Pages

Subscribe:

Selasa, 04 September 2012

Mona Lisa Tak Berbusana Karya Leonardo da Vinci Ditemukan




Seniman kenamaan Italia, Leonardo da Vinci, menghasilkan karya prestisiusnya dalam wujud lukisan Mona Lisa. Diperkirakan, lukisan berdimensi 77 x 53 sentimeter ini di buat antara tahun 1503-1519.

Namun, muncul kontroversi saat ini, sejauh mana Leonardo melukiskan Mona Lisa dalam berbagai posisi. Karena, telah ditemukannya lukisan yang mirip Mona Lisa, namun dalam kondisi tak berbusana.

Lukisan tersebut diberi nama "Nude Gioconda", ditemukan dalam perpustakaan private dan tersembunyi selama seabad lamanya. Kini, Nude Gioconda dipamerkan di Museo Ideale, kota Tuscan, Vinci, Italia.

"Nude Gioconda (Mona Lisa Telanjang) dilahirkan oleh Leonardo da Vinci," kata Presiden Asosiasi Internasional Leonardo Da Vinci, Museo Ideale, Agnese Sabato, dalam emailnya pada National Geographic Indonesia, Juli 2012.

"Dilukis dengan berkolaborasi dengan salah satu muridnya, kemungkinan besar Gian Giacomo Caprotti atau yang biasa dikenal dengan nama Salai," tambahnya.

Perempuan di lukisan ini sebenarnya tidak terlalu mirip dengan Mona Lisa yang sesungguhnya. Namun, menurut Alessandro Vezzosi sebagai Direktur Museum, ada banyak kesamaan antara lukisan ini dengan Mona Lisa.





Di antaranya ialah tampilan depan, posisi tangan, konsepsi spasial lanskap, dan kolom di bagian pinggir. "Hal ini menunjukkan hubungan yang jelas dengan tema ikonik Mona Lisa," ujar Vezzosi pada tahun 2009.

Lukisan bernilai ini tadinya merupakan milik paman dari mantan penguasa Prancis, Napoleon Bonaparte, yaitu Cardinal Joseph Fesch. Dipajang indah di salah satu dinding kayu perpustakaan pribadinya hampir satu abad lamanya, sebelum berpindah tangan ke keluarga Napoleon lainnya.

Seorang pecinta seni yang hanya disebut bernama Si Kardinal, menjadi pemilik berikutnya dari lukisan ini. Terbukti dari catatan bertuliskan tahun 1845. Si Kardinal membeli "Potret Mona Lisa, gundik dari Francis I, karya Leonardo da Vinci" dari keluarga aristokrat kaya Roma.

Sesudah kematian Kardinal, lukisan ini kemungkinan besar dibeli oleh Napoleon III. Hingga akhirnya jatuh ke tangan Count Giuseppe Primoli, keturunan dari Luciano Bonaparte, saudara laki-laki Napoleon.

Menurut Vezzosi, lukisan bugil ini kemungkinan adalah bagian dari seri potret erotik yang dihasilkan Leonardo dan muridnya. Tidak pernah ditunjukkan ke publik, karena dianggap kurang patut.

Lukisan ini disebut juga dengan nama "Monna Vanna", versi Mona Lisa tanpa baju bagian atas dan kerap dianggap sebagai potret dari seorang gundik atau pelacur.

(",)v




Sumber : nationalgeographic.co.id Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia