Pages

Subscribe:

Minggu, 01 Agustus 2010

Sakit Kepala Dapat Diredakan Tanpa Obat


Sayap-Sayap Kehidupan siradel.blogspot.com

Seperti sebuah jingle iklan “Sakit kepala bisa menyerang Anda kapan saja dan dimana saja”, itu benar sekali. Lalu bagaimana mengatasinya? Jawabnya pasti minum obat, bukan? Jawaban seperti itu ialah hal yang biasa, tetapi bagaimana kalau tanpa obat? Karena selain obat itu sendiri memberi efek yang tidak baik pada tubuh karena kandungan zat-zat kimia di dalamnya, ada juga orang yang tidak boleh mengkonsumsi obat, seperti pada ibu-ibu yang sedang hamil, atau kontradiksi pada obat.

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Academy of Neurology menunjukkan pemicu sakit kepala yang paling sering adalah meningkatnya temperatur suhu dan tekanan psikologis yang tinggi. Untuk meredakannya seringkali kita mengonsumsi obat sakit kepala. Padahal, sakit kepala bisa diredakan dengan cara alami. Maka itu, jangan langsung mengonsumsi obat sakit kepala, lebih baik atasi dengan cara berikut, seperti dikutip dari Times of India :
Minum air putih

Sakit kepala seringkali dipicu karena dehidrasi. Saat kamu kepanasan dan kehilangan banyak cairan disertai rasa sakit kepala, segera konsumsi air putih. Duduklah sebentar, kemudian minum air putih secara perlahan. Jangan lakukan banyak gerakan sampai sakit kepalanya hilang.


Menjauh dari komputer

Radiasi komputer juga bisa menimbulkan rasa sakit di kepala. Hal tersebut biasanya terjadi pada kamu yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Cobalah matikan monitor, lalu pergilah ke luar ruangan untuk mencari udara segar.

Tarik nafas perlahan, sambil pejamkan mata. Memejamkan mata adalah cara efektif untuk meredakan ketegangan otot mata yang menimbulkan rasa sakit kepala.



Secangkir teh hitam

Seduh secangkir teh hitam, tambahkan perasan air lemon. Saat masih hangat, minum perlahan. Ini berguna untuk meredakan sakit kepala kamu segera.


Konsumsi sup

Coba mengkonsumsi sup panas, setelah itu, cobalah tidur dalam suasana tenang atau temaram.


Berendam

Berendam di air hangat juga bisa menyembuhkan sakit kepala kamu.


Jurus jari sakti

Gunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk menekan secara perlahan batang hidung kamu (bukan batang yang lain). Dan, lakukan juga pijatan pada pelipis secara bergantian. Tapi ingat, jangan tekan terlalu keras.


Kompres kepala

Ambillah kain lembut atau handuk kecil, lalu basahi dengan air bersuhu dingin. Lalu, tempelkan di kepala dan leher bagian belakang. Cara tersebut bisa mengurangi rasa sakit karena membuat efek relaksasi.


Meditasi

Saat muncul sakit kepala cobalah untuk bermeditasi. Pejamkan mata, tarik napas dan tahan selama lima detik (jangan ditahan terus-terusan), kemudian buang secara perlahan. Fokuskan pikiran kamu pada hal-hal yang menyenangkan. Dengan begitu kamu bisa mengurangi ketegangan otot pemicu sakit kepala, akibat tekanan psikologis.


Semoga tips-tips diatas dapat membantu kamu untuk meredakan pusing/sakit kepala tanpa harus melulu mengkonsumsi obat. Ingat, jangan membiasakan diri untuk selalu mengkonsumsi obat, karena obat bukanlah solusi untuk menyembuhkan penyakit di dalam tubuh, obat sesungguhnya ada di dalam diri kita sendiri.
(",)v



Editor : AdeL`FarouK
Sumber : dunia-statistik.blogspot.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia