Pages

Subscribe:

Senin, 20 September 2010

Mengatasi Penglihatan Darurat Pada Saat Tidak Ada Kacamata


http://images33.fotki.com/v1071/photos/9/953310/4821362/Minus050BrilleLentiMyodisc04-vi.jpg

Keadaan darurat disaat tidak ada kacamata dapat terjadi pada beberapa kondisi, seperti : kacamata mendadak pecah, sehingga tidak dapat digunakan, saat kacamata tiba-tiba hilang atau lupa membawanya, terutama bagi orang yang sudah berumur lanjut. Sedangkan kebutuhan dalam penggunaannya perlu sekali untuk melihat, baik itu untuk penglihatan jauh, ataupun penglihatan jarak dekat.


Misalnya, saat kita berada disebuah toko ingin melihat harga yang tertera pada barang yang akan kita beli. Dimana hurufnya kecil, kita tidak membawa kacamata. Umur sudah lebih dari empat puluh tahun, sedangkan kalau tidak pakai kacamata baca, tidak mampu untuk melihat obyek yang kecil.

http://chestofbooks.com/arts/photography/The-Fundamentals-Of-Photography/images/Fig-13-Effect-of-Large-Pinhole.jpg

Dalam keadaan darurat ini ada satu cara untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan "Efek Pinhole". Prinsip efek pinhole adalah pada kelainan refraksi mata (kalainan penurunan penglihatan mata yang dapat diperbaiki dengan kacamata), penglihatan akan bertambah baik bila melalui suatu celah atau lubang kecil.

Pada saat keadaan darurat, kita dapat membuat alat bantu terbuat dari sebuah karton kecil, berukuran 3 x 5 cm, kemudian pada karton tipis atau kertas tersebut, dibuat satu lubang, dengan cara membuat lubang menggunakan ujung pulpen. Sehingga, kita dapat mengintip melalui celah lubang tersebut. Tentunya huruf yang kecil akan tampak.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvamHAzyAW0hlvpZCavJWqCh-qgG7psdltFpGm949uyvNfB6X56LD8KV4-EtI8MT-5w9BywDrfxUijqqfZjWOWv6EbdKC2fqSHM_L3S9iDWyjvgTvuWRn7IpZdIWcCnCrPt2eMYMnPs4s/s320/+pin+hole+pro+vi.jpg

Namun, ada yang lebih praktis lagi, agar kita tidak usah membuat alat bantu yang harus kita buat terlebih dahulu, yaitu menggunakan tangan kanan kita. Obyek yang akan kita lihat pegang dengan tangan kiri. Kemudian tangan kanan kita gunakan sebagai pengganti alat bantu yang telah diuraikan di atas.

Dengan jalan membuat celah kecil antara ibu jari dan telunjuk. Dari celah tersebut akan terlihat obyek yang lebih jelas dan dapat terbaca. Ini berlaku untuk penglihatan jauh atau dekat. Jadi walaupun kita dalam keadaan darurat, tidak menggunakan kacamata pun masih dapat tertolong dengan cara-cara tersebut. (",)v




Sumber : apakabardunia.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia