Pages

Subscribe:

Senin, 06 Desember 2010

Burung Merak Putih Yang Anggun Dan Mempesona

http://i.telegraph.co.uk/telegraph/multimedia/archive/01503/albino-peacock_1503024i.jpg

Siapa yang tidak takjub dengan keanggunan burung Merak? Dengan bulu-bulunya yang indah mengembang, serta warna-warni mengkilap, akan mempesona siapa saja yang melihatnya. Namun, mungkin anda berfikir, jenis merak hanya sejenis saja, bukan? Anda salah, karena burung merak dibagi menjadi tiga kategori yang paling umum, di antaranya, yaitu : Merak Biru, Merak Hijau, dan Merak Putih. Seperti apa Merak Putih? Penasaran?


Merak Putih


Merak merupakan tiga spesies burung dalam genus Pavo dan Afropavo dari familia ayam hutan (pheasant), Phasianidae. Burung jantannya memiliki bulu ekor yang indah yang dapat dikembangkan untuk menarik perhatian merak betina.

Tiga spesies Merak, ialah :
* Merak India, Pavo cristatus
* Merak Hijau, Pavo muticus
* Merak Kongo, Afropavo congensis




Kata "Merak" sebenarnya mengacu pada burung laki-laki, peafowls, sementara perempuan adalah peahens, dan yang muda adalah peachicks. Di India, burung merak dikaitkan dengan melihat Matahari. Dalam mitologi Yunani disebut ‘Eyespots’, dikatakan sebagai mata ratu Argos raksasa.

Burung merak adalah salah satu jenis burung terbesar, dan tidak bermigrasi, serta omnivora yang memakan rumput, biji-bijian, bahkan ular dan kadal kecil pun disantapnya.




Merak biru jantan dewasa berukuran besar, panjangnya dapat mencapai 230 cm. Dengan penutup ekor yang sangat panjang berwarna hijau metalik. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak biru membentuk kipas.

Merak betina berukuran lebih kecil dari yang jantan. Bulu-bulunya tidak mengilap, berwarna coklat kehijauan, dengan garis-garis hitam, dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor.


http://i209.photobucket.com/albums/bb26/zckdgreat/burubn.jpg


Seekor merak betina dapat bertelur hanya sekali setahun, atau beberapa kali setahun. Merak betina akan meletakkan telur-telurnya lebih banyak, lebih sering, jadi jauhkan kebisingan dan aktivitas di sekitar sarang nya, jika ingin memiliki merak yang menetaskan telur-telurnya.

Seekor merak betina akan meninggalkan sarang, jika ia merasa terlalu banyak keributan yang terjadi disekitarnya. Dan sarang telurnya akan menjadi sangat menarik bagi binatang pemangsa, seperti raccoon dan musang. Satu racoon dapat menghancurkan sarang merak betina beserta telur-telurnya dalam waktu yang sangat singkat.


Merak Albino


Populasi Merak Biru tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal, dan Bhutan. Sebelumnya spesies ini ditemukan juga di Bangladesh, namun sekarang kemungkinan besar telah punah di sana.

Merak yang sekarang dapat ditemukan di hampir setiap benua, termasuk Asia, Afrika, Amerika Utara dan Eropa. Sebelumnya merak dibiakkan untuk makanan tetapi sekarang telah dilarang di India.




Merak putih termasuk jenis yang langka dan tidak banyak di jumpai di dunia ini, biasanya bisa dijumpai di kebun binatang. Beberapa tempat dimana anda bisa melihat burung merak putih diantaranya adalah Palm Beach, Florida, Amerika, dan Zoologico Ncaional de, Nicaragua, serta di China.

Cantik sekali ya merak putih ini. (",)v




Sumber : Wikipedia&copy, taukahkamu.com, pecintaalam.com, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia