Pages

Subscribe:

Rabu, 03 Juli 2013

Perbedaan Antara "Star Wars" Dan "Star Trek"




Bagi kamu yang menyukai kisah-kisah science fiction, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "Star Wars" dan "Star Trek". Dua judul ini merupakan hal yang fenomenal, dimana kisah-kisahnya menceritakan sesuatu yang tidak lumrah seperti yang ada pada kenyataan kehidupan manusia di muka bumi.

Namun, percaya atau tidak, teknologi yang ada di kisah-kisah tersebut, telah menginspirasi teknologi di masa sekarang. Terbukti, banyak hal yang dianggap tak mungkin pada saat itu, yang kini telah menjadi kenyataan.

Lantas, apa perbedaan antara "Star Wars" dan "Star Trek"?

Langsung aja, sudah lebih dari 30 tahun sejak pertama kalinya "Star Wars Episode 4 : A New Hope" hadir di layar lebar. Dan udah lebih dari 40 tahun sejak pilot episodenya "Star Trek the Original Series" tayang di layar kaca, dimana kala itu kapten USS Enterprise masih Kapten Pike, dan bukan Kapten Kirk.

Selama kira-kira 30-40 tahun belakangan ini, Star Wars dan Star Trek sudah berkali-kali memiliki entah itu sequel, serial baru, spin-off, buku, fan fiction, dan lain-lain, sekaligus menjadi panutan seri-seri fiksi ilmiah di dalam beberapa dekade terakhir ini.

Akan tetapi, ternyata masih ada diluar sana orang-orang yang masih gak bisa bedain mana Star Wars dan mana Star Trek. Maka dari itu, selagi sequel-nya Star Trek buatan JJ Abrams baru keluar beberapa minggu yang lalu, dan setelah belasan tahun, Star Wars episode 7 akhirnya akan dibuat juga, alangkah baiknya biar gak gagap-gagap amat, kita tahu bedanya antara Star Wars dengan Star Trek.


Perbedaan Antara Star Wars Dan Star Trek.




Star Trek pertama kalinya di buat oleh Gene Roddenberry pada tahun 1966, yaitu berupa TV Series. Cerita intinya adalah petualangan sekelompok orang yang menjelajahi Jagad Raya dengan pesawat ruang angkasa, guna mengetahui apa yang ada disana. Dan dalam cerita ini, bumi disebutkan sebagai salah satu federasi di antara planet-planet yang ada. Ini dimantapkan lagi dengan salah satu slogan Star Trek: "To boldly go where no man has gone before". Nah itu, pokoknya intinya Star Trek itu lebih berfokus ke soal petualangan.

Beda dengan Star Trek yang lebih ke petualangan, Star Wars yang pertama kali keluar pada 25 Mei 1977, yang disutradarai dan ditulis oleh George Lucas, ialah sebuah film yang sesuai dengan judulnya, Star Wars, bercerita tentang perang yang terjadi di luar angkasa. Sebuah pasukan pemberontak mencoba untuk menghancurkan tirani The Galactic Empire. Sudah jelas, khan? Star Wars = Perang Bintang. Namun, di Star Wars tidak ditemukan planet yang namanya Bumi.


Karakter




Star Wars dan Star Trek memiliki karakter-karakter yang terkenal, yang menjadi wajah dari franchise tersebut. Mari kita mengenal mereka biar semakin akrab.


STAR TREK




Berikut ini ialah karakter-karakter utama TV Series Star Trek original tahun 1960-an seperti yang ada pada gambar diatas. Yang tengah paling depan, pake baju kuning adalah kaptennya, Captain James Tiberius Kirk yang dimainin sama William Shatner. Dan yang baju biru nomer 2 dari kiri, itu lho yang namanya Mr. Spock, dan diperanin sama Leonard Nimoy. Yang lain-lainnya itu dari kiri ke kanan adalah : McCoy, (Spock), Chekov, Uhura, (Kirk), Sulu dan Montgomery Scott.

Kemudian, di tahun 2009 yang lalu, dibuat lagi film Star Trek baru dengan karakter-karakter yang sama. Istilahnya semacem reboot atau alternate universe gitu. Seperti pada gambar di bawah, kali ini yang meranin Kirk itu si Chris Pine, kalo Mr. Spock diperanin sama Zachary Quinto. Yang duduk itu sutradanya si JJ Abrams. Yang lainnya juga sama, dari kiri ke kanan adalah Sulu, Uhura, (Spock, Kirk), Chekov, McCoy, Scott.



Nah, kalau yang ini, anak-anak era 90-an mungkin familiar dengan gambar di bawah ini :




Mereka ini karakter seri Star Trek Next Generation, yaitu seri lanjutan dari Star Trek yang original. Dulu pernah tayang di TV lokal pada tahun 90-an, sore-sore kalau gak salah tayangnya. Yang paling depan itu kaptennya, Captain Jean-Luc Picard.

Original Series dan Next Generation bisa dibilang seri Star Trek yang paling terkenal. Keduanya berawal dari serial TV, tapi akhirnya dibikin film layar lebarnya juga. Selain 2 ini, ada lagi seri-seri Star Trek lainnya, seperti Voyager, Deep Space Nice, dan Enterprise.


STAR WARS

Sebelum mulai, Star Wars itu ada 6 film yang sudah keluar selama ini, dan keluarnya dalam bentuk trilogi. Tapi, urutan keluarnya adalah 4-5-6 (tahun 70-80-an), baru 1-2-3 (90-2000-an). Episode 4-5-6 biasanya disebut Original Trilogy, dan episode 1-2-3 disebut Prequel Trilogy, karena jalan ceritanya terjadi sebelum Origial Trilogy.




Mereka diatas ini dari kanan ke kiri adalah Han Solo, Leia Organa, dan Luke Skywalker, tokoh utama dari Star Wars Original Trilogy. Masing-masing diperankan oleh Harrison Ford, Carrie Fisher, dan Mark Hamill. Cukup segitu kali ya, yang penting kamu tahu dulu bentukannya. Kalo cerita lebih lanjut nanti bakal spoiler jadinya.

Nah, kalo yang dibawah ini, mungkin kamu lebih familiar, karena mereka adalah tokoh-tokoh utama Star Wars Prequel Trilogy yang tayangnya di awal tahun 2000-an yang lalu. Dari kiri ke kanan, Obi-Wan Kenobi, Padme Amidala, dan Anakin Skywalker, yang diperanin sama Ewan McGregor, Natalie Portman, dan Hayden Christensen.




Selain mereka ini, masih banyak lagi karakter Star Wars, tapi paling enggak kamu tahu jagoan masing-masing trilogi dulu deh. Ini beberapa lagi yang gak kalah penting dari tokoh yang lain.




Mereka ini adalah R2-D2 dan C-3PO. Droid ikonik yang muncul di semua trilogi. R2-D2 itu ialah droid yang aslinya kerja semacam komputer berjalan dan serba bisa. Sedangkan C-3PO ialah protocol droid, semacam pelayan gitu.

Terus, yang ini pasti kamu tahu! Dan wajib tahu! Meski tokoh satu ini merupakan antagonis, maka keterlaluan sekali kalau kamu gak tahu sama tokoh menyeramkan ini.




Om satu ini nih yang namanya Darth Vader. Coba diulang lagi, DARTH VADER.

Darth Vader ini adalah penjahat dari Original Trilogy, sedangkan di Prequel Trilogy, dikisahkan bagaimana seorang Darth Vader menemukan jati dirinya dan akhirnya menjadi penjahat. Jadi, sebenernya sih Star Wars 1-6 itu intinya tentang kehidupan si Darth Vader alias si Ana- *Ups* Maap ampir spoiler.

Wah, tanpa terasa sudah lumayan panjang nih artikelnya. Segini dulu aja deh kali ya, nanti kita lanjutin lagi, biar gak kebanyakan informasinya, dan mayan juga bwat nambah-nambahin kuota artikel. Minimal sekarang kamu sudah tahu perbedaan antara "Star Wars" Dan "Star Trek", jadi kamu gak gagap-gagap amatlah sama dua judul film fenomenal ini.

(",)v




Sumber : malesbanget.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 komentar:

  1. Dulu aku suka star trek serial tv. Waktu itu tv nya masih hitam putih. Aku paling suka sama mr. Spock, yg kupingya lancip. Paling pemberani dia.

    BalasHapus
  2. Akhirnya ngerti juga dulu ngiranya star trek itu lanjutan star wars. Wkwk

    BalasHapus

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”