Pages

Subscribe:

Jumat, 08 Oktober 2010

Voltus V (超電磁マシーン ボルテスV)


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcUO07xu7W-U5pjYExEu7L3LyxzQemmMufBQj-gPBjimvZ8ooQByIoAVEHxoLDP7gUI9iYe5L4ymElHZIrUi7aNf_nl5N2bAMK0l1h4JjFFrzU6JrzLMnrvOVIunM8gheaKeCvsSnw5hI/s1600/015709zbm.jpg

Sutradara : Tadao Nagahama
Produser : Tadao Nagahama
Produksi : Sunrise, Toei Animation
Tahun : 1977

Voltus V atau Voltus Lima (Bahasa Jepang : 超電磁マシーン ボルテスV, Chōdenji Mashīn Borutesu Faibu) merupakan film seri anime di era akhir 70-an. Berasal dari Jepang, dalam 40 episode, yang ditayangkan pertama kali pada 4 April 1977, dan dianggap sebagai lanjutan dari film "Chodenji Robo Combattler-V".

Tadao Nagahama adalah pencipta serial-serial televisi ternama di Jepang pada masa itu. Ia menciptakan Voltus V pada akhir tahun 1970-an. Tokoh-tokoh utamanya ialah lima anak muda yang gagah perkasa, yang melawan serangan alien dari planet Boazania.

Mereka memiliki satu pesawat khusus masing-masing, yang dapat bergabung menjadi satu robot besar yang bernama "Robot Voltus". Kelima anak muda tersebut bernama :




* Gou Kenichi (Tengah Atas)

* Ippei Mine (Kanan Atas)

* Gou Daijiro (Kiri Bawah)

* Gou Hiyoshi (Kanan Bawah)

* Megumi Oka (Kiri Atas)


Musuh utama mereka adalah penduduk planet Boazania yang memiliki tanduk di kepalanya dan memperbudak mereka yang tidak bertanduk. Kenichi, Daijiro, dan Hiyoshi adalah kakak beradik, anak dari Professor Gou, pencipta robot Voltus.

Prince Heinell yang bertugas untuk menguasai planet Bumi, selalu mengalami kegagalan karena selalu dihalang-halangi oleh sepak terjang Voltus V. Pertempuran demi pertempuran pun tak terelakkan. Berbagai macam strategi yang dilancarkan olehnya, selalu berhasil dilumpuhkan oleh Kenichi bersaudara beserta 2 rekannya.


The Most Populer Anime



Pada masa itu, siapa yang tidak kenal dengan film Voltus V yang dibuat oleh Tadao Nagahama. Film anime legend ini tidak seperti sekarang yang bertaburkan film-film anime sejenis, Voltus V menjadi pilihan yang sangat populer dikalangan anak-anak seluruh dunia, karena minimnya pilihan film anime kala itu.

Film yang fenomenal ini, bukan hanya mencuri, bahkan merampok hati dan imajinasi anak-anak pada masa itu. Kehebatan robot Voltus V serta tokoh-tokohnya, memang sangat memukau dan seru untuk ditonton. Manalagi, tidak semua anak-anak pada masa itu dapat menikmati film seri anime satu ini.

Karena, selain film ini tidak diputar oleh satu-satunya stasiun TV Nasional yang ada saat itu, film ini pun termasuk dalam golongan film yang langka. Kenapa langka? Karena hanya anak-anak orang berada saja yang dapat menikmati film seri ini lewat kaset video yang dibeli atau disewanya.




Prof. Dr. Gou Kentaro / Prince La Gour


Jika ingin menonton, selain harus punya TV yang tergolong barang mewah saat itu (apalagi yang berwarna), juga harus punya video player untuk memutar kaset videonya, bisa yang berjenis VHS atau juga Betacam. Player video yang juga tergolong barang mewah dan mahal ini, menjadi ukuran status sosial kala itu.

Wajarlah kalau anak-anak yang sudah menonton film Voltus V ini, menyombongkan diri mereka dengan bangga ke teman-temannya. Lebih hebohnya lagi, apabila bisa menceritakan secara detail seri terbaru dari kartun ini, pastinya bakal dikerubungi kayak semut oleh teman-temannya dengan pandangan takjub dan terpesona.

So, bagaimana nasib anak-anak kala itu yang tidak beruntung menjadi anak orang kaya? Nah, ini dia kuncinya, ada 1001 cara jalan menuju ke Roma. Deketin anak orang kaya, baik-baikin, kalau perlu dirayu-rayu sampe hatinya luluh bagaikan es yang mencair. Bagaimana caranya, sampai akhirnya dikasih ikutan nimbrung buat nonton bareng itu film.




Dr. Mitsuyo


Atau bisa juga dengan cara lain, dari tempat-tempat yang menyewakan nonton video bareng, jelas hal ini menarik bayaran sewa ke setiap anak-anak yang menonton. Jalan ini biasanya ditempuh, apabila cara diatas tidak berhasil. Demi Voltus V, pokoknya apa pun dibela-belainlah, daripada cengak-cengok gak jelas waktu teman-temannya cerita tentang kehebatan Voltus V, khan?

Oleh sebab itulah, film ini menjadi sangat fenomenal dan legendaris pada masanya. Mau gaul, wajib tahu tentang Voltus V, The Most Populer Anime. Itu mottonya.


TOP BGT

http://users.animanga.com/voltesv/mecha/voltes.jpg

Anak zaman sekarang pasti aneh kalau mendengar alasan kenapa film Voltus V ini sangat seru dan TOP BGT (top banget) punya. Seperti penjelasan diawal, film ini sungguh fenomenal dengan segala keterbatasan yang ada saat itu. Maka suatu hal yang wajar, kalau anak-anak masa itu sangat menggilai Voltus V.

Belum lagi Voltus V merupakan film kartun pelopor yang jagoannya adalah sebuah robot raksasa, yang bergabung menjadi satu dari kendaraan-kendaraan anak muda yang berseragam warna-warni kayak pelangi. Walaupun misalnya bukan pelopor, setidaknya film inilah yang pertama kali sangat populer dan mendunia kala itu.

5 pemuda yang gagah perkasa, yang siap selalu melindungi keselamatan dunia dari angkara murka, dengan menggunakan kendaraan modern yang memiliki beraneka ragam senjata berteknologi canggih yang keluar dari badannya, tentu itu yang menjadi impian semua anak laki-laki di seluruh dunia.



Dr. Hamaguchi


Belum selesai sampai disitu (tahan nafas, keluarkan secara perlahan), kendaraan-kendaraan itu lewat sebuah proses, mampu bergabung menjadi satu-kesatuan, yaitu menjadi sebuah robot raksasa bernama Voltus V yang sungguh Hebat luar biasa, yang siap menghajar musuh-musuhnya. WoW, Keren! TOP BGTlah pokoknya. Heheheheee..


Sinopsis



Big Falcon


Cerita Voltus V ini berawal di tahun 1990-an. 1990? Gak salah, tuch?! Iya, gak salah koq, ini beneran, soalnya film ini khan dibuat diakhir 1970-an, jadi ceritanya di setting pada masa depan. Tapi karena sangking optimisnya akan masa depan, sampai-sampai salah prediksi. Xixixixiii..

Hingga detik ini, di muka Bumi Manusia ini, 2010, belum ada robot secanggih dan sekeren Voltus V. Tapi namanya juga khayalan, film kartun pula, anggap saja sedang berada pada dimensi yang berbeda.

Okeh, kita lanjutkan kisahnya, Bumi saat itu didatangi oleh pasukan bangsa Boazanian yang dipimpin oleh seorang pangeran yang bernama Prince Heinell. Mereka bertujuan untuk menginvasi planet Bumi, dan memperbudak penduduknya.




Chief Commander Oka


Planet Boazania berjarak 14.000 tahun cahaya dari Bumi (jauh sekali, ya? gak kebayang mereka bisa sampai di Bumi dengan cara apa?). Mereka memiliki kemiripan dengan manusia di Bumi, kecuali satu hal, mereka memiliki tanduk di kepalanya. Dan itu merupakan kebanggaan bagi mereka (kayak kerbau koq malah bangga, ya? Aneh?).

Penduduk planet Boazania yang mendapatkan aib dan sial gara-gara dilahirkan tidak memiliki tanduk, harus menanggung derita takdirnya, tak mempunyai pilihan lain, menjadi budak selamanya (apes banget, ya?).

Flashback dikit, ialah seorang pangeran kaum Boazanian bernama La Gour, yang ketika akan dilantik menjadi kaisar ke-124, ketahuan ternyata tanduknya cuma tempelan doank. Karena tidak ingin mendapatkan nasib yang apes menjadi budak, dia pun berhasil melarikan diri ke Bumi (jangan dibayangkan bagaimana caranya dia menempuh jarak 14.000 tahun cahaya).



Dr. Sakunji


Seteah berada di Bumi, dia merubah namanya menjadi Prof. Dr. Gou Kentaro, dan menikah dengan gadis Bumi bernama Mitsuyo. Dan mereka pun dikaruniai 3 orang anak laki-laki. Bersama istrinya, juga Dr. Hamaguchi, dan Chief Commander Oka, mereka menciptakan sebuah sistem pertahanan Bumi.

Sistem pertahanan yang bermarkas besar di Big Falcon, dan merupakan tempat robot raksasa Voltus V disimpan, berguna untuk mengantisipasi serangan dari planet Boazania. Untuk menyelamatkan Bumi, Earth International Deffense Force menugaskan Gou Kenichi, Gou Daijirou, Gou Hiyoshi, untuk mengawaki Voltus V.

Turut serta juga dengan mereka putri dari Chief Commander Oka, Oka Megumi, dan Mine Ippei, sang juara Rodeo 3x, yang melengkapi awak Voltus V menjadi 5 orang. Disinilah babak perjuangan Voltus V dimulai untuk mempertahankan Bumi dari serangan bangsa Boazanian yang pantang menyerah.


Pasukan Voltus V



Sesuai namanya, pasukan Voltus V terdiri dari anak muda yang memiliki kemampuan yang tinggi dan tidak gentar oleh maut yang menghadang. Pokoknya rela berkorbanlah demi nusa dan bangsa (sesuai Butir-butir Pancasila sila Ketiga, butir kedua.. Heheheee..). Yak, Kelima anak muda itu, adalah :


V-1 : Gou Kenichi




Ialah anak tertua dari Dr. Gou, sekaligus pemimpin pasukan Voltus V. Lahir pada tanggal 22 Juni 1974. Berseragam merah dan mengawaki Volt Crewzer, yang merupakan bagian kepala dari robot Voltus V sebagai pusat komando dan koordinasi. Senjata pribadinya yaitu pistol laser (bukan pestol aer, lho?).

Kenichi memang memiliki watak pemimpin, pemberani, serius, dan tempramental. Ia pun seorang yang baik hati dan menjunjung tinggi persahabatan, meski sering kelewat keras, termasuk kepada adiknya sendiri, Hiyoshi.




V-2 : Mine Ippei




Satu-satunya anggota yang direkrut bukan karena dari hubungan kekerabatan dan keluarga. Lahir pada tanggal 24 November 1974. Seorang CowBoy yang menjadi juara dunia Rodeo tiga kali berturut-turut. Seragamnya berwarna biru, dan mengendarai Volt Bomber, pada bagian lengan robot Voltus V yang mana sebagian besar senjata-senjata canggih Voltus V berada disana.

Menggunakan senjata pribadi berupa cambuk lasso. Seorang anak yatim piatu yang menyimpan dendam dengan ibunya yang meninggalkan dirinya sejak kecil, ia pun harus menghidupi dirinya sendiri. Wataknya cuex dan santai, tapi mudah tersinggung dan marah.




V-3 : Gou Daijirou




Adik kandung dari Kenichi ini, jagoan beladiri berbadan besar dan kuat. Lahir pada tanggal 18 November 1977. Pilot Volt Panzer yang menjadi bagian badan pada robot Voltus V. Berseragam hijau tua dan menggunakan sebatang tongkat kayu sebagai senjata andalannya.




V-4 : Gou Hiyoshi




Anak bungsu Prof. Gou dan Mitsuyo ini, merupakan anggota Voltus V yang termuda, alias masih anak-anak. Meski kekanak-kanakan, dia jagonya elektronika. Lahir pada tanggal 20 Oktober 1982. Mengemudikan Volt Frigate, bagian tungkai robot Voltus V.Berseragam hijau muda, dan selalu ditemani oleh robot gurita mungil ciptaannya, Takko.

Awalnya Takko hanya dianggap sebagai sebuah mainan robot-robotan biasa, namun karena dia berhasil menyelamatkan Voltus V, dia dianggap anggota Voltus V keenam (artinya bukan Voltus V lagi, ya? Voltus VI jadinya.. Heheheee..).




V-5 : Oka Megumi




Anak dari salah satu pencipta Voltus V, Chief Commander Oka. Satu-satunya perempuan di pasukan Voltus V. Lahir pada tanggal 17 Mei 1976. Bertugas mengendarai Volt Lander, yang menjadi telapak kaki robot Voltus V. Berseragam kuning-pink, dan pernah dilatih sebagai Ninja wanita. Jadi, jangan heran jika dia jago memainkan senjata-senjata yang dimiliki para Ninja.

Megumi adalah gadis yang cantik dan periang. Sebagai salah satu anggota Voltus V yang bergenre wanita sendirian, dia menempati peranan penting di dalam penengah kalau terjadi bentrok antar team Voltus V.




Robot Voltus V Sahabat Kita Semua

Pada saat pasukan Boazanian menyerang, pasukan Voltus V melakukan ritual peperangan secara individual terlebih dahulu. Masing-masing pesawat Volt mengeluarkan senjata andalan untuk menggempur musuh-musuhnya.

Dan biasanya, si musuh masih dengan keperkasaannya dapat mengelak dari senjata-senjata individual itu, hingga sampai menyudutkan pasukan voltus.

Dalam keadaan terdesak demikian, Kenichi mulai mengumandangkan teriakan komando perangnya :


"LET'S.. !!!"


Lantas disambut serentak oleh keempat pasukan Voltus V yang lain, dengan menekan tombol dihadapan mereka, dan secara kolektif mereka semua berteriak :


"VOLT.. IN.. !!!"


http://img20.imageshack.us/img20/2376/letsvoltinyx4.jpg


Kadangkala Kenichi juga sering meneriakkan untuk bergabung dengan aba-aba :


"V TOGETHER..!!!"


http://images.sugwan.multiply.com/image/1/photos/upload/300x300/RhCVxgoKCngAABxoLhE1/voltes_v.jpg?et=9ELnL9G2LFuFSO0dC01cRg&nmid=23729961


Maka dimulailah penggabungan pesawat-pesawat Volt itu menjadi sebuah robot raksasa yang keren dan hebat, Voltus V. Diiringi oleh lagu mars andalan arransemen jadul berbahasa Jepang, berjudul "Voltes V no Uta" atau "Borotesu Faibu" (gak tau yang bener yang mana? Pokoknya itu dech! Heheheee..), yang disenandungkan oleh Mitsuko Horie.

Kemudian Volt Machine itu pun satu per satu saling berhubungan lewat energi elektromagnetik dan membentuk huruf "V", sambung-menyambung lalu berubahlah menjadi robot Voltus V yang memiliki tinggi 58 meter dan bobot 600 ton, serta memiliki jelajah tempuh 20 mach.


http://ghostlightning.files.wordpress.com/2008/11/vultus_v.jpg


Setelah bergabung menjadi satu kesatuan, maka robot Voltus V pun menyerang musuh-musuhnya dengan gagah berani. Satu demi satu senjata-senjata andalannya diluncurkan untuk melumpuhkan musuh-musuhnya.. Ciattt.. !!!


http://img261.imageshack.us/img261/3691/00175042medium.jpg


Mulai dari Choudenji String (sabuk tali pinggang), Choudenji Goma (gasing yang dilemparkan dengan tali pinggang tadi), Voltes Bazooka, Gatling Missile, Arm Gun, Grand Fire (semburan api), Grand Missile, Chain Knucle (rantai), Choudenji Beam (tembakan sinar dari dada), Choudenji Wave (tembakan gelombang), Choudenji Ball (bola elektromagnetik yang bisa mengurung musuh).


http://i28.photobucket.com/albums/c231/lapanpuluh/2007/voltus09.jpg


http://farm1.static.flickr.com/36/114286427_e25e8727c8.jpg


Namun, dari kebanyakan senjata yang telah dikeluarkan oleh robot Voltus V, hanya 1 senjata yang paling ampuh, membuat musuhnya tunduk tak berdaya, apalagi kalau bukan pedang TENKUU KEN !!! (pedang surgakah? Atau Kapak Geni 212?).

Dengan gerakan yang gemulai sambil berlari (persis film-film India), robot Voltus V mengakhiri pertempuran dengan menebas tubuh lawan dari kiri atas, lalu ke tengah bawah, lalu pegangan pedang diputarnya, dan dilanjutkan lagi menariknya keatas kanan membentuk huruf "Z".. Ech salah, sorry kirain Zorro.. Huruf "V" maksudnya.. ;P


"TENKUU KEN..!!!"




http://2.bp.blogspot.com/_HDtrvbkZ4Q0/SWfywPE8C8I/AAAAAAAAAQg/ZfWCl9sDSn4/s400/vvkinang.jpg




"V no Ji Kiri..!!!"


Selalu begitu akhirnya, gak pernah dengan cara yang lain. Tau begitu, kenapa gak dari awal aja pake TENKUU KEN-nya?


Musuh-Musuh Voltus V


http://users.animanga.com/voltesv/boazanian/heinell.jpg


Pasukan Boazanian menyerang Bumi dipimpin oleh Prince Heinell, dan dibantu oleh para assisten pribadinya : Zandra (penasehat robotik), Draco (Jendral pendamping), dan Zuhl (penasehat militer dan menteri pertahanan Boazanian).



Prince Heinell, Zandra, Draco, & Zuhl


Mereka membuat markas besar bawah tanah di Bumi pada sebuah pulau tandus tak berpenghuni. Disanalah mereka menciptakan robot-robot raksasa dengan kemampuan dan senjata-senjata aneh, yang menjadi lawan tangguh Voltus V.


http://i398.photobucket.com/albums/pp68/romi-kun/misc/volt2005-1.jpg


Robot-robot yang pernah dieksekusi dengan tebasan pedang TENKU KEN yang sakti itu, diantaranya :


1. Dogukaga


http://i28.photobucket.com/albums/c231/lapanpuluh/2007/voltus11.jpg


Robot kupu-kupu besar dan ganas pada seri Voltus V pertama.


2. Baizanga


http://i28.photobucket.com/albums/c231/lapanpuluh/2007/voltus12.jpg


Robot besar, ganas, sadis, powerful, dan brutal. Dengan senjata rantai dan bola berduri, sempat membuat Voltus V babak belur dan terkunci tak berkutik. Nyaris mengalami kekalahan Voltus V dalam episode kedua ini.

Namun kejadian ironis pun terjadi disini. Voltus V diselamatkan oleh Dr. Mitsuyo (ibu dari 3 anggota Voltus V) yang melakukan Kamikaze ke wajah Baizanga. Voltus V akhirnya selamat, tapi drama tragis terjadi, karena Dr. Mitsuyo tewas dalam aksi penyelamatannya.


3. Zoru Geru


http://i28.photobucket.com/albums/c231/lapanpuluh/2007/voltus13.jpg


Robot Amoeba yang besar dan ganas, yang mampu merubah bentuk dan merubah bermacam-macam senjatanya. Bisa dikatakan, Zoru Geru merupakan salah satu yang tertangguh dari musuh-musuh Voltus V.


4. Daimon dan Saimon


http://i28.photobucket.com/albums/c231/lapanpuluh/2007/voltus14.jpg


Sepasang robot kembar yang di design dengan konsep kuantitas melebihi kualitas. Boazanian berpikir, bahwa Voltus V hanya bisa membentuk senjata andalannya super elektromagnetik ball sekali saja, sehingga 2 powerful robot sulit bagi Voltus V untuk mengantisipasinya.


5. Godor


http://i28.photobucket.com/albums/c231/lapanpuluh/2007/voltus15.jpg


Merupakan monster yang kuat dan tangguh diantara yang lainnya, lawan terakhir Voltus V ini adalah dewa penjaga Boazanian. Prince Heinell berhasil mengaktifkan Godor menjadi robot raksasa dengan senjata api hijau dari mulutnya (untung bukan kolor hijau.. Heheheee..), serta sebuah pedang.

Monster robot-robot lainnya, yaitu Bonzarus, Gardo, Neegu, Gaida, Daineegu, Baddo Heir, Karakaras, Gargo, Gondam, Bombos, Namazungo, Gamenza, Kanigan, Gonguru, Kuragenyara, Garuman (abangnya Garuda ;p), Jarugard, Suneiza, Gokiiru, Tobiurago, Sazaras, Zemingo, Garus, Okezenia (ini apanya okezone, ya?), Toribaga, Ekkado.

Selain drama dramatis yang terjadi pada Dr. Mitsuyo, team Voltus V juga harus kehilangan Dr. Hamaguchi yang terbunuh oleh monster Kuragenyara ketika mencoba menyelamatkan Voltus V. Dr. Hamaguchi digantikan posisinya oleh Prof. Sakunji, yang merupakan rekan dan mantan mahasiswa Dr. Hamaguchi.


Drama Yang Tersirat

http://farm1.static.flickr.com/44/113301797_bd933bd5cf.jpg

Solar Bird


Prof. Dr. Gou Kentaro, sang pencipta Voltus V, pada episode awal, tidak jelas dimana keberadaannya. Bahkan diceritakan, dia sudah meninggal dan dikuburkan. Baru kemudian ketahuan, Dr. Gou ternyata dikejar-kejar oleh pasukan Boazanian karena melarikan diri dari planet Boazania bersama temannya, Jendral Dange.

Dalam pelariannya, sebelum sempat bertemu dengan anak-anaknya dan team Voltus V lainnya, ia tercebur ke dalam lautan, dan tidak ditemukan dimana keberadaannya. Jendral Dange yang memotong tanduknya sendiri ini, sempat membantu membuat Choudenji Ball dengan menanam Ultra Magucon di punggung robot Voltus V, serta menceritakan tentang sejarah La Gour.




Jendral Dange & Jendral Doir

Dan pada episode selanjutnya, gimana ceritanya, tahu-tahu Dr. Ghou sudah membuat tempat perlindungan lagi di pegunungan Alpen, dan menciptakan pesawat baru, Solar Bird bersama teman dekatnya Jendral Doir. Pesawat ini berkemampuan untuk melindungi robot Voltus V, bahkan hebatnya lagi mampu membawa markas besar Big Falcon terbang bersamanya untuk menyerang planet Boazania.

Setelah Jendral Ozlack yang dikirim untuk membantu Prince Heinell mengalami kekalahan, pada kubu Boazanian juga terdapat bibit perpecahan serta pengkhianatan. Hal ini memberi ruang bagi pasukan Voltus V. Ada Zuhl yang berkali-kali berencana untuk membunuh Prince Heinell. Ada pula Jendral Gururu yang berkonspirasi dengan Duke Zaki, juga menginginkan posisi Prince Heinell.




Kaisar Zu Zanbajir, Duke Zaki, Jendral Gururu, & Jendral Ozlack



Di planet Boazania sendiri, sedang terjadi pergolakan dan pemberontakan oleh para budak yang tidak bertanduk. Jadi dalam hal ini, sesungguhnya bangsa Boazanian sendiri rapuh.

Dan yang lebih mengejutkan lagi, Prince Heinell juga mempunyai aib, karena dia adalah anak seorang pengkhianat yang bernama La Gour. Aib itu sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang iri padanya, dan ingin menguasai kedudukan yang dimilikinya.



Rosalia


Parahnya, Prince Heinell tidak tahu, bahwa La Gour itu tak lain dan tak bukan adalah Dr. Kentaro Gou. La Gour sebelum dijungkirkan sebagai pangeran Boazanian, pernah menikah dengan wanita Boazanian bernama Rosalia yang meninggal ketika melahirkan anaknya.




Sky Rook


Semuanya baru terungkap pada episode ke-40 (The End) dari seri ini. Jadi, Prince Heinell sebenarnya adalah kakak tiri seayah dari tiga bersaudara Gou, awak Voltus V, yang notabene ialah musuh bebuyutannya selama ini.

Bagitulah ceritanya.. Ternyata pada cerita monster robot, terdapat kisah opera sabunnya juga.. (jadi pengen mandi.. Heheheee).


Masa Kejayaan Voltus V

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwIqMAYWwGDeVWfep78XF0oFh88X2T4JFHQZ4rwwRPomP99Cm9YVK1v5m8Lnizork3BgwKn9DB8M26_pXYoZGyPQNT_-hzxSXXx8GV9YefvpXn8omq6bladNkMQcFyXhbIgVY8Z7TwQu8/s400/VOLTtall.jpg

Asli, kalau dibandingkan dengan film anime yang ada di zaman sekarang, kebanting banget Voltus V jadinya. Coba dech, iseng-iseng ditonton lagi film kartunnya, dijamin bakal geli sendiri melihatnya. Semua masih serba sederhana, animasinya kurang bagus, musiknya rada norak, ceritanya juga mudah ketebak.. Hueheheee..

Tapi, di era akhir 70-an, film ini mengalami masa kejayaan. Fenomenal dan mengagumkan bagi para penontonnya yang semuanya adalah anak-anak. Siapa yang gak suka sama Voltus V kala itu? Sampe-sampe kalau lagi nonton film ini, mulut pada nganga semuanya sangking kagumnya.. Hueheheee..





Ciri khas kartun ini, masih tetap diterapkan di masa sekarang. Di dramatisir dengan gambar-gambar close up dan efek-efek ala anime Jepang umumnya. Hal itu mungkin yang mampu menyihir dan memukau anak-anak disaat menonton film ini, meski gampang ketebak jalan ceritanya. Tapi, yang namanya anak-anak, mana peduli sama cerita, yang penting robotnya keren dan jago berantemnya.. TENKUU KEN !!!

Serial ini hanya diproduksi sebanyak 40 episode, yang rencananya 52 episode. Entah kenapa tidak dilanjutkan lagi, padahal Voltus V saat itu sedang hangat-hangatnya, kalah hangatnya sama pisang goreng bang Mamat!

Di Filipina kabarnya film ini sempat dihentikan penayangannya di televisi atas perintah penguasanya saat itu, Presiden Marcos. Terlalu banyak kekerasan katanya. Memang kalau dipikir-pikir gak salah juga tuch presiden. Lihat aja gaya Voltus V saat melakukan aksi pedang TENKUU KEN !!! Sadis banget khan "V Cutting" yang dilakukannya? Kebelah 2 menjadi bentuk V. Memang sich cuma robot, tapi tetep aja berasa aroma darahnya (enakan aroma sate ayam dech kayaknya.. Mhhh..).


Tapi, Filipina masih beruntung anak-anaknya saat itu masih bisa nonton Voltus V, meski akhirnya dihentikan, setidaknya sempatlah melihat sedikit aksi-aksinya. Di Indonesia? Tidak diputar sama sekali coy!

Namun, itulah kehebatan Voltus V, mampu menjangkiti wabahnya ke anak-anak Indonesia. Mainannya pun tak kalah heboh, laris manis di pasaran. Belum lagi kaosnya, yang kalau dipake, pasti serasa Voltus V beneran dech pokoknya! Ceritanya pun gak pernah habis-habisnya dibahas, baik di rumah, sekolah, tempat les, sampe saat nonton filmnya sekalipun, pasti ada aja yang sok tau jalan ceritanya, sampe-sampe pake acara diperagain pula gayanya.. Huahahaaa..

Sanggar cerita sebagai salah satu media cassete sandiwara yang populer kala itu, tidak mau ketinggalan untuk membuat cerita Voltus V dengan versinya sendiri. Sampai-sampai lagu Voltus V pun digubah syairnya.

Demi mengenang masa-masa kejayaan Voltus V, mari kita lantunkan tembang nostalgia pembukaan dari film Voltus V bersama-sama.. 1.. 2.. 3..


Voltus Lima sahabat kita semua
Lima pemuda yang gagah perkasa
Sangat digemari anak-anak semua
Dengan robot tempur terhebat Voltus Lima

Berlima bersatu tekadkan jiwa
Pertahankan bumi persada
Semangatkan gelora

Pertahankan Kuserahkan
Tegakkan keadilan
Lenyapkanlah kejahatan
Untuk slamanya..

Voltus Lima
Voltus Lima
Jaya Selamanya..

"LET'S.. !!!"
"VOLT.. IN.. !!!"
(artinya : Awas! Tegangan tinggi!)




Mp3 Lagu "Voltus V - Opening" :
Klik Disini

Mp3 Lagu "Voltus V - Ending" :




Sumber : Wikipedia©, lapanpuluhan.blogspot.com, members.tripod.com, eduardjoseph.multiply.com, ftp.animanga.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 komentar:

  1. penyajian nya lucu...asli kocak
    gw baru setelah kerja bisa nonton tuntas film ini :)

    BalasHapus
  2. @Anonim huahahahaaaa.. iya nich.. film kartun satu ini mjd kenangan maniez di masa kecil dulu.. slmt bernostalgia ;)

    BalasHapus

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia