Pages

Subscribe:

Minggu, 18 Juli 2010

Kitab Salahuddin (Sebuah Novel)


The Book of Saladin




Karya : Tariq Ali
Penerbit : Serambi


Kitab Salahuddin merupakan bagian dari tetralogi novel Tariq Ali mengenai persinggungan panjang antara Peradaban Kristiani Barat dan Dunia Islam. Tiga buku lainnya adalah Bayang-bayang Pohon Delima - Shadows of the Pomegranate Tree, Perempuan Batu - The Stone Woman, Seorang Sultan Di Palermo - A Sultan in Palermo.



Sinopsis


Kitab Salahuddin adalah memoar fiktif Sultan Salahuddin, seorang pemimpin Kurdi yang membebaskan Yerusalem, yang ditulis oleh seorang juru tulis Yahudi, Ibnu Yakub. Salahuddin memberi izin Ibnu Yakub untuk berbicara dengan istri dan para pembantunya agar ia bisa menghadirkan sebuah gambaran utuh dalam memoar Sultan.


Novel ini memetakan kejayaan Salahuddin sebagai Sultan Mesir dan Suriah dan mengikutinya saat ia bersiap merebut Yerusalem dari Kaum Salib, bersekutu dengan orang-orang Yahudi dan Kristen.

Serangkaian kisah yang saling berhubungan menghiasi lelucon dan hasrat-hasrat duniawi di mana hal-hal ideal bertentangan dengan kenyataan dan impian berbaur dengan hasrat. Di jantung novel ini terdapat sebuah kisah cinta antara Jamilah, istri terkasih Sultan, dan Halimah, seorang penghuni baru harem Sultan.


Inilah sebuah kronik yang kaya yang berlangsung pada abad kedua belas di Kairo, Damaskus, dan Yerusalem. Harapan-harapan yang dikhianati, tentara-tentara yang kecewa, dan persekutuan yang gagal menyusun latar belakang Kitab Salahudin.


Tariq Ali berusaha menyingkap kembali kisah Perang Salib berabad-abad silam dan meramunya dengan kisah hidup tokoh-tokoh imajiner yang membingkai novel ini. Novel historis ini berhasil menelusuri akar konflik berabad-abad antara peradaban Islam dan Barat, dihiasi kisah cinta penuh gelora, intrik politik, dan kronik sejarah yang kaya.


Dikisahkan dengan baik. Disusun secara cemerlang. Penggambaran historisnya tentang sebuah hubungan takdir amat meyakinkan. Maka, buku ini adalah sebuah kisah untuk zaman kita, dibayang-bayangi oleh peristiwa-peristiwa masa lampau dan tokoh-tokoh yang ternyata lebih dekat dengan kenyataan kita daripada yang kita bayangkan. (",)v








Sumber : cerita-utama.serambi.co.id, bukabuku.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

4 komentar:

  1. di gramedia ada jual ni buku bang..?

    BalasHapus
  2. ada qi.. kaw harus punya..
    bacaan wajib..
    jangan sampe ngga`..

    btw, thanks ya qi dach mampir \m/

    BalasHapus
  3. oke bang..thanks...
    mampir jg ya ke tempat awak...hehee
    \m/

    BalasHapus

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia