Pages

Subscribe:

Sabtu, 26 Februari 2011

Ditemukan Fosil “Kaktus Berjalan” Di China


Kaktus Berjalan, Mata Rantai Evolusi Artropoda

Kaktus Berjalan” pernah mendiami Bumi lebih dari 500 juta tahun lalu, ditemukan para ilmuwan China baru-baru ini. Fosil yang di beri nama Diania Cactiformis ini, bisa memberi titik terang tentang evolusi kepiting dan laba-laba.

Melansir Xinhua, Kamis (24/2/11), tanaman ini ditemukan dari kumpulan fosil di Chengjiang, Provinsi Yunnan, China di tahun 2006. Menurut pakar paleontologi dari Northwest University di Xi'an, hewan atau tanaman ini termasuk pada kelas Lobopodia, kelompok hewan sejenis cacing berkaki yang sulit dipahami dan telah punah.

"Bisa jadi makhluk ini penyambung dari Lobopodian ke Arthropoda," ujar Dr. Liu Jianni yang memimpin riset tersebut. Dia menambahkan banyak para ilmuwan mencari penghubung antara kedua makhluk tersebut.

Temuan ini juga mendukung teori Arthropoda berasal dari moyang yang memiliki kaki yang berkembang menjadi kaki keras seperti bagian tubuhnya yang lain.
Hewan ini memiliki panjang sekitar enam centimeter.

Hewan ini hidup pada masa Cambrian Explosion, ledakan menakjubkan keanekaragaman hayati yang menentukan masa depan spesies yang hidup saat ini.

Selain itu, hewan ini memiliki duri pusat yang memberi kesan seperti cacing kurus bertubuh lunak. Selain duri pusat, terdapat 10 pasang duri yang menyatu dengan duri pusat yang tampak seperti kaki.

Temuan ini dipaparkan oleh Liu dalam thesis berjudul, "An armored Cambrian lobopodian from China with arthropod-like appendages" yang diterbitkan di Jurnal Nature, Kamis (24/2/11). (",)v




Sumber : harian-global.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia