Pages

Subscribe:

Selasa, 12 April 2011

"Tim Berners Lee" Sang Penemu Website


http://files.myopera.com/Zamruthblue/blog/berners-lee.jpg

Mungkin belum banyak orang tahu dengan figur yang telah berjasa di balik sebuah website. Beberapa waktu lalu, dia mendapatkan kehormatan sebagai salah satu dari 100 orang berpengaruh di abad ini versi majalah TIME.


Wajar saja, karena "Tim Berners Lee" (TimBL atau TBL) atau lengkapnya "Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee", jutaan orang di seluruh dunia kini menggunakan hasil karyanya, yaitu jaringan computer yang dikenal dengan istilah "World Wide Web" (www).

Pria kelahiran London, Inggris, 8 Juni 1955 ini, adalah seorang ilmuwan komputer yang menemukan dan mengembangkan jaringan global maya. Yang menjadikan tiga huruf kembar "www" menjadi sangat populer pada teknologi informasi di seluruh belahan dunia.


http://4.bp.blogspot.com/_d_foEtsSr-E/TPxBmprmC4I/AAAAAAAAAQ4/A8qd_mXtk1g/s1600/internet.jpg


Berners Lee adalah penulis program browser pertama dan server pertama di dunia. Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau, dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.

Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole's Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, dimana dia mendesain dan membangun browser yang pertama bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP dan server web pertama yang bernama httpd.

Situs web pertama yang dibuat Berners Lee beralamat di "http://info.cern.ch/" (telah diarsip) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991. Saat ini, browser yang sering digunakan adalah internet explorer, Netscape, dan Mozilla. Burners Lee juga menulis piranti lunak yang mendefinisikan hypertext markup language (HTML), dan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP).

Lalu apa hubungannya www dengan internet?

Internet adalah jaringan computer sedunia yang dikembangkan pertama kali oleh Departemen Riset Pertahanan AS. Sedangkan www adalah media bagi orang untuk dapat berbagi dokumen, ganbar, film, musik, dan informasi, serta menjual barang dan jasa.


http://1.bp.blogspot.com/_oBVIi9wfV5A/THZMicsbpZI/AAAAAAAAAkE/-ZdJj1xtusE/s320/internet.jpg


Jika internet merupakan jalan raya tempat terjadinya arus lalu lintas data, maka www adalah browsernya. Browser memudahkan pengguna internet melakukan surfing dan menampilkan data yang diinginkan.

Saat ini, Tim Berners Lee menjabat direktur World Wide Web Consortium (W3C) yang didirikannya pada tahun 1994, berkantor di Massachuset Institute Of Technolgy. W3C adalah sebuah organisasi yang memiliki 400-an anggota dengan staf 40-an orang yang tersebar di seluruh Dunia.

Tujuan oragnisasi ini adalah untuk mengembangkan teknologi yang dapat digunakan lintas platform, menetapkan spesifikasi, aturan–aturan, menciptakan berbagai piranti lunak dan alat–alat lainnya yang dapat mengoptimalkan penggunaan temuannya, World Wide Web.


http://bloggerjava.blogdetik.com/files/2010/12/internet.jpg


Anggotanya terdiri dari Microsoft, Adobe, Intel, Macromedia, Oracle, dan masih banyak lagi. Mereka secara kolektif bekerjasama mengembangkan teknologi yang mengeksploitasi www agar dapat digunakan oleh lebih banyak orang.

Hingga kini, Berners Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer dari karya besarnya. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web.

Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya, sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Pada 16 Juli 2004, dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya. (",)v




Sumber : Wikipedia©, gallerydunia.com, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”