Pages

Subscribe:

Selasa, 13 Desember 2011

6 Tips Jitu Ngirit BBM Saat Mengemudi Mobil

http://www.wired.com/images_blogs/autopia/images/2008/06/04/older_driver.jpg

Kecakapan dan gaya berkendara rupanya sangat berpengaruh pada tingkat efisiensi bahan bakar kendaraan. Mobil yang sama namun dikendarai oleh dua orang berbeda, bisa menghabiskan bahan bakar yang berbeda, yang satu boros, dan satu lagi irit.

Berikut ini 6 tips jitu mengemudi yang baik agar bisa mengurangi konsumsi bahan bakar :


1. Hindari akselerasi dan pengereman berlebihan

Sebab, ketika mengerem akan dibutuhkan tenaga mesin lagi untuk mengembalikan kecepatan semula. Ada baiknya Anda melaju secara konstan.


2. Menjaga putaran mesin

Rata-rata mesin bensin bekerja optimal di putaran 2.500-3.500 rpm – tempat torsi maksimal berada. Aturlah perpindahan gigi supaya putaran mesin berada di angka tersebut.

Terlalu tinggi akan menyebabkan bbm terbuang cepat, sedang terlalu rendah menyebabkan mesin kehilangan torsi dan butuh injakan gas dalam ketika hendak menambah kecepatan. Paling hemat jika Anda melaju konstan di rpm tersebut dengan gigi tertinggi.


3. Periksa tekanan ban

Jika tekanan ban berkurang tentunya dapat mengakibatkan hambatan serta beban mobil bertambah. Tenaga yang dibutuhkan juga semakin besar, otomatis ini akan menguras bahan bakar.


4. Menjaga injakan pedal gas

Sebaiknya jika ingin kecepatan, injaklah gas dengan lembut dan progresif. Menginjak terlalu dalam akan membuat bahan bakar keluar dengan cepat.


5. hindari kemacetan

Sebab, mobil yang sering berhenti, konsumsi bbm saat itu adalah 0 km/l. Semakin banyak Anda menghindari titik kemacetan, tentunya konsumsi bbm yang di dapat akan semakin minim.


6. Matikan AC

Jika tidak perlu, matikan AC. Karena kompresor AC memberi beban cukup besar ke mesin.


(",)v




Sumber : vivanews.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia