Pages

Subscribe:

Minggu, 24 Oktober 2010

Kalajengking "Bark Scorpion" Racunnya Mencegah Gagal Jantung


http://evanescentthoughts.files.wordpress.com/2008/09/scorpion01istockbrooks.jpg

Hewan ini selain menakutkan, juga memiliki racun yang sangat berbahaya bagi siapa saja yang tersengat olehnya. Namun, peneliti Inggris justru menemukan, bahwa racun kalajengking justru bisa menjadi kunci untuk mencegah kegagalan bypass jantung. Lho, koq bisa, ya?


Jika seseorang mengalami gangguan pada jantung, maka perawatan yang diperlukan adalah melakukan operasi bypass. Operasi ini dilakukan untuk meningkatkan aliran darah ke jantung bagi orang yang diketahui memiliki penyakit koroner berat, sehingga berisiko terkena serangan jantung.

Selama operasi, arteri atau vena sehat yang berasal dari bagian tubuh lain, dihubungkan ke arteri koroner yang tersumbat. Rute baru ini akan membawa darah yang kaya oksigen ke otot jantung. Namun, operasi ini bisa gagal, jika cangkokan pembuluh vena ini tersumbat.

Kini ilmuwan dari University of Leeds telah menemukan, bahwa racun margatoxin yang terdapat pada kalajengking kulit kayu (bark scorpion) di Amerika Tengah, bisa menjadi solusi. Hasil penelitian yang diterbitkan secara online di Cardiovascular Research menemukan, racun tersebut memiliki kekuatan minimal 100 kali lebih kuat dibanding senyawa lain, untuk mencegah kegagalan cangkok vena.

"Racun ini bekerja dengan menekan respon alami pembuluh darah terhadap cedera, sehingga menjaga pembuluh darah tetap bersih. Efektivitas toksin ini membuat kami terkejut, dan hanya dibutuhkan sedikit molekul untuk mendapatkan efeknya," ujar ketua penelitti Professor Beech, seperti dikutip dari Dailymail.

Professor Beech mengungkapkan, margatoxin ini kemungkinan bisa diberikan dalam bentuk obat yang ditelan, dihirup, ataupun disuntikkan. Tapi bisa juga berpotensi sebagai obat spray ke pembuluh darah itu sendiri, sambil menunggu operasi pencangkokan jantung.

Penyakit jantung hingga saat ini, masih menjadi salah satu penyakit yang paling ditakutkan. Dan operasi bypass yang berjalan sukses, bisa bertahan sekitar 10-15 tahun.

Diharapkan dengan ditemukannya margatoxin dari kalajengking kulit kayu ini, bisa mengurangi angka kegagalan operasi bypass pada pasien jantung, sehingga bisa meningkatkan harapan hidup selanjutnya. (",)v




Sumber : apakabardunia.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia