Pages

Subscribe:

Rabu, 05 Oktober 2011

"Karpet Terbang" Bukan Cerita Dongeng Lagi

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZW0o1nEl9WQ7r2wsgvxo3fR8w_FXAhRlBvy8cYgaHL-yEAcQ7JRJlWRE02pzX4W5ItL8GBtKTzcAi5_JLrvpx6D2l3rwBkZEni-YQQvJljMh9l9ijg9er01LRwpOG6AlRdWtEH6Hwwis/s400/1035897586_small.jpg

Karpet terbang selama ini diketahui hanya ada di dongeng Aladin dan lampu ajaib. Dan hebatnya, dongeng yang membuat decak kagum akan benda ajaib itu kini sudah ada dan sedang dikembangkan oleh para ilmuwan.

Seperti yang dikutip dari Asia News Network, Senin (3/10/2011), sebuah miniatur 'karpet ajaib' yang terbuat dari plastik fleksibel dan digerakkan oleh listrik, telah berhasil melakukan ujicoba penerbangan di laboratorium.

Para peneliti di Princeton University, New Jersey, Amerika Serikat (AS), melaporkan bahwa mereka sedang mengembangkan sebuah purwarupa dari lapisan berukuran 10 sentimeter yang dapat terbang dengan kecepatan sekitar satu cm per detik. 'Karpet terbang' tersebut terbang dengan digerakkan oleh gelombang elektronik.

Dengan beberapa update, prototype tersebut dikatakan, dapat terbang dengan kecepatan mencapai 3 kaki per detik.

"Yang agak sulit adalah untuk mengendalikan purwarupa tersebut, apabila gelombang listrik mencapai tingkat tertentu," ujar James Sturm, pimpinan dari penelitian tersebut.

Penulis di penelitian ini sangat berhati-hati dalam menyebutkan kata 'terbang' pada proyek mereka, karena purwarupa tersebut terbang dengan jarak yang rendah, dan lebih mirip sebuah hovercraft ketimbang pesawat terbang.

"Alat tersebut harus terbang rendah dekat dengan tanah." ujar Noah Jafferis, pelajar yang juga terlibat di proyek tersebut.

"Lapisan tersebut terbang, karena udara yang terjebak di antara alat dan tanah, sebagaimana gelombang udara tersebut juga bergerak di antara lapisan tersebut untuk memompa angin ke belakang," jelasnya.

(",)v




Sumber : okezone.com Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 komentar:

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia