Pages

Subscribe:

Rabu, 20 Oktober 2010

Penyakit Kelamin Bisa Menyerang Bagian Wajah


http://ikhlashati.files.wordpress.com/2010/07/malu4.jpg

Infeksi menular seksual
(IMS) yang menyerang daerah genital, sering disebut dengan penyakit kelamin. Dan ternyata, selain pada kelamin, IMS juga seringkali terjadi di wajah.


Penularan infeksi, biasanya terjadi saat wajah terlibat kontak dengan alat kelamin. Rasa tidak nyaman sudah pasti akan dirasakan, namun infeksi penyakit kelamin tentu akan semakin memalukan, apabila muncul pada bagian wajah.

Dikutip dari AskMen, Rabu (20/10/2010), beberapa jenis penyakit kelamin yang bisa muncul di wajah, di antaranya adalah sebagai berikut :


Sifilis

Infeksi bakteri Treponema pallidum penyebab sifilis pada wajah, ditandai dengan ruam memerah dan luka terbuka di sekitar bibir dan mulut. Ruam tersebut bisa menyebar ke seluruh tubuh dan disertai kerontokan rambut yang tidak wajar (allopecia).

Sifilis di wajah bisa menyerang pria maupun wanita melalui kontak oral-genital saat berhubungan seks. Biasanya gejala-gejala tersebut baru muncul 3 hingga 6 pekan, setelah terjadi kontak fisik.


Herpes Genital

Berbeda dengan kutil genital yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV), herpes genital disebabkan oleh herpes simplex virus (HSV) tipe 1 dan 2. Gejalanya berupa bercak berair seperti kulit melepuh di sekitar mulut, terasa sakit bila disentuh.

HSV-1 dan HSV-2 bisa menular melalui kontak langsung, maupun cairan tubuh, termasuk air liur. Kontak langsung bisa terjadi melalui seks oral, sementara kontak cairan tubuh bisa juga terjadi saat berciuman.


Chlamydia (Klamidia)

Infeksi bakteri chlamydia trachomatis lebih sering terjadi di daerah genital. Namun, jika menyerang wajah, bakteri ini bisa mencapai mata, dan menyebabkan gejala mata berwarna merah muda atau conjungtivitis, yang jika tidak diobati bisa memicu kebutaan permanen.

Tidak selalu ditularkan melalui seks oral-genital, infeksi chlamydia bisa terjadi melalui kulit tangan. Setelah menyentuh alat kelamin seseorang yang terinfeksi, sebaiknya cuci tangan sebelum menyeka wajah apalagi sampai menggosok mata.


Berhati-hatilah dalam melakukan hubungan seks, apalagi dengan orang yang sedang mengidap IMS, salah-salah penyakit tersebut dapat berpindah ke bagian wajah. (",)v




Sumber : health.detik.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia