Pages

Subscribe:

Minggu, 01 Mei 2011

Panik! Blog Ini Redirect Ke Situs Lain


http://thewellnessquotient.com/wp-content/uploads/2009/03/panic_button.jpg

Tadi, pas buka blog "Sayap-Sayap Kehidupan" ini, rada aneh ngeliat traffic pengunjung yang masih menyentuh angka puluhan. Masih berfikir positive, mungkin memang hari ini para pengunjung blog ini sedang menikmati akhir pekan bersama keluarga dan kerabatnya.


Kemudian, ngeliat comment, mana tahu ada comment baru. Ternyata ada! Pas nyoba membuka comment tersebut, link yang harusnya menuju ke artikel tempat comment itu berada, malah menuju ke situs lain. Kepanikan pun dimulai.

Test ke link artikel lain, seperti itu juga. Coba membuka link dari halaman depan blog ini ke artikel yang lain, begitu juga. Lalu, nyoba buka search engine, buka link blog ini dari sana, seperti itu juga. Tetap menuju ke situs lain yang sama seperti tadi (maaf, nama situs tersebut tidak saya sebutkan).

Kepanikan menuju ke tingkat medium, masih dengan rasa penasaran yang sama, coba membuka di webmaster, melihat-lihat disana, meneliti, mana tahu ada yang salah, ntah kena banned, atau kena malware, dan lain sebagainya, mencoba mengotak-atik, tetap saja tidak menuai hasil.

Kepanikan sudah mulai meningkat lagi, dari yang tadi medium, menuju ke titik kultimasi, nyaris putus asa. Mencari-cari artikel tentang kejadian yang sedang berlangsung lewat search engine andalan, Google, baca-baca di beberapa situs, tetap saja tidak menemukan titik terang.

Mencoba menenangkan diri sejenak, mengingat-ngingat situs tersebut, ternyata memang situs itu ada dalam sebuah artikel saya yang berjudul "Cara Memasukkan Page Hits Counter Ke Dalam Blog", dan memang sudah invalid alias tidak bisa digunakan lagi, dan saya sudah mengumumkannya disana.

Nah, darisana naluri saya muncul. Apakah kepanikan saya tersebut, ada hubungannya dengan "script .php" yang masih terpasang di edit HTML Template blog ini. Setelah mencari-cari, dan mencocok-cocokkan situs dan script tersebut, saya pun menghapusnya, karena memang script itu sudah tidak berlaku lagi.

Dan apa yang terjadi? Setelah saya Save Template dan keluar pesan berwarna kuning dengan huruf berwarna hitam "Your changes have been saved. View Blog", lantas langsung saja saya test lagi dengan mengklik "View Blog". Menunggu beberapa detik, Alhamdulillah, blog saya tidak Redirect ke situs itu lagi.

Masih belum merasa aman, coba lagi test dari comment, berhasil juga. Dan nyoba dari halaman depan, berhasil. Dari google search engine, berhasil juga. Dan mulai secara perlahan, traffic blog ini berjalan seperti biasanya, perasaan pun akhirnya berangsur-angsur lega kembali. Syukurlah.

Mohon maaf bagi rekan-rekan sekalian atas ketidaknyamanan ini, karena sejujurnya saya pribadi pun sangat tidak nyaman dan panik sekali atas kejadian tadi. Terima kasih. (",)v




Best Regards
AdeL`FarouK
Jakarta . 1 Mei 2011
19:44WIB Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 komentar:

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”