Pages

Subscribe:

Minggu, 25 September 2011

Cara Mudah Twitter-an Dengan Mengetahui Istilah-Istilahnya



Mungkin bagi Anda yang baru pertama kali memiliki akun twitter, akan menemukan kendala di dalam menggunakannya. Apalagi bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan layanan jejaring sosial (social networking) seperti facebook misalnya, maka Anda akan dihadapkan pada sesuatu yang baru di twitter.

Twitter merupakan sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog (microblogging), sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang biasa disebut dengan "kicauan (tweets)".

Tweets adalah teks tulisan yang hanya berjumlah 140 karakter saja, yang mana ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweets bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesannya ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat tweets penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (follower).

Semua pengguna dapat mengirim dan menerima tweets melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, dimana situs ini pertama kali dibuat, baca disini. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia yang saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".

Berikut ini adalah istilah-istilah untuk mempermudah Anda dalam menggunakan twitter :


1. Laman Utama (Home/TimeLine)

Pada halaman utama ini, Anda dapat melihat tweets yang dikirimkan oleh orang-orang yang telah menjadi teman Anda yang biasa disebut dengan garis waktu (timeline) yang lebih dikenal dengan singkatan TL.


2. Profil (Profile)

Pada halaman ini akan terlihat oleh seluruh orang, mengenai profil atau data diri serta tweets yang sudah pernah dikirim/ditampilkan.


3. Ikutan (Following)

Ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain, agar tweets yang dikirim oleh orang yang di following tersebut, masuk ke dalam halaman utama timeline.


4. Pengikut (Follower)

Kebalikan dari following, follower adalah pengguna lain yang ingin menjadikan Anda sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi follower Anda, maka tweets Anda tersebut akan masuk ke dalam halaman utama timeline follower.


5. Gamitan (Mentions)

Konten yang berada di halaman utama ini, merupakan balasan dari percakapan, agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang sedang diajak bicara, maka akan muncul tanda @ di depan nama orang tersebut, contoh : @siradelsd: apa khabar?


6. Balasan (Reply)

Konten ini digunakan untuk membalas percakapan, yang akan masuk ke mentions orang yang sedang Anda ajak bicara, dengan menggunakan tanda @ di depan nama orang tersebut, contoh : @siradelsd: aku baik saja


7. Kicauan Kembali (Retweet)

Konten yang berada di halaman utama ini, awalnya ialah kebiasaan para pengguna yang diadopsi menjadi fitur resmi oleh twitter, yang merupakan kicauan kembali (retweet) dari percakapan yang disingkat dengan "RT". Sama halnya dengan reply, namun retweet sifatnya untuk memperlihatkan percakapan sebelumnya dari lawan bicara, baik satu orang, maupun ke beberapa orang, yang akan masuk ke mentions dan juga profile, contoh : aku lagi di jalan RT @siradelsd: @sayap2kehidupan: lagi dimana?

Akhirnya, karena kebiasaan para pengguna inilah, maka tim twitter saat ini telah meluncurkan sistem baru retweet dengan tombol khusus RT. Retweet yang terletak pada halaman utama ini terdiri dari 3 bagian, yaitu :

1. Retweet oleh orang lain (Retweets by others), yang menunjukkan retweet apa-apa yang telah dilakukan orang lain di jaringan Anda.

2. Retweet oleh Anda (Retweets by you), yang menunjukkan apa saja dari yang telah Anda retweet.

3. Tweet Anda yang di retweets (your tweets, retweeted), yang menunjukkan tweet Anda yang telah di retweet oleh teman atau follower Anda.

Namun, retweet yang terdapat pada halaman utama dengan sistem baru ini adalah jika Anda me-retweet dengan menggunakan tombol yang telah disediakan disana. Sudah barang tentu hal ini lebih mempermudah tentunya. Namun, lain halnya jika menggunakan “RT @siradelsd”, maka retweet Anda tidak akan tercantum disana.


8. Favorit (Favorites)

Konten yang berada di halaman profile ini, merupakan tweets ditandai sebagai favorit, bisa tweets Anda sendiri, juga tweets orang lain. Gunanya, agar tweets tersebut tidak hilang oleh halaman yang ada sebelumnya.


9. Pesan (Messages)

Messages berfungsi sebagai pesan langsung (direct message) yang sering disebut dengan singkatan DM, bisa disebut juga sebagai SMS, karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut, kecuali pengguna yang dikirimi pesan.


10. Tagar (Hashtag)

Hashtag yang ditulis di depan topik tertentu berguna, agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain.


11. Senarai (List)

Pengguna twitter dapat mengelompokkan following mereka ke dalam satu grup atau list, sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan nama-nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).


12. Topik Hangat (Trending Topic)

Trending Topic merupakan topik yang sedang banyak dibicarakan oleh kebanyakan pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan, berdasarkan topik dengan menggunakan tanda pagar # di depan topik tersebut, contoh : #sirdolphin.



Oleh karena twitter mempunyai batasan jumlah 140 karakter, maka hal ini disesuaikan dengan kompatibilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam pesan SMS. Maka dari itu, Anda dituntut untuk mampu meminimalisir tulisan Anda ketika sedang bertwitter ria.

Batas karakter 140 ini juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL, seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi dan teks yang lebih panjang daripada 140 karakter. Twitter sendiri dalam hal ini menggunakan bit.ly untuk memperpendek otomatis semua URL yang dikirim/tampilkan.


Demikian artikel tentang "Cara Mudah Twitter-an Dengan Mengetahui Istilah-Istilahnya" ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Selamat bertwitter ria.

 (",)v




Sumber : Wikipedia©, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia