Pages

Subscribe:

Sabtu, 30 April 2011

Gorgon

http://www.danscottart.com/Images/gorgons.jpg

Gorgon adalah makhluk-makhluk perempuan yang sangat menakutkan. Dalam mitologi Yunani, Gorgon (Yunani : Γοργών atau Γοργώ, Gorgon/Gorgo/Gorgós), berarti "mengerikan", yaitu secara umum mengacu pada tiga saudari berambut ular dengan kemampuan pandangan mata yang bisa membuat menjadi batu makhluk apapun.


http://i194.photobucket.com/albums/z45/Rastel777/TheGorgonSisters6.jpg


Penggambaran Gorgon berbeda-beda di dalam setiap literatur, namun pada dasarnya hampir mirip kisah-kisahnya. Tiga Gorgon tersebut adalah Stheno, Euriale, dan Medusa.


Hikayat

http://sudhirastropoetica.files.wordpress.com/2009/10/gorgons_1.jpg

Gorgon merupakan anak-anak dari dewa laut kuno, Forkis dan adiknya Keto. Mereka lahir di gua Gunung Olympus. Stheno dan Euryale merupakan Gorgon yang abadi, sedangkan Medusa tidak demikian.





Stheno



Stheno (Yunani : Σθεννώ), berarti "kuat", dalam mitologi Yunani, ialah Gorgon yang paling tua diantara tiga Gorgon. Stheno digambarkan sebagai makhluk dengan kuku dari kuningan, bertaring, dan berambut ular berbisa. Stheno adalah Gorgon yang paling buas dan ganas diantara saudarinya yang lain.


Euriale

http://www.aoc.nrao.edu/~bbutler/play/music/unicorn/images/medusa2a.jpg

Euriale (Yunani : Εὐρυάλη), dalam mitologi Yunani, adalah salah satu Gorgon. Dia digambarkan sebagai makhluk yang bersayap, memiliki tangan dari kuningan, gigi yang tajam, dan memiliki rambut ular. Dia mampu membuat makhluk apapun menjadi batu dengan pandangan matanya.


http://www.danscottart.com/Images/gorgon2.jpg


Euriale memiliki tangisan yang sangat menakutkan. Salah satunya ketika dia menangisi kematian Medusa di tangan Perseus.


Medusa

http://images.elfwood.com/art/t/r/tracyalden/gorgon.jpg

Medusa (Yunani : Μέδουσα; Médousa), berarti "penjaga" atau "pelindung", yaitu Gorgon yang cantik jelita. Dan dia seoranglah yang tidak abadi layaknya dua saudarinya yang lain.


http://i117.photobucket.com/albums/o41/DelTerro/Monsters/Gorgon.jpg


Karena kecantikannya itulah, Poseidon memperkosanya di kuil milik Athena. Karena kuilnya dinodai, maka Athena mengutuknya menjadi monster yang menakutkan dengan rambut ular dan mampu membuat makhluk lain menjadi batu bila memandangnya.



http://www.antablog.com/wp-content/uploads/2009/10/VACANCES+EN+TOSCANE+AVRIL+2008+326-600x401.jpg


Medusa akhirnya mati dibunuh oleh Perseus atas perintah Raja Polidektes dari Serifos. Dari tubuhnya, keluarlah Pegasus dan Khrisaor. Dan kepala Medusa akhirnya diserahkan kepada Athena dan dipasangkan ke perisainya, Aigis.


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/ea/Gorgones_Cdm_Paris_277.jpg/595px-Gorgones_Cdm_Paris_277.jpg


Gorgon adalah makhluk yang populer dalam mitologi Yunani, karena dipercaya memiliki pandangan mata yang ajaib. Patung Gorgon sering dipasang pada benda atau bangunan yang dipercaya untuk perlindungan.





http://4.bp.blogspot.com/-CYSyN6yBmBA/TWJ27Bc9c9I/AAAAAAAAAgk/oDXNbCOy_s0/s1600/Sthenno+Euryale+and+Medusa.jpg


.: Mitologi Yunani :.


(",)v




Sumber : Wikipedia©, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”