Pages

Subscribe:

Selasa, 26 Oktober 2010

Laba-laba Berhasil Membuat Sarang Di Luar Angkasa



Laba-laba yang dikirim ke stasiun antariksa internasional (ISS) sungguh mencengangkan, karena laba-laba ini telah sukses membuat sarang disana. Keberhasilan ini menarik untuk dipelajari, karena hewan tersebut melakukannya di ruang tanpa bobot (ruang hampa).


Dua ekor laba-laba yang pemberani di stasiun antariksa internasional, telah berhasil mengatasi kebingungannya, sampai dapat menenun jaring yang menakjubkan di gravitasi nol,” ujar salah seorang astronot.

Laba-laba penenun itu diangkut ke ISS awal minggu lalu, bersama para astronot yang menumpang pesawat ulang alik Endeavour. Saat sehari di ruang angkasa, laba-laba tersebut terlihat membuat pola jaring yang tidak jelas. Namun, beberapa hari kemudian, laba-laba tersebut berhasil membuat jaring yang teratur.



“Kami perhatikan, laba-laba tersebut membuat jaring yang simetris. Sungguh cantik,” ujar Michael Fincke, komandan ISS. Ia mengatakan, para astronot terkejut melihat betapa cepatnya laba-laba beradaptasi dengan antariksa.

Pengiriman laba-laba ke ruang angkasa, merupakan bagian dari eksperimen ilmiah yang ditujukan untuk meningkatkan minat anak-anak sekolah mempelajari sains. Apalagi jenis laba-laba yang dipilih, sama dengan laba-laba yang dipakai sebagai karakter di buku cerita anak Charlotte’s Web karya E.B. White.

Anak-anak nantinya akan diminta membandingkan antara bentuk jaring laba-laba yang dibuat di Bumi, dengan yang dibuat di antariksa. Selain laba-laba, para astronot juga membawa larva kupu-kupu.

Ilmuwan dari UNiversitas Colorado, Boulder, AS, akan memantau perkembangannya, hingga kelak menjadi kupu-kupu dewasa. Sebagai makanan laba-laba, turut dibawa pula lalat buah. Sementara untuk makan kupu-kupu yang tengah bermetamorfosis, sudah disediakan nektar secukupnya. (",)v




Sumber : ruangberita.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia