Pages

Subscribe:

Rabu, 11 Juli 2012

"Pininfarina" Sang Desainer Legendaris Automotif Itu Kini Tutup Usia



Duka sedang bersenandung di dunia automotif saat ini. Sergio Pininfarina, salah satu putra terbaik dan ternama dalam industri desain mobil asal Italia, meninggal dunia dalam usia 85 tahun, Selasa (3/7/2012) malam.

Pria yang terlahir dengan nama Sergio Farina pada 28 September 1926 di Turin ini, oleh Presiden Italia dikemudian hari diganti namanya menjadi Pininfarina pada 1961, meninggalkan istri Giorgia dan dua anak Lorenza dan Paolo dalam kesedihan terdalam. Menyusul putra mahkotanya, Andrea, yang lebih dulu meninggal dunia pada 2008 akibat kecelakaan.

Direktur utama dari rumah desain Pininfarina Group ini, terkenal akan karya-karya desain mobil terbaik di dunia Automotif. Mulai dari proyek desain Alfa Romeo, Chevrolet, Bentley, dan Volvo. Akan tetapi, karya yang sampai hari ini masih melegenda tak ayal adalah Ferrari dan Maserati.

Sebut saja Ferrari Enzo (2002) dan Ferrari Testarossa (1984) yang membuat namanya kian melambung. Terkenal akan lekuk desain sederhana tetapi indah, juga dibekali pada desain Peugeot 406 kupe (1996) dan Maserati Quattroporte (2003).

Banyak pabrik mobil di dunia memakai desainnya pada salah satu atau bahkan untuk beberapa model. Dari Eropa saja, selain Peugeot, tercatat Citroen, Volvo, dan konsep Mercedes-Benz 230L. Raksasa produsen mobil Amerika seperti Ford pun merasakan tarikan garis tangannya melalui model Focus CC serta Cadillac.

Dari Asia, sedikitnya tiga produsen asal Jepang ikut menikmati karya Sergio, seperti Mitsubishi dengan Pajero-nya yang sampai kini menjadi produk andalan dan Colt CZC, serta Datsun dengan Bluebird dan Honda.

Industri mobil Korea Selatan pun tak mau kalah, ikut mencicipi karyanya melalui Hyundai Matrik dan Daewoo Tacuma. Dan terakhir, India, Tata Motors pernah memakai jasanya melalui konsep Tata Prima.

Seluruh direksi dari Pininfarina Group menyatakan belasungkawa terdalam dan menggarisbawahi kesuksesan mendiang Sergio yang berhasil memimpin perusahaan dalam industri automotif dunia. Tradisinya menciptakan karya desain mobil terbaik, menunjukkan standar tertinggi dalam hal inovasi dan keindahan.


Biografi Singkat

Sergio Pininfarina merupakan insinyur lulusan Politeknik Torino pada 1950, dan memulai kariernya di perusahaan keluarga, Carrozzeria Pininfarina. Selang satu dekade (1960), ia menduduki jabatan sebagai General Manager, pada 1961 kariernya terus meningkat menjadi Direktur Pelaksana dan ketika mendiang ayahnya meninggal dunia (1966), ia menjadi pemimpin perusahaan.

Di bawah kepemimpinannya, Pininfarina berhasil dikenal dunia sebagai rumah desain kelas dunia yang menghasilkan karya-karya terbaik. Pada 1961, Presiden Republik Italia, Giovanni Gronchi, mengubah nama Farina menjadi Pininfarina.

Dengan karya terbaiknya, Pininfarina kemudian ditunjuk menjadi Senator seumur hidup, karena kontribusinya yang luar biasa telah berhasil secara gemilang mengharumkan nama negara dalam dunia sosial.

Mati satu tumbuh seribu! Selamat jalan Desainer Legendaris Pininfarina, karya-karyamu akan selalu menjadi legenda di industri automotif dunia sepanjang masa.

(",)v




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia