Pages

Subscribe:

Sabtu, 30 April 2011

Medusa


http://stat.kompasiana.com/files/2010/08/medusa1.jpg

Medusa adalah seorang wanita yang cantik jelita. Karena kecantikannya itulah, maka banyak pria yang mengaguminya, termasuk Poseidon. Dalam mitologi Yunani, Medusa (Yunani : Μέδουσα; Médousa), berarti "penjaga" atau "pelindung", yaitu seorang wanita cantik yang memiliki rambut ular.



http://comicoholic.files.wordpress.com/2010/04/medusa.jpg


Siapapun yang menatap langsung pada matanya, maka akan berubah menjadi batu. Medusa tewas di tangan Perseus, yang kemudian menggunakan kepalanya sebagai senjata sebelum diberikan kepada Athena untuk ditempatkan pada perisai Aigis.


http://images.elfwood.com/art/p/e/peters/medusa.jpg



Hikayat

http://3.bp.blogspot.com/_fqPN2uPKMlQ/TUZsSmTf0FI/AAAAAAAAAA0/oLAjbYjyDwU/s1600/medusa.jpg

Tiga Gorgon, yaitu Medusa, Stheno, dan Euriale merupakan anak dari dewa laut kuno, Forkis dan adiknya Keto. Diceritakan Stheno dan Euriale sebagai makhluk yang abadi, sedangkan Medusa tidak. Oleh sebab itulah, Medusa dapat dibunuh oleh Perseus.


http://3.bp.blogspot.com/-Wpd4Cd0vntY/TV3sj7KgijI/AAAAAAAAAAg/RZFuEkJ5Arw/s1600/clash-of-the-titans-medusa-face.jpg


Pada awalnya Medusa adalah seorang perawan cantik yang merupakan pendeta wanita di kuil milik Athena. Namun, karena kecantikannya, Poseidon tidak mampu menahan hasrat birahinya yang menggelora.


http://img221.imageshack.us/img221/581/medusa1000x1500v2.jpg


Maka suatu ketika, dikala Medusa sedang sendirian, secara diam-diam Poseidon menghampirinya. Akhirnya Medusa yang sedang lengah saat itu, diperkosa oleh Poseidon. Dan hal ini tanpa disengaja diketahui oleh Athena.



http://1.bp.blogspot.com/_ihi5YHMdbTM/S--cxDN_cRI/AAAAAAAAAGU/1BUsFVWLVW8/s1600/Medusa.jpg


Athena yang melihat kejadian itu, sangat berang. Apalagi itu berlangsung di dalam kuil miliknya yang ternodai. Dengan sangat marahnya, lantas Athena pun mengutuk Medusa menjadi monster yang sangat menakutkan.


http://theisticchurchofsatan.webs.com/photos/Hellish-Art/Medusa_by_Ironshod.jpg


Malang nasib Medusa, Athena tanpa belas kasihan mengubah rambutnya menjadi sekumpulan ular yang sangat berbisa, serta mengutuk bagi siapapun yang melihat matanya, maka akan berubah menjadi sebongkah batu.


http://2.bp.blogspot.com/_bXGcji9KiZ4/TPpHHydQ0qI/AAAAAAAAACM/AY3DYTTIxBU/s1600/Medusa_by_GENZOMAN.jpg



Kematian

http://4.bp.blogspot.com/_p3XIipv981Y/TPgxtQ6V6fI/AAAAAAAAAz4/NsyPGVQkH_w/s1600/medusae.jpg

Raja Polidektes dari Serifos tertarik karena Medusa memiliki kelebihan itu. Ia meminta kepala Medusa untuk dijadikan sebagai hadiah. Mendengar berita itu, Perseus atas perintah Raja Polidektes, mencari untuk membunuh Medusa.





Dengan bantuan Athena dan Hermes yang memberinya sandal bersayap, helm gaib, pedang, dan perisai cermin, Perseus berhasil dengan gemilang melaksanakan tugasnya.


http://lovehateadvertising.files.wordpress.com/2010/05/perseus-defeats-medusa.jpg


Perseus membunuh Medusa dengan cara bersembunyi dan melihat bayangan Medusa lewat perisai cermin, agar Medusa tidak dapat melihat dan mengubahnya menjadi batu.



http://4.bp.blogspot.com/-4ZfgZRef_pQ/TZWbsiX3dVI/AAAAAAAAAKc/ZDIooRKUQ5U/s1600/medusa.jpg


Karena kecerdikannya itu, ketika Medusa berjalan mencari dirinya dan sedang lengah, lalu dengan sigap Perseus langsung memenggal tepat di leher kepala Medusa. Kemudian, dua makhluk keluar dari aliran darah di tubuh Medusa, Pegasus dan Khrisaor.





Selama beberapa waktu, Perseus menggunakan kepala Medusa sebagai senjata. Sampai akhirnya kepala itu diserahkan kepada Athena untuk kemudian dipasangkan pada perisainya, Aigis.








http://i184.photobucket.com/albums/x133/symbubsy/Medusa.jpg


http://3.bp.blogspot.com/_mbPS-P2pXd8/S9D3XQUntdI/AAAAAAAAAGs/NbSrqC9uikI/s1600/492_medusa_design5b15d.jpg




.: Mitologi Yunani :.






Sumber : Wikipedia©, berbagai sumber lainnya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”