Pages

Subscribe:

Jumat, 20 Agustus 2010

Arti Kata "Hiatus"



Tadi sedang posting artikel, selagi baca-baca di sebuah blog yang saya kunjungi, terdapat kata yang asing menurut saya, yaitu "Hiatus". Penasaran, ngubek-ngubek sana-sini, akhirnya nemu juga di salah satu situs artikulasi dari kata tersebut.

Kata hiatus ternyata sering ditemui dalam suatu blog, baik dalam tulisan atau pun dalam percakapan antar blogger. Kemudian, apa arti dari hiatus itu sendiri?

Hiatus berasal dari bahasa Latin, yang artinya gap. Apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia, setara dengan celah, atau renggangan. Namun, jika dilihat dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), edisi kedua, cetakan ketujuh, terbitan Balai Pustaka (1996), arti gap, yaitu : tiruan bunyi meja yang ditepuk, jantung berdebar; degap. Koq semakin membingungkan, yach? Cape, dech! (Tapi jangan nyerah, tetap semangat!)

Ternyata, memang pengertian hiatus itu berbeda-beda alias tak sama pada setiap penggunaan kata dan kondisinya. Namun, disini kita sepakati saja, apabila kata hiatus itu digunakan dalam dunia blogging, ok!

Menurut wiktionary.org, kata hiatus dalam dunia blogging, yaitu merupakan istilah yang berarti berhenti sejenak dari aktivitas blogging. Nah, menurut wikipedia.org, perngertian dari aktivitas blogging itu sendiri, ialah :

"Bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut."

Jadi, kesimpulannya adalah, bahwa hiatus berarti "berhenti sejenak dari aktivitas blogging, seperti : membuat sebuah blog, memaintainnya, atau menambahkan postingan baru pada blog."


Sekarang dach ngerti khan arti "Hiatus" itu apa? Kalau kamu belum ngerti juga, cari-cari lagi dech informasinya di internet atau media-media lainnya. Dan bagi yang dach ngerti, met berhiatus ria, ya!

(",)v




Sumber : Wikipedia©, Wiktionary©, blog.kenz.or.id, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

6 komentar:

  1. hehe,,,hiatus = berhenti sejenak dari apa yg kita lakukan saat in ya?,oke deh terimakasih

    BalasHapus
  2. Kalo gitu gue mau cobain hiatus pacaran, gajian , ama hiatus ngantor tiap pagi.. Bisa gak ya? *koplak*

    BalasHapus
  3. hiatus bisa di pake buat semua situasi atau situasi tertentu aja ka?

    BalasHapus
  4. min, berarti kalo blogger itu sedang hiatus, yg biasanya nulis,berarti lagi berhenti nulis gitu ya?

    BalasHapus

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia