Pages

Subscribe:

Senin, 04 Oktober 2010

10 Fakta Diketahui Perihal Seputar Mimpi

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgAekznetf1KampIvyMgbUS2-gpHc9KbBU-x-tRqaLUhfJn1k99M6JFPgfDK4-pJPAnbP1PZsC4qYbGKU7w5wPzaRm5xWUJY4WKgaR1Li0EpFJmpDpDotCge-v672T6YzOyXLQR1506i1_y/s1600/mimpi.jpg

Mimpi sering dikenal dengan istilah bunga tidur. Yaitu pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya sewaktu tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).

Biasanya, pengalaman dalam mimpi, dikaitkan dengan tafsir mimpi yang dipercaya oleh sebagian orang, berhubungan dengan dunia nyata. Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa, serta memiliki berjuta keanehan.

Ingin tahu fakta-fakta yang diketahui perihal seputar mimpi? Berikut ulasannya dibawah ini :


1. Orang Buta Juga Bermimpi

Orang yg terlahir buta, dalam mimpinya memang tidak melihat “gambar-gambar”, tapi mereka bermimpi tentang suara, sentuhan, dan emosi yg mereka rasakan.

Memang sulit bagi orang normal untuk bisa memahami, tapi “keinginan” tubuh untuk tidur dan bermimpi sedemikian kuatnya, sehingga bisa mengatasi segala macam hambatan fisik manusia.


2. Akan Lupa 90% Dari Mimpi

Sekitar 5 menit setelah kamu terbangun, kamu akan segera melupakan 50% dari mimpimu, 10 menit kemudian menjadi 90% “jalan cerita” mimpimu akan terlupakan.

Penulis puisi terkenal Samuel Taylor Coleridge pada suatu waktu terbangun, setelah mendapatkan mimpi yg indah, dia lalu segera menuliskannya di kertas untuk menggambarkan mimpinya tadi, setelah menulis 54 baris tiba-tiba ada orang yg datang kerumahnya.

Setelah urusan dengan orang itu selesai, Samuel bermaksud menyelesaikan puisinya tadi, namun dia tidak berhasil mengingat lagi mimpinya. Puisinya itu tidak pernah selesai.

Puisi yang tidak pernah terselesaikan itu berjudul “Kubla Khan”, dan menjadi salah satu puisi paling terkenal di Inggris. Robert Louis Stevenson, penulis buku Doctor Jeckyll and Mr. Hyde, dan Mary Shelley’s Frankenstein, mendapatkan ide dari mimpi yang mereka alami.


3. Semua Orang Bermimpi

Semua orang bermimpi (kecuali pada beberapa kasus penyakit jiwa parah), tapi laki-laki dan perempuan mimpinya berbeda, dan beda pula reaksi fisiknya. Cowo cenderung bermimpi tentang cowo lain, sedangkan cewe mimpinya cenderung berimbang mimpi soal cowo atau cewe lain.


4. Mimpi Mencegah Gangguan Emosi

Pada penelitian mengenai tidur, percobaan pada orang yg dibangunkan saat awal mimpi, tapi tetap diperbolehkan tidur 8 jam sehari, setelah 3 hari menjadi kehilangan konsentrasi, gampang marah, halusinasi, dan tanda-tanda gangguan emosi lainnya. Jadi, kamu jangan keseringan begadang, bisa sakit jiwa lama-kelamaan.


5. Rangsangan Dari Luar Mempengaruhi Mimpi

Disebut “Dream Incorporation” dan kamu pasti udah pernah mengalami ini. Pernah mimpi gini, kita rasanya haus banget, terus kita minum sebotol air, tapi sebentar kemudian rasanya haus lagi, minum lagi, haus lagi, begitu seterusnya berulang-berulang. Akhirnya, saat kita bangun, kita baru sadar kalo kita emang lagi kehausan. Contoh yg lain adalah saat kita mimpi kebelet pipis atau beol.


6. Saat Bermimpi Tubuh Akan Lumpuh

Hal ini terjadi untuk mencegah supaya tubuh kita tidak bergerak-gerak mengikuti “alur cerita” mimpi kita. Banyangin aja kalau kamu mimpi dikejar massa, kalau kaki kamu tidak lumpuh, bisa-bisa kamu lari keluar rumah dan dikirain maling beneran sama satpam.

Ada hormon yang dihasilkan saat kita tidur, yang membuat saraf mengirimkan pesan ke tulang belakang, menyebabkan tubuh kita menjadi rileks dan lama-kelamaan lumpuh.


7. Hanya Memimpikan Apa Yang Diketahui

Seringkali kita bermimpi berada di tempat yang asing dan ketemu dengan orang-orang yang tidak kita kenal. Tapi sebenernya otak kita tidak asal menciptakan itu, sebenernya semua itu sudah pernah kita lihat, cuma kita sendiri tidak mampu untuk mengingatnya kembali.

Mungkin kamu pernah mimpi dikejar-kejar orang asing pakai golok yang mau bacok kamu, tapi mungkin saja itu dalam kehidupan nyata orang itu adalah temen bokap kamu yang ketemu di mall waktu kamu masih berumur 5 tahun?

Sepanjang hidup kita, sudah pernah melihat ratusan ribu wajah dan tempat, para ahli percaya kalo memori otak kita mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa untuk merekam itu semua, jadi otak tidak akan pernah kehabisan “aktor dan setting” yang akan di replay ke dalam mimpi kita.


8. Mimpi Itu Tidak Seperti Apa Yang Terlihat

Apa yang kita lihat dalam mimpi, sebenernya merupakan simbolisasi dari hal lain. Otak kita kreatif sekali disaat kita tidur, dia akan menggali database memori kita sedemikan dalamnya, sampai sering kita sendiri takjub dengan mimpi aneh kita.

Padahal semua sumbernya dari semua yang sudah pernah kita alami sebelumnya. Bagaikan puisi, mimpi itu merupakan penggambaran simbolisasi yang sangat dalam. Itulah sebab mengapa banyak orang yg tertarik dengan buku tafsir mimpi.


9. Tidak Semua Orang Mimpinya Berwarna

Menurut penelitian 12% orang normal mimpinya selalu hitam-putih, selebihnya mimpi bisa full color (seperti nonton bioskop).


10. Cenderung Mengalami Mimpi Dengan “Tema” Yang Sama

Kita biasanya mengalami mimpi yang cenderung sama dengan tema cerita umum, yaitu :

* Mimpi di sekolah
* Mimpi dikejar-kejar (ceritanya jadi maling )
* Mimpi lari dalam gerak lambat ato lari tapi gak maju-maju (padahal ada kereta api mau lewat)
* Mimpi basah (mimpi paling aduhai)
* Mimpi datang telat (biasanya kalo musim ujian)
* Mimpi bisa terbang seperti Superman
* Mimpi jatuh
* Mimpi gigi copot
* Mimpi tidak lulus ujian
* Mimpi kecelakaan
* Mimpi ketemu orang yg udah mati
* Dan lain-lain


Info tambahan :

* Saat kamu ngorok, kamu tidak sedang bermimpi.

* Kalau kamu terbangun pada saat fase tidur mencapai tahap REM (Randon Eye Movement), seringkali mimpi kamu akan terasa lebih nyata, daripada kalau kamu bangun setelah tidur pulas semalaman.

* Bayi tidak bermimpi mengenai dirinya sampai sekitar umur 3 tahun. Tapi, sejak umur 3 sampai 8 tahun, mereka akan mendapatkan mimpi buruk yang jauh lebih sering, daripada orang dewasa. Itu menjadi jawaban dari kenapa anak kecil sering menangis sesaat setelah terbangun dari tidurnya.


Demikian 10 Fakta yang perlu diketahui perihal seputar mimpi, dan memang di dalam mimpi, berjuta keanehan setelah mengalaminya pasti akan timbul. Namun, kenyataan hidup itu bukanlah mimpi, jadikan mimpi sesuatu yang menghiasi hidup kita. (",)v




Sumber : argakencana.blogspot.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia