Pages

Subscribe:

Minggu, 19 September 2010

Alasan Dokter Bedah Berbaju Warna Hijau


http://www.theglobejournal.com/images/berita/dokter%20bedah.jpg

Pada awalnya, baju yang digunakan oleh dokter bedah ialah berwarna putih. Akan tetapi, hal ini dirubah oleh salah seorang dokter yang berpengaruh. Lalu menggantinya dengan warna hijau, karena lebih nyaman di mata menurutnya.


Meski sulit untuk dikonfirmasi soal alasan warna hijau menjadi trademark, namun hijau memang cocok bagi para dokter bedah untuk melihat lebih baik di ruang pembedahan, karena hijau merupakan lawan dari warna merah dalam roda warna.

Menurut seorang ahli psikologi, melihat warna hijau dapat menyegarkan mata ahli bedah dalam melihat benda-benda berwarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah saat pembedahan. Melihat warna merah terus-menerus, menyebabkan sinyal warna merah di otak memudar sensifitasnya terhadap variasi warna merah.

Alasan lainnya adalah, terus-menerus fokus pada warna merah, akan menyebabkan ilusi nofa berwarna hijau pada latar warna berwarna terang atau putih. Hal ini akan menggangu penglihatan dokter. Jika warna baju ahli bedah berwarna hijau, ilusi ini akan memudar, dan tidak akan mengganggu penglihatan dokter. (",)v




Sumber : apakabardunia.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia