Pages

Subscribe:

Kamis, 26 Agustus 2010

Tangkaplah Ayam Dari Sampingnya


http://home.planet.nl/~stev7596/images/Cemani1.jpg

Mata di samping memang bisa memberi ruang pandang yang lebih luas pada pemiliknya, dengan demikian tidak perlu repot-repot menoleh ke kiri dan ke kanan lagi untuk melihat sekitarnya.


Kuda contohnya, memiliki sudut pandang sekitar 150 derajat, sehingga untuk melihat tubuhnya, kuda masih harus menoleh. Akan tetapi, sudut pandang itu lebih lebar dibandingkan milik manusia, yang hanya 120 derajat.

http://alifmytheav.student.umm.ac.id/files/2010/07/on-the-run.jpg

Pernah menangkap kelinci? Dengan cara mengendap-endap, kamu mengikuti gerak-gerik si kelinci. Anehnya "Mr. Playboy" ini tahu kalau sedang di ikuti, dengan sigap ia pun langsung lari ngacir guna menjauh.

Apakah kelinci punya radar di punggungnya? Ternyata, berdasarkan penelitian, satu mata kelinci memiliki sudut pandang sekitar 180 derajat lebih sedikit, lebih baik dari kuda rupanya. Berarti, dengan kedua matanya, kelinci mampu melihat sekeliling tempat ia berada tanpa harus berpaling.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtNvZY7vCvxvM-s-TbLXSICKfVlb4Umz-4bazQ8zy0XBGc6ZgxRC6vfmi-xE8_dQwujcb4XrkyrOGNMTvDt0H7-iuJ9bQWNWb_9uGluLU5fz9u5SCbVYl_jyzsXOH6n_IYMujFu_ydtyU/s1600/kelinci.jpg

Lalu, bagaimana harus menerobos radar mata seperti itu? Ternyata mudah saja. Kamu harus meniru gaya lalat yang bisa hinggap di hidung kelinci tanpa ketahuan. Kuncinya, justru mengendap-endap dari depan. Koq malah aneh, yach?

Begitulah, meski dapat melihat sekelilingnya, tapi karena letak mata berada di sisi kiri dan kanan kepala, kelinci malah tidak bisa melihat hidungnya. Melalui jalur hidung inilah lalat bisa berkelit dari pandangan mata si kelinci.

http://kisahfiktif.files.wordpress.com/2010/07/chicken-suit.jpg

Walau demikian, mata disamping kalau tidak ditunjang dengan koordinasi penglihatan yang lengkap, maka akan sia-sia belaka. Sebabnya, mata bertugas memantau dan mengirim data ke otak.

Jika kedua mata tidak bisa bekerja sama dengan baik, terpaksa otak mengolah data yang dikirim oleh mata secara terpisah. Inilah yang menimpa nasib si ayam, meski matanya di samping, karena koordinasi penglihatan jelek, ayam hanya bisa memanfaatkan satu matanya sekali pandang saja.


Jadi, jika kamu ingin berniat menangkap ayam, tangkaplah dari salah satu sisi sampingnya, dijamin kamu sukses dengan gemilang. Tapi ingat, kamu harus berhati-hati sama yang punya ayam, yach?! (",)\m/




Sumber : apakabardunia.com, artikelpintar.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia