Pages

Subscribe:

Minggu, 14 November 2010

Mendeteksi HIV Cukup Gunakan Ponsel Saja


http://krishnabalagita.files.wordpress.com/2010/01/sms.jpg

Dunia medis akan dipermudah dengan hadirnya teknologi baru yang semakin maju. Diantaranya ialah kemampuan sebuah ponsel dalam mendeteksi penyakit menular.


Teknologi yang mampu melakukan tes sendiri untuk mendeteksi apakah seseorang tertular penyakit kelamin seperti HIV atau sifilis hanya dengan menggunakan telepon seluler. Demikian yang dilansir Telegraph, Kamis (11/11/2010).

Teknologi nantinya akan berbentuk sebuah chip, sehingga tentunya pengguna tak perlu menaruh di ponselnya dengan air seni atau air liur untuk melakukan tes tersebut.

Proyek chip ini sendiri bernama eST12 dan dikepalai Tariq Sadiq dari St George's University, London, Inggris. Sadiq bersama dengan ilmuwan lainnya, tengah mengembangkan chip yang dapat mendeteksi kemungkinan adanya penyakit kelamin menular di air liur, urin, dan darah.

Dengan dana yang digelontorkan sebesar USD6,5 juta atau sekitar Rp57,8 miliar, sudah mereka dapatkan untuk membuat chip tersebut.

Chip, yang tentunya harus dibasahi oleh air seni atau air liur, itu akan terkoneksi dengan ponsel untuk dilakukan proses pengujian. Tak perlu lama untuk mengetahui hasilnya.

“Hanya 5 sampai 15 menit,” kata Sadiq.

Soal harga chip ajaib ini akan dijual sekira USD15 sampai 30. Tapi jika sudah diproduksi masal harganya bisa turun hingga USD3 atau Rp26 ribu per chip. (",)v




Sumber : techno.okezone.com, berbagai sumber lainnya Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia