Pages

Subscribe:

Minggu, 29 Agustus 2010

Bahaya Mimisan & Pencegahannya

http://www.conectique.com/i/art/adved_1149825572.jpg

Mimisan mungkin suatu hal yang lumrah terjadi pada setiap orang. Namun, fenomena mengeluarkan darah dari hidung ini, jangan pernah dianggap hal yang biasa. Mengingat, bisa jadi hal itu merupakan indikasi salah satu penyakit yang berbahaya.

Saat mimisan terjadi, darah yang keluar dari hidung memang dapat berhenti dengan sendirinya. Dan biasanya sebagian orang menganggap remeh keadaan tersebut. Mimisan yang disertai dengan demam, bisa menjadi salah satu gejala kanker darah.

Penyebab mimisan biasanya dikarenakan adanya gangguan pada hidung, seperti benturan, memaksa mengeluarkan ingus terlalu keras, infeksi pernafasan, alergi hidung, dan tumor.

Mimisan juga dapat terjadi karena adanya penyakit kanker darah (leukimia), gangguan pembekuan darah, penyakit liver, dan kencing manis.

Jika mengalami mimisan, sebaiknya jangan panik terlebih dahulu. Lakukan beberapa langkah awal berikut ini :

1. Segera dudukkan penderita dalam posisi sedikit membungkuk

2. Jepit hidung selama 10 menit dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk

3. Usahakan bernafas melalui mulut

4. Jika pendarahan tidak juga berhenti, gunakan kapas atau kasa yang digulung, lalu masukkan sebagian ke dalam lubang hidung. Kemudian, sesegera mungkin bawa penderita ke dokter.


Oleh karena itu, jika kamu mengalami mimisan, sebaiknya lakukan langkah-langkah darurat diatas, lalu jangan lupa untuk memeriksanya secepat mungkin. (",)v




Sumber : fenz-capri.blogspot.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”