Pages

Subscribe:

Minggu, 05 September 2010

Emas Terkandung Pada Air Laut

http://www.strategydesk.co.id/content/repos/images/2010/07/Gold_2_1.jpg

Siapa yang pernah menyangka, bahwa air laut mengandung hampir semua unsur termasuk logam mulia. Logam yang dikenal dengan nama emas ini, seringkali dicari-cari manusia di seluruh dunia, karena bernilai yang sangat tinggi.

Berapa banyakkah emas yang terkandung di dalam air laut? Menurut para ahli, konsentrasi emas di dalam air laut adalah 0,00005 bpj (bagian per juta). Satu bpj dalam hal ini, yaitu 1 miligram benda padat yang larut dalam 1 liter air.

Artinya jika konsentrasi emas di dalam air laut adalah sebesar 0,00005 bpj, di dalam setiap 1 liter air laut, terdapat 0,00005 mg emas. Sepintas tampak sedikit memang, namun mari sekarang kita hitung berapa emas yang terkandung di dalam 1 km³ (kilometer kubik) air laut :

1 km³ = 1.000.000.000.000 liter atau 10 pangkat 12 liter, jadi di dalam satu kilometer kubik air laut terdapat :

10 pangkat 12 liter x 0,00005 mg : 1 liter x 1 gram : 1000 mg = 50.000 gram emas atau senilai 50 kg emas.

Jika harga emas sekarang kira-kira adalah Rp300.000,- per gram, maka 50 kilogram emas adalah 15 milyar rupiah. Sebuah jumlah rupiah yang fantastis tentunya. Itu baru nilai rupiah dari emas yang terkandung dalam 1 kilometer kubik air laut, padahal di planet tercinta kita ini, terdapat kira-kira 1,3 milyar kilometer kubik air laut.

Bisa dibayangkan, berapa besar nilai dari emas yang terkandung di dalam air laut di planet bumi ini.

Lalu, mengapa kita tidak ramai-ramai mendulang untuk mengekstrasi emas dari air laut tersebut? Itu dia masalahnya, karena sampai detik ini, belum ada teknologi yang mampu dalam segi ekonomi untuk mengekstraksi emas dari air laut.

Peralatan, pekerja, dan energi yang dibutuhkan untuk mengekstrasi emas dari air laut, dengan teknologi yang ada sekarang, ternyata jauh lebih mahal dibandingkan nilai emas yang dihasilkan itu sendiri. Jadi, tidak ada gunanya secara ekonomi.


Kalau saja, teknologi yang ada sekarang mampu untuk mengekstraksi emas yang terkandung pada air laut, maka bisa dibayangkan betapa besar manfaat ekonomi yang di dapat. (",)v




Sumber : jelajahunik.blogspot.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia