Pages

Subscribe:

Sabtu, 11 September 2010

Penyebab Tidak Geli di Gelitik Diri Sendiri


http://arinaindaka.files.wordpress.com/2009/03/tertawa.jpg?w=570

Mayoritas orang memiliki titik-titik geli pada tubuhnya. Namun anehnya, seseorang tidak akan merasa geli, jika menggelitik dirinya sendiri. Mengapa demikian? Apa penyebabnya?


Terdapat banyak titik di tubuh yang bisa menjadi tempat untuk merangsang geli dan membuat orang tertawa terbahak-bahak minta ampun karena di gelitik, seperti : di lutut, bagian belakang leher, ketiak, pinggang, perut, telapak kaki, dll. Hal tersebut merupakan suatu reaksi alami dan wajar terjadi.

Biasanya tempat yang paling geli adalah tempat yang sangat rentan terhadap serangan, setidaknya di sekitar bagian atas tubuh. Pada bagian ketiak mengandung pembuluh darah dan arteri, serta memungkinkan akses leluasa ke jantung, karena tulang rusuk sangkar tidak lagi memberikan perlindungan kepada rongga dada di sekitar ketiak.

Para ilmuwan menemukan, bahwa perasaan yang dialami saat orang lain menggelitik akan membuat ia menjadi panik dan merupakan salah satu pertahanan tubuh alami. Karena perasan tersebut merupakan cara memberitahu tubuh, bahwa ada sesuatu di bagian tubuhnya.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Kamis (9/9/2010) saat orang lain menggelitik merupakan salah satu keadaan yang tidak terduga, sehingga menyebabkan seseorang merasa gelisah dan panik yang mengarah pada perasaan geli.

Rasa geli tersebut akan memunculkan respons tawa yang tak terkendali. Beberapa orang ada yang mudah sekali geli, yang membuatnya mulai tertawa, bahkan sebelum orang lain menyentuhnya.



Lalu, kenapa tidak geli saat menggelitik diri sendiri?

Sebagian besar penjelasan untuk pertanyaan ini masih belum diketahui, namun penelitian telah menunjukkan, bahwa otak sudah terlatih untuk mengetahui apa yang harus dirasakannya, ketika seseorang bergerak atau melakukan fungsi tertentu.

Jika seseorang ingin menggelitik diri sendiri, maka otak sudah mengantisipasi kontak dari tangan, dan telah mempersiapkan kondisi tersebut. Dengan mengontrol rasa kegelisahan dan kepanikan, maka tubuh tidak lagi merespons hal yang sama, ketika ia menggelitik dirinya sendiri.

Peneliti dari University College London telah menemukan, bahwa otak kecil (cerebellum) yang mencegah seseorang merasa geli tersebut. Otak kecil adalah daerah yang terletak di dasar otak dan memantau pergerakan seseorang, karenanya otak kecil mampu membedakan antara sensasi yang diharapkan dengan sensasi yang tak terduga.

Jika otak sudah bisa mengenali sentuhan yang akan datang, hal ini akan membuat saraf respons tidak terlalu intens. Inilah yang membuat seseorang tidak bisa merasa geli ketika menggelitik dirinya sendiri.


Oleh karena itu, jika ingin merasakan geli dan mendapat sensasi agar mampu tertawa terbahak-bahak, mintalah bantuan orang lain untuk melakukannya tanpa merasa sungkan. (",)v




Sumber : health.detik.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”