
    5. Anda jangan bicara seperti itu...
      Jaga mulut anda jika anda tak mau agama anda dihujat. Dan jangan menghina agama lain dan bersikaplah toleransi agama...!!!
      Semoga Allah membuka pintu taubat-Nya untuk orang kayak anda..

      Hapus
    6. Kamu yg menghina duluan...

      Hapus
    7. Astaghfirullohal'adzim ..
      segeralah bertaubat wahai saudaraku ,niscaya Alloh akan mengampunimu ..amin

      Hapus
    8. yg komentar miring mungkin sedang nyari racun sendiri, hahahaha

      Hapus
    9. Anjing Lo
      Duel sini kalo berani

      Hapus
  5. bodoh dan biol si penulis blog. warna latar dan font sama gelap. mohon belajar dan jangan jadi bodoh wahai indon. buat susah mau baca saja..goblok...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Udh tnggl baca gratis gk ush sibuk.
      Gk ush ribut .
      Buat sndiri kalo mau bagus .

      Hapus
    3. sebaik-sebaiknya umat adalah orang yang bersabar ..

      Hapus
  6. WASPADA,SUDAH LAMA MISSIONARIS KRISTEN BERUSAHA KERAS FITNAH NABI MUHAMMAD DARI SEMUA SISI,,DARI PERANG,PERNIKAHAN DAN LAIN2..MEREKA TAK PEDULI FAKTA SEJARAH YG TERJADI,TUJUANNYA ADALAH HANCURKAN AKIDAH ISLAM DENGAN MEMFITNAH ISLAM HABIS2AN,DAN KARANGAN2 SESAT MEREKA DISEBARKAN DARI BERBAGAI ARTIKEL DI DUNIA MAYA,LEWAT BUKUL,MEDIA SOSIAL DAN LEWAT KRISTENISASI LANGSUNG LAPANGAN,,TAK HERAN BANYAK JEMAAT KRISTEN LAIN YANG NOL ILMUNYA IKUT TERPROVOKASI,,,WASPADALAH SAUDARAKU,KRISTEN DI INDONESIA MINORITAS,TAPI KEKUASAANYA MAYORITAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Situ islamkan. Apa di agama kita di ajarkan su'uzon.
      Jgn saling menyalahkan lh muak aku dengarnya .

      Hapus
  7. Alhamdulillah, aku terlahir dari orangtua muslim yg taat, yg cinta Rosul , Islam rahmatan lil'Alamiin , hanya orang yg bodoh yg tidak merasakan itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika suatu umat menganggap dialah yang paling benar/ superior, apakah umat lain harus dihancurkan. Setiap pihak yg berkonflik, pasti akan nencari pembenaran utk kepentingan pihaknya. Meski saya tak yakin dwngan ajakan saya, tp saya akan terus mengajak;"jk sdr sudah memiliki keyakinan, biarlah keyakinan anda utk anda, jgn mengajak apalagi memaksa org utk ikut meyakini apa yg anda yakini. Ingatlah perbedaan sesungguhnya sudah menjadi fitrah manusia. Tidak anda satu manusiapun yg bisa memilih akan dilahirkan dimana, suku apa, dr ibu siapa...en.. mari berdamai

      Hapus
    2. Jika suatu umat menganggap dialah yang paling benar/ superior, apakah umat lain harus dihancurkan. Setiap pihak yg berkonflik, pasti akan nencari pembenaran utk kepentingan pihaknya. Meski saya tak yakin dwngan ajakan saya, tp saya akan terus mengajak;"jk sdr sudah memiliki keyakinan, biarlah keyakinan anda utk anda, jgn mengajak apalagi memaksa org utk ikut meyakini apa yg anda yakini. Ingatlah perbedaan sesungguhnya sudah menjadi fitrah manusia. Tidak anda satu manusiapun yg bisa memilih akan dilahirkan dimana, suku apa, dr ibu siapa...en.. mari berdamai

      Hapus
  8. Islam agama perang, dan sekarang dilanjutkan oleh ISIS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. -__-, menowo penjengengan mboten ngertos sak benere sejarah, jangan langsung mengklaim islam adalah agama perang

      Hapus
    2. Mas, coba belajar dulu sebelum komentar, malu loh mas ngomong tanpa reference :) Cari di google apa itu ISIS ya dan apa itu Islam

      Hapus
    3. Hati2 semianya...sebenarnya Anonim itu adalah dajjal...dia sengaja mau mancing supaya kita umat islam yg post dsni terbawa ajakan nya menjadi islam yg keras, biar tambah bnyak org yg memusuhi islam.

      Saya sdh coba liat seksama, dan hasilnya iy, mr.anonim itu adalah dajjal....

      Hapus
    4. sebaik -baiknya umat adalah orang yang bertaubat ..segeralah bertaubat wahai engkau kaum yang enggak mudengan ..niscaya engkau akan dibukakan jalan hidayah untukmu

      Hapus
  9. Sy percaya perang untuk umat islam krn membeladiri dan bukan memaksakan kehendak, krn islam adalah rahmat Allah..

    BalasHapus
  10. andai saja saya hidup di zaman nabi muhammad.. pasti saya ikut berperang untuk membela agama allah swt. Masukkan komentar Anda...

    BalasHapus
  11. Orang islam sejatinya tidak pernah memulai untuk membuat Pabrik Senjata

    BalasHapus
  12. Orang islam sejatinya tidak pernah memulai untuk membuat Pabrik Senjata

    BalasHapus
  13. Kenapa umat islam jaman rosul berjaya walaupun pasukannya kalah jumlah. Karena umat muslim berperang untuk Agama Allah(haq) dan musuh berperang karena menyekutukan Allah(bathil).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena keyakinan, dan kemantapan hati iman mereka lah yg membuat semangat mereka membara dan kuat seperti baja.

      Hapus
  14. Terimakasih infonya. Btw, mau tanya kalo jumlah perang yang ada dimadinah itu ada berapa yah?
    Terimakasih

    BalasHapus
  15. sejrah islam yang patutu diingat semua muslim .

    BalasHapus
  16. http://pelangimerah99.blogspot.com/2017/11/pelangikita_16.html
    http://pelangimerah99.blogspot.com/2017/11/pelangikita_28.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Pelangikita.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami
    - BBM : D8C5975D
    - WHATSAPP : +855 98 874 349
    - LINE : poker_pelangi

    BalasHapus
  17. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/mkhitaryan-bukan-hanya-ibrahimovic-yang.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/pdip-minta-jokowi-desak-pbb-keluarkan.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/pengalaman-ml-dengan-cewek-montok-yang.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus
  18. http://masadepan778.blogspot.com/2018/01/mercedes-benz-indonesia-sudah-dapat.html
    http://masadepan778.blogspot.com/2018/01/gudang-kayu-di-cianjur-terbakar-hebat.html
    http://masadepan778.blogspot.com/2018/01/sandi-idamkan-kawasan-monas-seperti.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM

    BalasHapus
  19. Jangan asal women aka Dan jangan asal ngomong ja yang bodoh lab yang gobelok lag
    Bsa baca al,Quran gak hadis2 nya Dan artiya udah adah

    BalasHapus
  20. Allahu akbar..allahumma shalli 'ala syidina muhammad...suatu peljarn yg sngt besar tuk kita sampikn pada sudr kita yg lain ( islam)

    BalasHapus
  21. Sangat bermanfaat, sya skrang makin yakin bahwa Allah akan melindungi orang yang membela agamanya, disini bisa dpetik jika kta malakukan sesuatu ikhlas krn Allah, akan ada feedback yg lbih dri apa yg kt lakukan

    BalasHapus
  22. Perang salib gk ada ya? lagi cari informasinya buat tugas sekolah

    BalasHapus
  23. Bermanfaat sekali alhamdulillah 😁

    BalasHapus
  24. Tolong dibaca lagi yang doyan berantem Islam adalah agama yang damai, Rasulullah tidak berperang ke Kaum Yahudi dan Kristen melainkan berperang kepada Kafir Quraisy. Bahkan akhlak nabi sangat mulia beliau sering menyuapi makan Seorang pengemis Yahudi buta yang begitu membencinya hingga akhirnya Beliau wafat dan pengemis itu baru mengetahui kalau yang sering menyuapinya adalah Nabi Muhammad, hingga pada akhirnya Pengemis tua itu memeluk Islam

    BalasHapus
  25. Thanks for this comlete list. I have check all of these websites, all are in working
    and I get many of the backlinks for my website. Thanks...

    Click Here For Article

    BalasHapus
  26. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  27. Judi Online

    Judi Bola

    Slot Online

    i am regular reader, how are you everybody? This post posted at this site is truly good.

    BalasHapus

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia