Pages

Subscribe:

Minggu, 29 Agustus 2010

Istilah Flu Babi Ternyata Keliru


http://3.bp.blogspot.com/_-PIWLhwTLDo/SgOkzrj3YzI/AAAAAAAAAM4/Mr7x3CWDn3g/s400/flu+Babi.jpg

Istilah
’Swine Flu’ atau Flu Babi untuk menyebut wabah flu mematikan yang tengah melanda dunia ini, menurut Organisasi Kesehatan Hewan Dunia atau OIE, adalah keliru. Sebab, virus strain baru ini, merupakan gabungan dari virus burung, manusia, dan babi.

Ditegaskan OIE, pathogen ini bukan virus manusia klasik, namun virus yang mencakup karakteristik komponen virus avian (burung), babi, dan manusia. “Virus tersebut hingga kini tidak terisolasi pada hewan. Karena itu, tidak benar menamakan penyakit ini influenza babi,” demikian pernyataan badan kesehatan hewan yang bermarkas di Paris, Prancis itu seperti dilansir AFP, Selasa (28/4/2009).

Di imbuhkan OIE, ilmu sains nantinya akan menunjukkan, apakah virus tersebut beredar di antara hewan ternak, dan hasilnya akan menentukan apakah negara-negara telah bertindak benar dengan melarang impor babi.

Ditandaskan OIE, epidemi flu manusia di masa lalu, yang berasal dari hewan telah dinamai sesuai asal geografisnya, seperti flu Spanyol. “Adalah logis untuk menyebut penyakit ini ‘influenza Amerika Utara,” usul OIE.

Dalam wawancara dengan AFP, Dirjen OIE Bernard Vallat menyatakan, tak ada bukti kalau virus flu babi ini benar-benar berasal dari hewan babi. “Belum ada bukti kalau virus ini, yang saat ini beredar di antara manusia, benar-benar berasal dari hewan. Tak ada elemen untuk mendukung ini,” tegas Vallat.

Di imbuhkan Vallat kembali, sangat tidak adil untuk menghukum para peternak babi yang menggantungkan hidupnya dari usaha tersebut, dengan membicarakan risiko yang belum terbukti sama sekali. Apalagi menurutnya, sejauh ini tak seorang pun bisa menunjukkan bagaimana atau di mana strain virus baru ini terbentuk.


Yang pasti, apa pun nama virus tersebut, tetap menjadi ancaman bagi kehidupan seluruh umat manusia di dunia. (",)v




Sumber : aakonseling.wordpress.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”