Pages

Subscribe:

Minggu, 04 Desember 2011

Mengenal Dan Memahami Fenomena Astral Traveler/Projection (Out of Body Experience)

http://4.bp.blogspot.com/_1oFOhqiCoCM/S0qjAltNufI/AAAAAAAAAFI/JyT6MfsN3a8/s400/outofbody.jpg

Mungkin belum banyak orang yang tahu dengan istilah ini. Namun, bagaimana dengan kesurupan? Kalau itu sudah pasti banyak yang tahu. Astral Traveler memang sepintas hampir mirip dengan kesurupan, namun dua hal ini sebenarnya tidaklah sama.

Kesurupan biasanya terjadi karena tubuh seseorang dirasuki oleh roh/makhluk lain, dan saat dirasuki orang tersebut melakukan berbagai hal aneh, seperti menjerit, histeris, dan hal-hal lain yang tidak seperti dirinya.

Lain halnya dengan Astral Traveler/Projection, yang merupakan keluarnya roh seseorang dari tubuhnya yang melakukan perjalanan di alam bawah sadar. Istilah ini dikenal juga dengan Out of Body Experience (OBE).

Sejujurnya, saya baru mengetahui istilah ini, setelah saya kemarin membaca sebuah novel dari seorang novelist tanah air, bernama Zara Zettira ZR. Dimana pada novel terbarunya yang berjudul "loe gue end!" yang diangkat dari kisah catatan harian salah seorang fansnya. Karena penasaran, saya cari artikel tentang ini.

Sungguh begitu banyak misteri di dunia ini yang belum dapat dipecahkan, begitu pula dengan kekuatan supranatural yang dimiliki manusia. Setiap manusia memiliki kekuatan supranatural, hanya saja sedikit yang mampu dan menyadari akan kemampuan tersebut.

Maka dari itu, mari kita mencoba untuk mengenal dan lebih memahami fenomena tentang apa itu Astral Traveler/Projection :


Astral

http://silvamindcontrol.com/wp-content/uploads/2010/04/wp_binaural-beats-meditation-300x277.jpg

Istilah “astral,” begitu sering digunakan oleh semua kaum okultis dan terkait dengan unsur religi agama. Namun, sulit untuk menjelaskan atau mendefinisikannya, kecuali kepada mereka yang telah terbiasa dalam ilmu klenik.

Untuk tujuan dan pertimbangan yang ada saat ini, sudah cukup untuk dikatakan, bahwa di atas pesawat (badan) fisik biasa, ada hal lain yang lebih halus, dan itu dikenal sebagai badan Astral.

Setiap manusia memiliki bawaan dan inheren dalam merasakan hal-hal dari taraf astral ini, dapat dikatakan hal ini ialah sebuah cara perpanjangan atau perluasan dalam menguasai indra biasa. Singkat kata, Astral itu ialah perjalanan menembus ruang dan waktu yang dilakukan oleh manusia.


Astral Traveler/Projection

http://www.brainentrainmentandmore.com/Graphics/astralprojection.jpg

Astral Traveler/Projection atau juga bisa disebut sebagai Meraga Sukma adalah suatu keadaan di mana jiwa/roh kita melakukan perjalanan sendiri ke tempat lain, yang terpisah dari tubuh kita.

Tapi ini bukanlah sebuah mimpi, karena jika ditilik lebih jauh, jiwa kita memang benar-benar berada di tempat lain tersebut dan bisa melakukan suatu aktivitas di
sana.

Kebanyakan orang beranggapan, bahwa Astral Traveler hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai bawaan dari lahir. Siapa bilang? Oleh karena Astral Traveler merupakan sebuah ilmu, dan semua ilmu pasti dapat dipelajari.

Astral Traveler berakar dalam ajaran umum agama-agama yang ada di seluruh dunia yang menceritakan soal akhirat setelah kematian, oleh karena itu terkait dengan pengalaman mendekati kematian, sering dilaporkan sebagai pengalaman spontan dalam hubungan dengan tidur dan impian, penyakit, operasi bedah, pengalaman obat, kelumpuhan tidur dan bentuk meditasi.


http://1.bp.blogspot.com/_RwVTBz1pUX0/TOzXibpgdrI/AAAAAAAAAAw/5s8353eCgh8/s1600/astral_journey.gif


Bahkan sebenarnya Astral Traveler pernah dialami oleh semua manusia tanpa disadari, seperti peristiwa De Javu (serasa mengulang suatu kondisi, hingga terasa pernah melakukan hal yang sama sebelumnya), peristiwa ketindihan (dikatakan kalau hal itu di tindih hantu, tapi itu tidak benar), sensasi jatuh dalam tidur (bangun dengan kaget karena serasa jatuh), dll.

Astral Traveler merupakan suatu proses dimana Badan Astral (Vragel) lepas dari raga kita, dan kita sepenuhnya sadar akan hal itu. Kita akan bisa melihat jalan raya dengan Vragel kita. Dan beberapa orang yang masih hidup juga terlihat di tempat lain pada saat yang sama.

Vragel tidak mempunyai batasan-batsan seperti tubuh fisik kita. Vragel bisa menembus benda pada saat berproyeksi. Kita melihat menggunakan Third eye (mata ketiga), namun dalam beberapa penelitian, kita bahkan menggunakan mata yang lebih hebat dari mata ketiga, yang disebut dengan Compass Eye, yang bisa melihat dengan sudut atau FOV 360 derajat. Kita juga bisa membuka pintu ke dimensi lain, dimana terdapat tujuh dimensi yang ada dalam kehidupan ini.


Dimensi Dalam Kehidupan

http://2.bp.blogspot.com/-kLXZO9Liui8/Tdv4Gk_-rAI/AAAAAAAADjg/eNXeI7zuEPo/s800/Astral%2BTravel%2B1.jpg

1. First Plane (Physical, En., Phospora, Av.)

Inilah tempat kita berada sekarang.


1.1. Hall ( Etheric, En., Carals, Av.)

Ini adalah tempat pertama saat kita keluar. Merupakan gerbang yang menuju dimensi lain. Tapi lebih cocok menyebutnya sebagai lorong. Di kondisi ini, beberapa makhluk dimensi lain juga terlihat.


2. Second Plane (Astral, En., Vrag, Av.)

Tempat ini adalah favorit dari semua makhluk. Semua impian, harapan, dan maksud, menjadi kenyataan. Semua yang ada disini adalah ciptaan kalian. Namun, bukan tidak mungkin makhluk lain juga ada disini. Waktu disini sangat rusak, satu jam disini bisa saja hanya 1 menit di dunia nyata, A.K.A Phospora.


3. Third Plane (Mental, En., Theere, Av.)

Yang ini lebih rusak lagi waktunya. Bisa dirasakan sendiri. Kalau di Vrag rasanya seperti itu. Bagaimana dengan di Theere? Hampir tidak ada bedanya denga astral. Namun disini yang menjadi kenyataan adalah rekaan (Thoughts, En., Firsal, Av.)


4. Fourth Plane (Buddhic, En., Cresteal, Av.)

Tempat dimana kedamaian dan cinta bersemi. Karena adanya dua hal tersebut. Manusia yang telah mencapai dimensi ini, tidak ingin kembali.


5. Fifth Plane (Spiritual, En., Sono, Av.)

Belum adanya manusia yang kesini, sehingga membuktikan disini adalah tempat yang bisa jadi sangat mengerikan/Indah?. Tidak ada rincian yang pasti akan tempat ini.


6. Sixth Plane (Monadic, En., Clustian, Av.)

Di tempat ini SEMUA ADALAH BAGIAN DARI SEMUA (Time And Space storyline, En., Clust Te Ross Sevres, Av.). Dikatakan, bahwa paradox yang sangat besar dijadikan satu.


7. Seventh Plane (Adi, En., Alcyne, Av.)

Dimensi ini diluar batas kemampuan dalam menjelaskannya. Mungkin inilah dimensi yang paling tertinggi.


Seperti pepatah mengatakan, "sebrangi langit ketujuh itu, didasari dari 7 dimensi kehidupan ini". Mungkin ini ada benarnya.


Beberapa Missconception Major Yang Terdapat Pada Astral

http://thesilvercomet.webs.com/astral2.gif.jpeg

- Apakah ROH-lah yang keluar?

{+} Tentu saja tidak. Seperti yang saya sebutkan tadi. Bahwa Vragel kitalah yang keluar dan menjelajah dalam bentuk tubuh lain.


- Apakah sudah TIDAK akan bisa kembali ?

{+} Tentu saja bisa, Vragel bukan roh. Kalau vragel tersesat, bayangkan tubuh Anda, maka Anda pun akan segera kembali ke tubuh Anda semula.


Metode Astral Traveler/Projection

http://4.bp.blogspot.com/_RwVTBz1pUX0/TKxImPuF4hI/AAAAAAAAAAM/w119sIOIARM/s1600/astral-projection.jpg

Ini adalah metode-metode Astral Projection yang bisa Anda temukan di e-book atau di internet :


1. Anda harus berada dalam kondisi "relaksasi yang sangat dalam". Maka berbaringlah, dan mulailah untuk mengencangkan, lalu meregangkan otot-otot Anda, mulai dari otot kaki, hingga otot wajah. Tenangkan pikiran Anda, pejamkan mata Anda, tapi jangan sampai tertidur.


2. Setelah Anda mencapai kondisi "relaksasi yang sangat dalam", kini saatnya untuk mengontrol nafas Anda. Bernafaslah dengan pelan dan dalam, rasakan tiap tarikan nafas yang masuk dan keluar dari dalam tubuh Anda. Lakukan terus hal ini sampai Anda merasa telah memasuki alam relaksasi Anda lebih dalam lagi.


3. Pada poin ini, ada dua hal yang harus Anda perhatikan. Tubuh Anda yang asli, dan tubuh astral Anda. Jika Anda merasa bahwa tubuh asli Anda semakin berat dan semakin berat, inilah saatnya untuk membentuk tubuh astral Anda.

Bentuk tubuh astral Anda dengan membayangkan benda-benda yang sangat ringan seperti gelembung sabun atau bulu. Rasakan benda-benda tersebut mulai naik ke atas, meninggalkan tubuh Anda. Rasakan bahwa Anda akan melayang ke atas, dan menjadi sangat-sangat ringan.


4. Anda dinyatakan berhasil mencapai tahap ini, jika berhasil menciptakan suatu "infra merah", yang membuat segalanya yang sebelumnya gelap gulita mulai tampak detailnya. Anda mungkin akan merasa berada di sebuah ruang yang disinari oleh cahaya ungu.

Teruslah berkonsentrasi, buatlah cahaya-cahaya yang menerangi ruangan jauh lebih terang dari sebelumnya. Cobalah untuk berkonsentrasi pada suatu objek yang Anda bayangkan ada di ruangan tersebut, misalkan bulan atau gambar.

Jika berhasil, mata Anda akan terasa sangat berat dan terpejam, namun Anda tetap melihat segalanya dengan sangat jelas. Pada tahap ini, jangan kaget jika saat melihat ke bawah, Anda menemukan tubuh anda sedang tertidur lelap. Jika hal ini sudah terjadi, selamat! Astral Projection Anda telah berhasil.


Fakta seputar Astral Traveler/Projection

http://astralprojectionguides.com/wp-content/uploads/leaving_body.jpg

- Astral Projection sangat jarang langsung berhasil pada percobaan pertama. Biasanya seorang "Astral Projector" profesional pun memerlukan 2 sampai 3 kali percobaan.


- Penghalang terbesar suksesnya Astral Projection sebenarnya adalah alam sadar Anda, yang tanpa Anda sadari selalu mencoba mencegah terbelahnya tubuh Anda ke tubuh nyata dan tubuh astral.


- Hipnotis dan musik berjenis "binaural beats", dapat mempermudah Anda mencapai alam relaksasi yang sangat dalam.


- Semua orang dilahirkan dengan kemampuan untuk melakukan Astral Projection


Penjelasan Ilmiah

http://www.noiseaddicts.com/wp-content/uploads/2008/09/meditation.jpg

Teori Fisika Kuantum Modern, Masih Menjadi Perdebatan Antar Ilmuwan

Sinar-sinar photon yang dipancarkan melalui suatu medium tertentu, tidak selamanya penuh, namun kadang terputus-putus. Hal ini sebenarnya membuktikan, bahwa ada interferensi dari sinar-sinar photon di dimensi waktu yang berbeda.

Konsep ini pun berkembang ke teori tentang benda yang lebih padat. Beberapa orang menganggap, bahwa waktu bukanlah sesuatu yang linear. Artinya, tidak ada "masa lalu", "masa kini", "masa depan", "kehidupan", ataupun " kematian". Sebenarnya, ada BANYAK DIRI KITA yang hidup dalam berbagai dimensi dalam waktu yang bersamaan.

Ibaratnya sebuah dokumen yang dikirim via fax ke tempat lain, sebenarnya kita selama ini hanya melakukan "perjalanan antar dimensi", dari masa kecil hingga saat ini. Perjalanan ini akan terus berputar dalam satu siklus. Seperti dokumen yang dikirim lewat mesin fax, dokumen aslinya tidak pernah hancur dan masih bisa difax-kan lagi ke tempat lain.

Artinya, para ilmuwan tersebut ingin mengatakan, bahwa sebenarnya kematian itu tidak ada. Kita memang mati di satu dimensi, namun di dimensi-dimensi yang lainnya kita akan terus hidup, dan terus melakukan perjalanan antar dimensi.


Hal-hal Yang Berhubungan Dengan Astral Traveler/Projection

http://www.reconnections.net/Astral%20Travel.jpg

1. Lucid Dream

Lucid Dream adalah keadaan dimana kita sadar kalau kita sedang bermimpi.


Lucid Dream terbagi menjadi dua :


1.1. Dream Initiated Lucid Dreaming (DILD)

Adalah keadaan saat kita sadar, bahwa kita telah bermimpi saat kita berada di TENGAH mimpi. Hal ini juga sering disebut sebagai kebetulan, karena sering terjadi.


1. 2. Wake Initiated Lucid Dreaming (WILD)

Adalah keadaan lucid dream yang 'disengaja'.


2. Oneironaut

Oneironaut adalah orang yang bisa bebas menjelajahi mimpi, keadaan ini seharusnya dapat dilatih! Ada beberapa tokoh sejarah yang tercatat sebagai Oneironaut. Salah satunya, untuk contoh, adalah Richard Feynman, peraih nobel fisika yang terkenal saat berhasil menemukan kenapa Shuttle Chalengger meledak. Dia seorang Oneironaut natural, bisa dibaca di catatan-catatannya di bukunya.

Bagaimana cara menjadi oneironaut? Richard Feynman mencobanya dan berhasil hanya dalam sekali coba. Caranya adalah dengan menjaga kesadaran saat kita sudah mulai tertidur.

Mengerti? Biasanya, kita tak sadar dan tiba-tiba saja sudah terbangun keesokan harinya. Kapan tepatnya kita tertidur? Untuk menjadi seorang oneironaut, kita harus melatih diri dan berusaha memperhatikan kapan tepatnya kita tertidur.

Saat kita berhasil sadar saat menembus membran antara bangun-tidur ini (dikenal dengan istilah hypnagogic state), secara teori kita akan bisa sadar saat tiba di alam mimpi.

Cara ini disebut Wake Initiation of Lucid Dream (WIoLD).


http://4.bp.blogspot.com/_RwVTBz1pUX0/TPW8c8hYfgI/AAAAAAAAABE/muPushGqKPs/s1600/astral.jpg


Tekniknya adalah seperti ini:


1. Konsentrasi dan Relaks

Tutup mata dan konsenerasikan pikiran ke relaksasi sekujur tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kontrol pernafasan dan lambatkan.


2. Buka mata pikiran

Maksudnya, coba buat bayangan visual, sementara mata kita tertutup.


3. Jaga pikiran agar tetap sadar

Inti dari WIoLD adalah membuat tubuh relaks, tetapi pikiran terjaga dalam keadaan santai. Kalau pikiran tegang, tubuh tidak akan mau tidur. Cara ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya : berhitung, membayangkan diri sedang naik turun tangga, dan lain sebagainya. Fase 2 dan 3 dapat dilakukan sendiri sendiri atau bersamaan.


4. Ini adalah fase utama, perhatikan baik-baik

Kebanyakan orang sering berhasil tiba di fase ini, tapi gagal masuk ke dalam fase selanjutnya. Padahal barrier antara dunia nyata dan dunia mimpi sudah setipis kertas.

Saat kita tiba di hypnagogic state dalam keadaan sadar, kita biasanya akan mengalami sleep paralysis (yang biasa dikenal dengan diduduki jin saat tidur), mendengar suara-suara keras, sulit bernafas, sensasi jatuh atau berputar-putar, dan perasaan melayang ke dimensi lain.

Kebanyakan orang akan panik dan terbangun. JANGAN! Tenangkan diri. Tenang saja, belum ada orang mati karena masuk ke alam mimpi. Pertama, mungkin akan panik dan terbangun, tapi kalau cukup sering tiba di fase 4 ini, mudah-mudahan rasa panik itu akan hilang.


5. Ini adalah fase setelah kita berhasil tiba di alam mimpi

Kita akan mengalami sensasi seperti berada di ruangan atau terowongan yang gelap gulita. Kadang orang sudah sampai sini, panik, dan terbangun. SAYANG SEKALI!!!

Saat kita tiba di sini, dengan berkonsenterasi cukup keras, kita dapat memilih dan menjelajahi mimpi kita sendiri. Dan kita secara resmi berhasil menjadi seorang Oneironaut.

Tentu saja, hal ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan.





Tips yang mendukung cara-cara tersebut adalah :


1. Dream Recall

Ini adalah teknik paling dasar dan harus dilakukan terus menerus. Sediakan pensil dan kertas di sebelah kasur kita, dan setiap kita bangun tidur, langsung catat apapun yang teringat dari mimpi kita.

Banyak orang sulit mengingat mimpi, cara ini akan membiasakan otak untuk mengingat mimpi. Dream Recall juga akan membantu memperjelas Lucid Dream.


2. Makan Pisang

Serius. Pisang mengandung banyak Tryptophan dan Vitamin B6 per gramnya. Tryptophan, akan diubah menjadi Serotonin di otak, dibantu oleh Vitamin B6. Serotonin adalah zat kimia yang mengatur mood, ingatan jangka pendek, dan MIMPI di dalam otak.

Beberapa bahan makanan lain mengandung Serotonin cukup banyak, misalnya tomat dan kacang. Tapi serotonin sulit diserap oleh otak, karena terhalang oleh blood-brain barrier yang melingkupi otak. Coba makan banyak pisang tiap hari, terutama setelah makan malam.


3. Wake-Back-to-Bed (WBTB)

Ini adalah teknik untuk berusaha langsung masuk ke fase REM (Rapid Eye Movement), yaitu fase tidur saat terjadinya mimpi. Tidurlah dalam keadaan lelah, kemudian bangun 5 jam kemudian. Dalam keadaan mengantuk, konsenterasilah pada teknik WIoLD.


Untuk orang yang kesulitan sadar sampai hypnagogic state, bisa juga menggunakan cara ini :

Pasang jam weker/minta orang bangunkan 1/2 jam - 1 jam setelah kita mulai berusaha tidur. Biasanya kita mulai kehilangan kesadaran pada waktu itu. Tapi jangan bangun! Tetap dalam kondisi setengah tidur, coba lagi teknik WIoLD dan berusaha sadar menembus hypnagogic state sekali lagi.


Apakah semua orang bisa menjadi Oneironaut?

Sebenarnya ya, tapi kemungkinan, ada orang-orang tertentu yang berbakat menjadi Oneironaut.


Sleep Paralysis



Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi, karena adanya malfungsi tidur di tahap Rapid Eye Movement (REM).

Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak.

Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi. Sleep Pralysis juga merupakan tahap untuk melakukan Astral Projection.





Dari uraian-uraian diatas, sepertinya kita masih sangat sulit memahami secara sepenuhnya mengenai Astral Traveler/Projection ini. Namun, minimal kita sekarang mengetahui, bahwa kita sesungguhnya memilki kekuatan lain yang selama ini tidak kita sadari.

(",)v




Sumber : Wikipedia©, yasirmaster.blogspot.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

8 komentar:

  1. ada yg lebih rinci gak carax

    BalasHapus
  2. @Anonim : dicoba aja dulu dengan seksama ;)

    BalasHapus
  3. apa bisa dibantu untuk masuk kedalam lucid dreamnya? karna seperti yg saudara katakan saya terlalu menjaga kesadaran

    BalasHapus
  4. kalo bleh nanyak gan ada enggak bacaan/amalan nya gan, and gue pernah dengar bisa gitu juga dengan jalan thoriqah,,
    :)

    terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika anda seorang muslim, anda bisa berdzikir dengan kalimat² asma Allah,, contoh, kalimat : "bismillahirrohmanirrohim",,

      Hapus
  5. Gan ane sering klo tidur lagi ngapain gak tau tiba2 jatuh kedalam lubang,apakah termasuk sleep paralysis

    BalasHapus

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”