Pages

Subscribe:

Senin, 30 Agustus 2010

Negara-Negara Tanpa Pasukan Militer

http://www.eramuslim.com/fckfiles/image/analisa/astroop.jpg

Biasanya di dalam sebuah negara yang berdaulat, terdapat pasukan-pasukan militer yang berguna untuk menjaga kedaulatan negara terhadap ancaman-ancaman dari pihak-pihak yang tidak di inginkan. Akan tetapi, ternyata ada negara-negara yang tidak memiliki pasukan militer. Apa saja negara-negara tersebut?


Solomon Island

http://www.almanach.be/search/s/solomon%20islands%20flag.gif

Kepulauan solomon, yang mengejutkan, tidak terdiri dari beberapa pulau, tetapi mereka total dalam ribuan. Kepulauan solomon mampu membentuk pemerintahan yang stabil, sampai sekitar tahun 1998. Selama 1998-2006, negara ini dipenuhi dengan kesalahan dalam pemerintahan, kejahatan, dan konflik etnis. Untuk berhasil mengatasi masalah-masalahnya, Selandia Baru dan Australia, campur tangan untuk memulihkan perdamaian disana.

Siapakah pelindungnya ?

Tidak ada set pelindung di Kepulauan Solomon, namun negara ini telah membayar Australia atas unsur-unsur tertentu untuk pertahanan. Jika suatu saat terjadi perang, Australia mungkin akan menjadi negara pertama yang menawarkan pembelaan.


Costa Rica

http://www.costarica.fm/images/costa_rica_flag.gif

Walaupun pernah memiliki militer. Costa Rica tetap menjadi salah satu dari banyak negara tanpa tentara formal. Pada tanggal 1 desember 1948, José Ferrer Figueres, presiden saat itu, menandatangani undang-undang yang akan menghapuskan militer, setelah perang saudara fatal di Costa Rica yang menewaskan hampir 2.000 orang.

Siapakah pelindungnya ?

Berkat perjanjian bantuan timbal balik inter-amerika tahun 1947, jika negara manapun menyerang atau menyatakan perang dgn Costa Rica, negara ini dapat bergantung pada 21 negara lain termasuk Amerika Serikat, Chili, dan Cuba untuk menyediakan beberapa jenis kekuatan militer demi pertahanannya.


Samoa

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:4z4z0_TolQqwDM:http://www.33ff.com/flags/XL_flags/Samoa_flag.gif&t=1

Samoa tidak memiliki kekuatan militer yang ditentukan yang dapat digunakan jika diperlukan. Sebaliknya, negara ini harus bergantung pada persahabatan dengan negara-negara lain untuk mencari perlindungan dan pertahanan dalam masa perang. Negeri ini memang memiliki polisi Samoa, tapi tentu saja, hal ini jelas tidak dianggap sebagai kekuatan militer negara.

Siapakah pelindungnya ?

Samoa memiliki perjanjian persahabatan dengan Selandia Baru pada tahun 1962. Dalam hal perang atau invasi asing lainnya, Samoa dapat meminta bantuan militer yang diperlukan kepada Selandia Baru. Namun, perjanjian tersebut menyatakan, bahwa setiap negara dapat menarik perjanjian kapan saja, jika di inginkan.


Palau

http://www.flagid.org/flagfiles/217.gif

Meskipun tidak ada kekuatan militer nasional, Palau memiliki kepolisian yang telah dibuat untuk memberikan perlindungan yang diperlukan warga sipilnya. Tetapi, jika terjadi perang, Palau harus menjangkau bantuan dari negara-negara lain untuk menyediakan semacam sistem pertahanan.

Siapakah pelindungnya ?

Berdiri sebagai asosiasi negara, Palau akan dilindungi oleh Amerika Serikat, jika negara ini diserang negara lain atau jika memutuskan untuk perang dengan Palau. Hal ini disebabkan, karena perjanjian asosiasi free 1983, yang pada dasarnya membuat protektorat Amerika Serikat terhadap Palau.


Andorra

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/19/Flag_of_Andorra.svg/200px-Flag_of_Andorra.svg.png

Meskipun tidak memiliki tentara yang terorganisir, negara kecil Andorra cukup berani untuk menyatakan perang terhadap Jerman pada 1914, dan bergabung dengan apa yang disebut great war.

Pada tahun 1931, kelompok tentara digantikan oleh polisi nasional Andorra. Kelompok ini terdiri dari sekitar 240 pria, diciptakan untuk membantu menjaga perdamaian. Bergabung dengan kepolisian sangatlah penting, bagi seorang pria yang menggunakan pistol.

Siapakah pelindungnya ?

Perancis dan Spanyol telah berkomitmen untuk menjadi penjaga militer negara itu 181 mil persegi karena lokasinya (daratan). Bahkan, pada tahun 1933, butuh kekuatan militer dari Perancis untuk membantu menyelesaikan kerusuhan sipil di negara ini. Selain kedua negara tadi, pasukan NATO juga bisa mengambil bagian dalam perlindungan negara jika diperlukan.


Marshall Island

http://www.senojflags.com/images/national-flags/Marshall-Islands-Flag.gif

Di bawah compact of free association pada tahun 1983, Kepulauan Marshall diberikan status negara berdaulat. Yang terlibat dalam pakta ini, Federasi Mikronesia dan Palau.

Berdasarkan perjanjian ini, ketiga negara akan bebas, tetapi akan berdiri sebagai negara yang terkait ke Amerika Serikat. Ini berarti, bahwa Amerika Serikat akan menjadi protektorat, dan Kepulauan Marshall tidak akan memiliki kekuatan militer reguler, atau tanggung jawab negara untuk pertahanan selama masa perang.

Siapakah pelindungnya ?

Karena Kepulauan Marshall dianggap terkait dengan negara bagian Amerika Serikat, ia bertanggung jawab penuh untuk pertahanan dan keamanan nasional. Jika pulau-pulau tersebut diserang, Amerika Serikat harus menyediakan dukungan militer yang diperlukan untuk membantu dalam perang.


Vatican

http://www.senojflags.com/images/national-flags/Vatican-City-Flag.gif

Disebut negara terkecil di dunia, Vatikan adalah sebuah negara yang tidak memiliki jure militer, tetapi hal ini tidak selalu terjadi. Di masa lalu, ada banyak kelompok-kelompok militer yang diciptakan untuk melindungi negara dan yang paling penting, Paus. Secara khusus, garda mulia dan garda palatine di sana, tapi Paus Paulus VI menghapuskan dua kelompok itu pada tahun 1970.

Siapakah pelindungnya ?

Garda Swiss, kelompok ini dirancang untuk melindungi Paus dan istana Vatikan. Ada juga gendarmerie, tetapi kelompok ini dianggap sebagai sipil daripada kekuatan militer. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban umum, kontrol lalu lintas, pengawasan perbatasan dan menyelidiki aktivitas kriminal.


Artinya, perang bukanlah hal yang ditakutkan oleh negara-negara tanpa pasukan militer diatas. Terbukti, mereka tidak memilikinya sama sekali. Apa jangan-jangan mereka tidak mampu untuk berperang? Yang jelas, mereka memiliki pelindung-pelindung yang cukup kuat dalam hal ini, apabila terjadi dalam situasi peperangan. (",)v




Sumber : ruangberita.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”