Pages

Subscribe:

Senin, 08 Juli 2013

Berkenalan Dengan BlackBerry "Z10" Si Manis Menawan Yang Elegan Pembawa Pembaharuan




RIM akhirnya meluncurkan generasi pertama BlackBerry 10, yaitu smartphone BlackBerry "Z10" Si Pembawa Pembaharuan Total dengan menggunakan OS 10, yang sangat banyak mendobrak perubahaan dari versi-versi sebelumnya.

Bagi kamu yang selama ini frustasi dengan leletnya OS lama BlackBerry, ponsel hang atau jam pasir yang bikin kesal, maka di BlackBerry 10 dijamin kamu tidak akan menemukan hal seperti itu lagi. Selain itu, navigasi pengoperasiannya pun berbeda dengan versi BlackBerry terdahulu, lebih atraktif dan indah pastinya.


Rancangan Design




BlackBerry Z10 merupakan tipe smartphone pertama yang beredar dengan mengusung OS 10. Generasi pertama BlackBerry 10 ini muncul dengan kehadiran yang cukup mengagetkan, karena meluncur sebagai ponsel full touch screen tanpa ada tombol apa pun, tidak terdapat tombol trackpad/trackball yang notabene sebagai ciri khas dari BlackBerry itu sendiri selama ini.

Banyak kalangan menilai designnya yang menyerupai dengan pesaing populer sejawatnya, yaitu iPhone 5. Akan tetapi, kemiripan bukan berarti sama, yang jelas kehadiran BlackBerry Z10 ini membawa banyak pembaharuan dan tentu tidak sama dengan iPhone.

Di awal rilisnya, Z10 menyediakan pilihan 2 warna, yaitu Hitam dan Putih. Bentuknya kotak memanjang dengan sudut-sudut yang melengkung. Berbobot 137.5 g membuat BlackBerry Z10 terasa ringan di tangan.

Pada bagian sisi atas benar-benar tidak ada tombol sama sekali, hanya terdapat sebilah layar hitam legam yang diatasnya terdapat speaker untuk mendengar percapakan sewaktu nelfon.

Pada sisi kiri terdapat lubang colokan USB, di sisi kanan ada tombol untuk pengeras suara, di sisi atas terdapat tombol untuk power on/off, microphone dan jack earphone, dan di bagian sisi bawah terdapat celah lobang loudspeaker yang sekaligus untuk membuka tutup belakang ponsel.

Pada bagian sisi belakang terdapat kamera dan 1 lampu led, dan terdapat logo BlackBerry tepat di tengah-tengah bagian belakang. Penutup belakang yang terbuat dari plastik ini, memiliki texture bintik-bintik, mudah untuk dibuka tanpa harus ada unsur paksaan.

Untuk dapat memasukkan simcard (micro-sim), sebelumnya di buka terlebih dahulu tutup belakangnya. Selain itu, disana kita juga dapat memasukkan kartu memori dan juga batere tentunya. Batere yang digunakan pun cukup unik, karena bentuknya sangat memanjang. Kemudian, untuk menutup bagian belakang ponsel juga sangat mudah, tanpa harus ada unsur paksaan dalam menekannya. Design dan bentuknya pun sungguh sangat manis dan menawan.


Layar Dan Tampilan Muka




Dengan layar 4.2 inches, membuat BlackBerry Z10 memiliki layar yang cukup luas dan sangat mendukung dengan paduan OS 10 nya. Pada OS 10, banyak memiliki fungsi-fungsi menggeser layar dari berbagai sisi, sehingga layar 4.2 inches ini sangat memadai.

Bagi yang pertama kali menyalakan smartphone ini, akan serupa dengan smartphone Android maupun iPhone lainnya, yaitu meminta aktifasi dengan koneksi Wi-Fi. Cara menyalakan ponsel ini adalah dengan memasukkan batere ke dalam bodi atau bila batere sudah terpasang bisa menekan tombol yang ada diatas.

Setelah ponsel menyala, akan masuk ke dalam posisi stanby, lalu kita mengusapnya dari bawah ke atas dengan jari di layar, dan kita bisa melihat peralihan pergantian interface yang begitu sangat halus, seperti menghilangkan efek kabut di dalam layar. Setelah itu, munculah icon-icon, seperti : icon Contact, Browser, Calendar, BBM, Text Messages, dll.


Menu Dan Navigasi




Bagi kamu para pengguna smartphone BlackBerry setia yang sudah lama fasih dengan BlackBerry, nampaknya harus belajar kembali untuk dapat mengoperasikan smartphone BlackBerry edisi 10 ini, karena menu dan navigasinya benar-benar total berubah dari versi-versi sebelumnya.

BlackBerry Hub merupakan tempat semua aktivitas BlackBerry ada disini, mulai dari Notifictions, BBM, Text Messages, Email, Calls, hingga voicemail. Jadi kalau kita mau melihat email yang masuk atau notifikasi apapun masuk, kita tinggal lihat di BlackBerry Hub ini. BlackBerry Hub bisa dilihat dengan cara mengusap layar dari sisi kiri ke kanan, dimulai usapan dari pinggir layar.

Soal multi tasking program pun sudah dirancang dan semakin mudah pengoperasiannya. Setiap program yang kita buka, bila ingin menutupnya yaitu dengan cara mengusap layar dari pinggir bawah ke atas, maka program akan tersimpan dan masih berjalan, dan  bila kita ingin benar-benar menutupnya, tinggal tekan tanda silangnya (X). Kemudian untuk menu Setting selain kita dapat menekan icon Setting, kita bisa menarik dari sisi layar bagian atas ke bawah.

Untuk membuat folder, prosesnya serupa dengan di iOS-nya Apple, yaitu dengan cara menindihkan icon dengan icon yang lain, maka akan muncul permintaan penamaan folder, kemudian icon-icon lainnya tinggal di masukkan ke dalam folder tersebut dengan cara yang sama, yaitu menindihkan icon ke atas folder.

Bila ponsel dalam kondisi Stanby, kita dapat menampilkan sebuah jam analog berwarna merah, dimana pada tampilan ini terdapat menu untuk men-setting alarm. Bentuk tampilan jamnya begitu terlihat manis, membuat sosok penampilan BlackBerry Z10 menjadi sangat elegan. Cara menampilkan jam tersebut, cukup usap dari sisi atas layar ke bawah. Dan untuk menutupnya, usap kembali dari sisi layar bawah ke atas.

Penampilan BBM pun secara layout berubah, mungkin dikarenakan bawaan dari OS BlackBerry 10, sehingga usapan dari sisi layar kiri juga berlaku di BBM, yaitu untuk menampilkan pilihan menu Chats, Contacts, Groups, Invites, Updates.

Bila kita memilih Chat, maka akan menampilkan notifikasi pesan text BBM dan juga aktivitas percakapan di group-group. Terlihat ramai memang, tetapi kita dapat memilih hanya pesan text BBM saja atau berikut aktivitas group yang ingin ditampilkan.

Bila kita memilih menu group, maka akan muncul icon-icon berbentuk kotak-kotak yang berisikan group-group yang kita ikuti, semua tampilan sub-menu dibuat kotak-kotak. Untuk mencari menu Setting BBM, silahkan usap layar dari sisi paling atas ke bawah.

Untuk mematikan ponsel BlackBerry Z10 ini, cukup dengan menekan 3 detik pada tombol dibagian atas yang terbuat dari logam. Kita pun akan melihat indikator 3 detik berjalan bila kita menekan lama tombol on/off tersebut.

Yang menarik perhatian juga adalah disaat ponsel BlackBerry OS 10 ini dinyalakan, terlihat logo BB yang dikelilingi dengan list border, dimana di dalam border terdapat bar yang berjalan yang menunjukkan sejauh mana proses menyala berjalan, dan bila kamu sentuh dengan jari pada logo BB-nya, maka akan muncul angka persentase, sudah seberapa persen proses penyalaan berjalan.


Komunikasi Data




Soal jangkauan Wi-Fi nya tak perlu ditanya lagi, cukup luas dan stabil. Di BlackBerry 10 sudah menyediakan fiture Mobile Hotspot dan Internet Tethering, jadi sudah tak kalah jika dibandingkan dengan OS Android maupun iOS-nya Apple.

Selain itu, BlackBerry 10 juga mendukung fiture NFC dan VPN. Bila operator selular yang kita gunakan mendukung jaringan 4G, maka ponsel BlackBerry Z10 sudah mampu untuk melakukan hal tersebut. Tak lupa koneksi Bluetooth tetap dihadirkan pada ponsel ciamik ini.


Kamera




Bila kamu frustasi dengan kamera BlackBerry yang tidak ada Auto-Focus seperti layaknya BlackBerry Dakota dan beberapa tipe BlackBerry lainnya, kali ini BlackBerry Z10 hadir tidak hanya dilengkapi dengan Auto-Focus yang sangat cepat, melainkan segudang fiture untuk urusan kamera dibenamkan pada ponsel ini.

Hal pertama adalah soal kecepatan menshoot, percayalah dengan memotret lewat ponsel BlackBerry Z10 maka akan jauh lebih cepat dibanding ponsel iPhone5. Hal yang paling mutakhir yang tidak terdapat pada ponsel pesaing lainnya, seperti : Android, iPhone bahkan Windows Phone sekalipun ialah terdapat fiture Mesin Waktu pada kamera ponsel ini.

Fiture Mesin Waktu ini berfungsi sebagai pencari moment yang tepat, misalnya kamu foto kekasih kamu, namun hasil jepretan kamu terlihat buruk karena mungkin matanya sedang merem atau senyumnya kurang pas, maka dengan fiture Mesin Waktu ini kamu dapat memajukan atau memundurkan waktu dari hasil foto yang sudah ada, sehingga kamu dapat membuka mata yang tadinya merem menjadi melek atau senyumnya yang garing menjadi lebih pas garingnya. Dan fiture ini benar-benar dirasakan hebat pastinya.

Filter untuk memberikan efek pada hasil-hasil jepretan foto, juga disediakan pada ponsel ini. Caranya, buka salah satu foto yang ingin kamu beri efek, lalu pilihlah menu Edit, maka kamu dapat memodifikasi foto mulai dari memutarkan posisi foto, mengatur pencahayaan (white balance), hingga kepada memberi efek Black and White, Lomo, Antique, Sepia, dsb. Jadi tidak perlu mencari aplikasi tambahan untuk melengkapi kebutuhan kamera pada ponsel ini, karena semua sudah disediakan di Z10.

Untuk urusan pengambilan rekam video, dapat di set untuk settingan 1080p atau 720p. Dan disertai pula fiture Stabilization bagi yang merasa banyak getaran disaat pengambilan rekaman video. Kamera belakang maupun depan dapat dijadikan untuk pengambilan rekaman video.


Papan Ketik (Keyboard)




Lagi-lagi BlackBerry OS 10 satu ini memberikan fiture kecerdasan pada papan ketik (keyboard) yang juga tidak dimiliki oleh para pesaingnya : Android, iPhone maupun Windows Phone. Yaitu papan ketik yang dapat menyimak dan mencerna ketikan si pengguna ponsel BlackBerry ini.

Sebagai contoh bila kamu mengetik tulisan “Sel…..” maka pada papan muncul beberapa kata yang disugestikan, yaitu diantaranya “Selamat”, “Seluruh”. Bila kita men-set Input Languages beberapa bahasa, maka hasil yang muncul pun akan menjadi beberapa bahasa. Diyakinkan, bahwa papan ketik ini dapat juga mencerna kebiasaan atas pengetikan si pengguna ponsel BlackBerry ini.

Apakah kamu merasa sering salah ketik di ponsel-ponsel Android atau sulitnya mengetik dengan cepat menggunakan iPhone5? Nah, pada ponsel BlackBerry Z10 ini mengetiknya sangat nyaman. Tidak mudah terjadi salah pengetikan. Jari-jari dengan mudah untuk menekan tombol-tombol di layar dengan cepat yang minim akan kesalahan pada pengetikan.


Ketersediaan Aplikasi Dan Game




Walaupun BlackBerry World masih belum banyak menyediakan aplikasi dan game dibandingkan dengan Android dan iOS, namun sejatinya BlackBerry serius untuk memperbanyak galeri aplikasi dan game yang bermutu.

Terbukti saat ini game anyar seperti Angry Birds Star Wars dan ChasingYello sudah dapat di unduh dengan gratis dan dapat dimainkan dengan mulus di ponsel BlackBerry Z10 ini. Namun, ada satu hal yang menjadi kekurangan, yaitu belum tersedianya aplikasi Whatsapp di BlackBerry OS 10, mudah-mudahan kedepannya Whatsapp bisa segera hadir untuk BlackBerry OS 10.


Kesimpulan




Hal pertama yang harus diyakini, membuang hal-hal negatif terlebih dahulu pada ponsel BlackBerry selama ini, seperti proses menyalakan ponsel yang lama, super lelet, munculnya jam pasir, hingga hang dan cabut batere. Kalau BBM tidak menjadi favorit di Indonesia, bisa jadi BlackBerry sudah lama ditinggalkan.

Makanya, kehadiran BlackBerry 10 kali ini benar-benar harus dipercaya, bahwa membawa smartphone satu ini telah melakukan perubahan total dengan BlackBerry versi-versi sebelumnya. BlackBerry 10 dengan tipe Z10 ini, menghadirkan ponsel BlackBerry yang sangat begitu cepat, proses menyalakan yang tidak butuh waktu lama, tidak lelet yang bikin jengkel dan tidak akan ditemukan yang namanya jam pasir yang membuat kamu harus menunggu menghabiskan waktu.

Selain kecepatan yang di dapat pada BlackBerry Z10, OS 10 menghadirkan nuansa baru di dalam pengoperasian ponsel BlackBerry. Membuat pengalaman baru di dalam menggunakan ponsel BlackBerry. Dijamin bagi kamu yang mencobanya akan merasakan sesuatu yang “Ich WoW”, mungkin karena di benak banyak orang kehandalan ponsel BlackBerry versi sebelumnya sudah di cap buruk, lalu sekarang merasakan BlackBerry yang penuh dengan kesegaran dam membawa segudang pembaharuan. Dan hal ini menjadi tugas berat bagi BlackBerry untuk memperkenalkan produk "Rasa Baru" mereka kepada para penggunanya yang notabene sudah terbiasa dengan BlackBerry "Rasa Lama".

BlackBerry Z10 memiliki design yang manis dan menawan, dan dapat menjadi perhatian di sekitar kamu. Tak hanya soal design yang ciamik, tetapi beberapa fiture hebat seperti fiture kamera “Mesin Waktu”, papan ketik yang cerdas yang tidak dimiliki oleh pesaingnya, membuat nilai jual yang lebih dari ponsel ini, dan juga game-game anyar menarik, seperti Angry Birds Star Wars tersedia di BlackBerry World yang bisa di unduh secara gratis dan mulus dimainkan di ponsel ini.

Dan jika kita kesampingkan soal ketersediaan aplikasi dan game yang dirajai oleh iOS dan Android, bisa jadi ponsel BlackBerry Z10 yang mengusung OS 10 ini ialah ponsel pintar yang terbaik dari para pesaing-pesaingnya. Tidak percaya, silahkan kamu coba.


Kelebihan :

+ Design dan bentuk BlackBerry Z10 sangat manis menawan dan elegan
+ BlackBerry OS 10 membawa banyak perubahan yang menarik untuk dicoba
+ Selamat tinggal jam pasir, lelet, maupun hang pada ponsel BlackBerry versi lama
+ Sistem Operasi-nya serba cepat, halus (smooth), dan menarik

Kekurangan :

- BlackBerry World belum terlalu banyak menyediakan aplikasi dan game
- Ttidak ada lagi
- Ya cuma itu saja, tak ada lagi kekurangannya
- Beneran gak ada lagi koq, masih maksa aja nyari kekurangannya


Spesifikasi :

General :
Jaringan
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 LTE 800 / 900 / 1800 / 2600

Layar :
Tipe Capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 768 x 1280 pixels, 4.2 inches

Dimensi :
Ukuran 130 x 65.6 x 9 mm
Berat 137.5 g

Memori :
 Internal 16 GB storage, 2 GB RAM
External microSD, up to 64 GB

Kamera :
Primer 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Sekunder 2 MP, 720p@30fps

Data :
GPRS Ya
EDGE Ya
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band
Bluetooth v4.0 with A2DP, LE
USB microUSB v2.0

Fiture :
 OS BlackBerry 10 OS
CPU Dual-core 1.5 GHz Krait
Messaging SMS, MMS, Email, Push Email, IM, BBM 6
Browser HTML5
GPS A-GPS support
Java MIDP 2.1
Fiture Lain :
- SNS integration
- HDMI port
- BlackBerry maps
- Organizer
- Document viewer
- Photo viewer
- MP3/WMA/WAV/eAAC+/FlAC player
- DivX/XviD/MP4/WMV/H.263/H.264 player
- Voice memo/dial
- Predictive text input

Baterai :
Tipe Li-Ion 1800 mAh
Standby Up to 312 h
Talk Time Up to 10 h


Kelengkapan :

- Kabel charger
- Earphone
- Batere Li-Ion 1800 mAh

(",)v




Sumber : teknologi-gayahidup.master.web.id, rajahape.com, berbagai sumber lainnya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”