Pages

Subscribe:

Sabtu, 23 Oktober 2010

Komet Yang Tampak Menyelam Menuju Matahari


http://berkeley.edu/news/media/releases/2010/05/images/comet325.jpg

Sebuah komet yang baru saja ditemukan oleh pemburu komet asal China, Bo Zhou, pada tanggal 19 Oktober 2010 lalu, dalam citra yang diambil coronagraph SOHO, tampak sedang menyelam menuju Matahari.


Sundiving Comet, itulah julukan untuk komet yang bergerak menuju Matahari ini. Artinya dia akan bergerak dan menabrakan ( “menyemplungkan” ) dirinya ke Matahari. Ups! Dan tampaknya jika ini terjadi, komet ini tidak akan bisa selamat dan berbuat apa-apa (pastinya).

Inilah yang terjadi dengan komet yang ditemukan Bo Zhou. Ia terlihat sedang menuju Matahari. Saat ini, si komet memang masih redup, namun segera ia akan semakin cerlang kala ia mengalami pemanasan dari Matahari.


Komet yang sedang menuju kematiannya. kredit : SOHO



Komet SOHO-1932 yang semakin mendekati Matahari. kredit : SOHO

Saat pertama kali ditemukan, obyek es ini hanya memiliki kecerlangan 1 magnitudo, yang setara dengan kecerlangan bintang di langit malam. Dan kini, ia sudah meningkatkan kecerlangannya sampai dengan -3 magnitudo atau hampir mirip dengan cerlangnya Venus di langit malam.

Komet yang dinamai SOHO-1932 ini, diyakini berasal dari keluarga komet Kreutz yang mengikuti Matahari, atau kata populernya sungrazer yang bisa diartikan dikendalikan oleh Matahari. Komet dalam kelompok Kreutz ini merupakan pecahan komet raksasa sekitar 2000 tahun lalu.


Animasi pergerakan komet SOHO-1932 yang sedang menuju jarak terdekatnya
dengan Matahari sekaligus menjelang masa akhir keberadaannya. Kredit : SOHO




Animasi komet SOHO 1932 yang dibuat dengan instrumen LASCO 2. Tampak komet SOHO 1932 sedang mengarah ke Matahari dan mengalami penguapan. Kredit : SOHO

Beberapa pecahannya, diperkirakan melintas dekat Matahari, dan hancur setiap hari. Kebanyakan pecahan itu sedemikian kecilnya, namun sesekali ada pecahan yang cukup besar, seperti SOHO-1932, yang kemudian menarik perhatian pengamat.

Komet SOHO-1932 ini, bergerak menuju jarak terdekatnya dengan Matahari. Oleh karena terlalu dekatnya ia dengan bintang yang bernama Matahari, ia akan segera menguap dan hancur tak berbekas sama sekali.


Untuk melihat pergerakan komet tersebut, silahkan dinikmati pada cuplikan foto dan animasi yang ada pada artikel ini. (",)v




Sumber : langitselatan.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia