Pages

Subscribe:

Kamis, 30 September 2010

Diabetes Bisa Dipicu Oleh Polusi Udara


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhymsdYG05XGniXKj5xD-qBzXx-Flm7PXDi_cSGUqbsU4Yat7Oqak3Omgb4TlTc0fYAXOxy_wG4cx4RgEF5ooduXpShu2c9FAiMEp2Mj4WvB_SHoPNynyJ41pCjrKFGK7BaGE_dVHvies8/s1600/polusi.jpg

Diabetes tipe 2 selama ini disebabkan oleh gaya hidup dan kalori yang berlebihan dalam tubuh. Tidak hanya itu, penyakit ini pun dapat dipicu oleh faktor tambahan lain, yaitu polusi udara. Mengapa dengan polusi udara?

Penjelasan dari ilmuwan di Children's Hospital, Boston yang akan diterbitkan dalam Diabetes Care edisi Oktober. Jika partikel dari polusi udara terlalu banyak yang masuk dalam tubuh, maka tubuh akan mengalami peradangan.

Peradangan inilah yang akan mengganggu kinerja insulin, karena kerja insulin terganggu akan terjadi resistensi (penolakan) insulin dalam tubuh yang membuat orang terkena diabetes.

Temuan ini sejalan dengan penelitian laboratorium sebelumnya yang menemukan, bahwa resistensi insulin meningkat pada tikus yang terkena partikel polusi di udara dan juga terjadi peningkatan tanda peradangan yang dapat berkontribusi pada resistensi insulin.

Pada studi terbaru, peneliti memfokuskan pada partikel halus yang berukuran 0,1-2,5 nanometer atau dikenal sebagai PM2.5, yang komponen utamanya terdapat pada kabut dan asap knalpot dari kendaraan bermotor. Hasilnya, untuk setiap peningkatan 10 g/m3 dalam eksposur PM2.5, ada peningkatan 1 persen prevalensi diabetes.

"Selain penelitian di laboratorium, kami juga menggabungkan data dari Environmental Protection Agency (EPA) dengan data dari Centers for Disease Control (CDC) dan sensus AS untuk memastikan prevalensi diabetes orang dewasa," jelas John Brownstein, PhD dari Children's Hospital Informatika Program, seperti dilansir dari Medindia, Kamis (30/9/2010).

Menurut Brownstein, dengan faktor risiko diabetes yang telah diketahui, seperti obesitas, lintang geografis, etnisitas, dan kepadatan penduduk (ukuran urbanisasi), maka polusi udara bisa menjadi salah satu memicu perkembangan penyakit diabetes.

"Banyak faktor lingkungan yang dapat berkontribusi terhadap epidemi diabetes di seluruh dunia. Selain kelebihan kalori, polusi bisa menjadi faktor tambahan," catatan Allison Goldfine, MD, kepala penelitian klinis di Joslin Diabetes Center.


Bahaya juga ternyata dampak dari polusi udara ini. Banyak sekali merugikan lingkungan kehidupan di dunia. (",)v




Sumber : health.detik.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia