Komitmen Renault dalam memasukkan unsur emosi pada bahasa styling, merupakan suatu bukti dari sebuah ilustrasi bernama "DeZir".
Dibawah komando Laurens van den Acker, Renault Design Department mengambil inspirasi dari tag line baru pabrikan ini. "Drive the Change!" dan mengeksplorasi gaya design Renault untuk mengekspresikan dimensi kemanusiaan yang kuat melalui strategi baru dalam bentuk visi "life cycle".
Visi ini pula yang membentuk ikatan antara Renault dan para pelanggannya melalui tahapan dalam hidup mereka, seperti ketika mereka jatuh Cinta, mulai mengeksplorasi dunia, berkeluarga, bekerja, bersenang-senang, hingga akhirnya memperoleh kebijaksanaan.
Inilah bahasa design baru Renault sesungguhnya yang terinspirasi dari tiga kata kunci : "Sederhana", "Sensual", dan "Hangat". Hanya cukup tiga kata dalam mendeskripsikan lewat DeZir.
Bagian depan DeZir menampilkan lubang udara berukuran besar yang bersanding dengan logo Renault, seolah menonjolkan kebanggaan terhadap brand ini. Bukan hanya itu, sentuhan warna krom memberikan suguhan kontras terhadap aspek-aspek gelap dari grille.
Design tampilan depan memperlihatkan identitas baru yang dikukuhkan sebagai fitur untuk semua model Renault di masa depan. Pintu gull-wing yang membuka ke arah yang berlawanan untuk masing-masing sisi, melambangkan suatu harmoni yin dan yang.
"Cinta merupakan suatu sentimen yang kerap membumbungkan diri Anda, memberi Anda sepasang sayap," ujar Stephane Maiore, penanggung jawab design interior DeZir. "Di dalamnya, Anda akan merasa seolah melayang jauh diatas awan," tambah Stephanie Petit, Colours and Materials Designer.
Bisa jadi, hal yang membuat DeZir berbeda dalam menambah aspek kecantikannya, yaitu karena terdapat sentuhan-sentuhan hangat dari para wanita.
Sumber tenaga DeZir, dipasok oleh sebuah motor listrik yang berposisi di bagian tengah belakang demi mengoptimalkan distribusi bobot antara roda depan dan belakang. Sebuah baterai lithium ion 24kW/h yang dipasang vertikal di belakang jok, memberikan jarak jelajah sejauh 160km.
Pendingin baterai dipastikan tidak hanya dari aliran udara yang masuk dari bagian depan ke belakang mobil, tapi juga dari aliran udara yang masuk melalui rongga lateral di balik panel aluminium pada kedua sisi mobil.
Motor yang digunakan sama dengan unit yang dipakai pada mobil listrik komersil Renault. Namun untuk DeZir, sebuah evolusi khusus diterapkan untuk memberikan daya 147 hp dan torsi sebesar 226Nm.
Untuk mengoptimalkan performa jelajah dan dinamika, tim design teknis Renault telah meminimalisasi bobot DeZir dengan menggunakan bahan Kevlar untuk bodinya. Sementara kerangka baja tabung dan sistem suspensinya, mirip dengan yang digunakan pada mobil balap Megana Trophy - termasuk sistem wishbone ganda.
Yang pasti, siapa yang tidak turut tergoda dengan sentuhan menawan dan mempesona besutan terbarunya Renault DeZir. Saya pun salah satu di dalamnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”