Pages

Subscribe:

Jumat, 30 Juli 2010

Makhluk Yang Hidup Kekal Abadi



Selama ini yang namanya makhluk hidup abadi alias kekal sepertinya hanya kita jumpai dalam cerita atau film legenda semacam Vampire. Kehidupan nan kekal abadi merupakan suatu misteri yang jawabannya akan sangat dinanti-nanti oleh seluruh umat manusia di muka Bumi ini. Kini saatnya kita harus berpikir ulang apakah kehidupan abadi tersebut hanya sebatas mitos atau impian?

Para ilmuwan menemukan suatu jenis ubur-ubur laut, yang ternyata bisa hidup selama-lamanya. Ubur-ubur itu bernama "Turritopsis Nutricula". Awalnya, para ilmuwan meneliti penyebab terjadinya ledakan populasi ubur-ubur kecil ini baru-baru ini. Turritopsis Nutricula aslinya berasal dari lautan Karibia yang hangat, tapi sekarang telah menyebar ke seluruh dunia, sampai Amerika, Italia, dan Jepang. Hingga akhirnya para ilmuwan menemukan sebabnya, ubur-ubur ini secara biologis tidak bisa mati.





Ubur-ubur ini ternyata setelah dewasa dan kimpoi, bisa memutar ulang kondisi biologisnya, meregenerasi seluruh selnya, menjadi muda lagi. Proses regenerasi sel ini dalam sains disebut transdiferensiasi (transdifferentiation). Dan ini bisa mereka lakukan secara terus-menerus. Artinya, mereka tidak akan menjadi tua, tetap muda terus, dan tidak akan mati secara biologis.


Makhluk Hidup Kekal Abadi





Transdiferensiasi berarti sel yang mencapai tahap tertentu, bisa berubah menjadi sel lain, yang lebih baru dan muda. Sama seperti Salamander atau cicak yang bisa mengganti bagian tubuhnya yang rusak, ubur-ubur ini mampu meregenerasi seluruh sel-sel tubuhnya menjadi muda kembali.

Tidak bisa mati secara biologis artinya tubuh dan sel-sel mereka bisa meregenerasi ulang kembali fungsi-fungsi biologisnya sehingga struktur biologis mereka tidak mengalami penuaan. Tapi mereka bisa tetap mati karena faktor-faktor eksternal, seperti dimangsa binatang lainnya, kerusakan lingkungan ekologis, dan seterusnya.





Sekarang ini mungkin hanya merupakan fakta ilmiah terhadap ubur-ubur. Tidak menutup kemungkinan para ilmuwan akan mampu menemukan jawaban atas kemampuan ajaib dari ubur-ubur tersebut. Setidaknya akan ditemukan jawaban dan obat untuk beberapa penyakit geriatri.

(",)v




Sumber : jelajahunik.blogspot.com
Editor : AdeL`FarouK
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 komentar:

  1. tak ada makluk hidup yang kekal
    semua makluk hidup pasti mati
    lama kelamaan,ubur2 itu pasti mati juga

    BalasHapus
  2. @Anonim tiada yg kekal memang.. ini hanya sbuah riset ilmiah ttg ilmu pengetahuan yg dpt mbuka wawasan dlm khidupan..

    BalasHapus

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia