Pages

Subscribe:

Senin, 02 Mei 2011

Mampukah Manusia Berjalan Diatas Permukaan Air?


http://hardja.files.wordpress.com/2010/11/berjaln-di-ats-air.jpg?w=300&h=150

Berabad-abad lamanya, manusia bermimpi dan mencari ide agar dapat berjalan diatas permukaan air. Hal yang terinspirasi dari alam, dimana ada 1.200 spesies binatang yang mampu berjalan diatas permukaan air.


Binatang kecil, seperti serangga dan laba-laba, menggunakan tegangan permukaan untuk ‘memegang’ molekul air dan membuatnya mengambang. Namun, seperti dikutip dari lifeslittlemysteries, binatang yang lebih besar agak lebih sulit melakukannya.


http://blog.huntsvillemarine.com/Portals/45912/images/Manitou%20pontoon%20dynamic%20lift.jpg


Menurut terbitan ‘Annual Review of Fluid Dynamics’, manusia sebenarnya bisa berjalan diatas air, jika berlari dengan kecepatan 108 km per jam, hampir secepat cheetah. Pria tercepat di dunia, Usain Bolt dari Jamaika, hanya mampu menempuh kecepatan 37,8 km per jam pada nomor sprint 100 meter di Kejuaraan Dunia 2009.

Namun, batas tubuh manusia tak membuat kita berhenti bermimpi. Dalam 40 tahun terakhir, seseorang telah mematenkan lebih dari 50 perangkat berjalan di air. Jadi meski tak bisa berjalan diatas air sendiri, kita dapat mengakalinya.


http://v-images2.antarafoto.com/rp_or_1269771002_re_455x263.jpg


Menurut matematikawan terapan Massachusetts Institute of Technology (MIT) John Bush, perangkat ini bekerja dengan dua cara, yakni meningkatkan daya apung, atau menggunakan kekuatan dynamic lift.

Sebagian besar perangkat yang sudah dipatenkan dan mengambil desain klasik ski ponton milik da Vinci, dirancang guna meningkatkan daya apung. Sisanya menggunakan bahan apung ringan, seperti styrofoam atau kayu.


https://oscommerce.darcorp.com/images/Fluid_Dynamic_Lift.jpg


http://www.tutornext.com/system/files/u89/Chapter%2014-11.gif


Di sisi lain, dynamic lift membutuhkan kekuatan luar yang bekerja pada tubuh manusia. “Sebuah gaya diperlukan, guna menarik tubuh ke arah sejajar permukaan air,” jelas Bush.

Prinsip yang juga bekerja pada sayap pesawat, dapat dilihat ketika perahu bermotor menarik seseorang di sepanjang permukaan air. Coba bayangkan ski dengan bertelanjang kaki. Jika kemiringan kaki benar, air mengalir melewati tubuh secara efektif dan mengangkat peselancar yang bertelanjang kaki itu keluar dari air. (",)v




Sumber : hardja.wordpress.com, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”