Pages

Subscribe:

Sabtu, 04 September 2010

Lapar Mampu Membuat Orang Tetap Terjaga


http://3.bp.blogspot.com/_Bq75Z75W5VI/TBzuz_ntCSI/AAAAAAAAAL4/qkcICVFx5iE/s1600/Mengapa+Anda+Masih+Lapar+Walaupun+Sudah+Makan.jpg

Perut lapar
merupakan cara ampuh untuk tidak dapat tidur bagi seseorang. Hal ini bisa dibuktikan secara ilmiah. Lalu apa penyebabnya?


Ilmuwan menemukan, jika orang tetap ingin bekerja, meski dalam kondisi lelah, maka perut yang lapar akan membantunya tetap terjaga. Sebaliknya, perut yang kenyang akan membuat orang mudah tertidur.

Hasil penelitian yang dilaporkan ini masih dalam bentuk hewan percobaan, yaitu menggunakan lalat buah. Hal ini dikarenakan secara genetik lalat buah memiliki kepekaan terhadap kondisi kurang tidur.

Peneliti melihat, bahwa salah satu cara untuk memberikan energi tambahan pada pikiran yang lelah adalah melalui rasa lapar. Terbukti pada lalat buah yang letih dan tidak diberi makan, mampu tetap terjaga dan hidup lebih lama, dibandingkan dengan lalat yang diberi makan.

Hasil ini dilaporkan dalam jurnal PLoS Biology. Lalat-lalat yang tidak makan atau berada dalam kondisi lapar bisa tetap terjaga selama 28 jam, hal ini berarti 3 kali lebih lama dibandingkan dengan lalat yang sudah makan.

"Secara perspektif evolusi dan kehidupan, hasil penelitian ini masuk akal," ujar Matt Thimgan, seorang peneliti dari Washington University, seperti dikutip dari AOLHealth, Jumat (3/9/2010).

Lalu apa sebabnya orang lapar tetap terjaga?

Hasil penelitian menemukan ketika seseorang sedang lapar, maka ia akan memiliki adrenalin lebih yang akan memberinya semangat atau energi untuk mencari makanan. Hal inilah yang membuat seseorang bisa tetap terjaga meski dalam kondisi lapar.


Meski demikian, temuan ini tidak menjadi alasan bagi masyarakat untuk terus menerus menahan lapar agar bisa tetap terjaga. Karena kondisi tubuh yang kekurangan makan dan tidur bisa membahayakan kesehatan orang tersebut. (",)v




Sumber : health.detik.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 komentar:

  1. iya boz.. curi-curi ngeshootnya waktu itu, pas doi lagi kelaperan.. ;p

    BalasHapus

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”