Pages

Subscribe:

Selasa, 09 Juli 2013

Berkenalan Dengan BlackBerry "Q10" Si Konservatif Yang Elegan Pembawa Pembaharuan




Sukses dengan gaungnya BlackBerry Z10 yang membawa OS teranyar-nya BB10, kembali di tahun yang sama sebuah gebrakan kedua dari BlackBerry, yaitu dirilisnya smartphone berciri khas BlackBerry yang memiliki keyboard QWERTY di padu dengan layar sentuh bernama BlackBerry "Q10".

BlackBerry Q10 tentu sangat dinantikan kehadirannya oleh para pengguna ponsel BlackBerry pada umumnya yang sangat mencintai ponsel dengan papan ketik, selain para pengguna BlackBerry Z10 yang frustasi menggunakan ponsel layar sentuh tanpa papan ketik, bisa jadi berpaling ke BlackBerry Q10 ini.

BlackBerry Q10 ialah ponsel yang memiliki layar sentuh dan juga keyboard QWERTY, yang mengusung sistem operasi BB10. Dan sudah barang tentu fiture-fiture andalan dari BB10 akan dimiliki di ponsel BlackBerry Q10 ini. Dan mari kita ulas ponsel BlackBerry Q10 ini.


Rancangan Design




Kalau kamu sudah familiar dengan bentuk ponsel BlackBerry versi Bold dan Dakota, maka bentuk dari BlackBerry Q10 juga tidak jauh berbeda. Pada bagian atas terdapat layar (sama dengan Dakota menggunakan layar sentuh) dan di bagian bawahnya keyboard fisik QWERTY. Yang sedikit berbeda ialah susunan keyboard (papan ketiknya) di BlackBerry Q10 tersusun sejajar lurus, tidak melengkung seperti pada Dakota/Bold.

Oleh karena era BlackBerry 10 sudah tidak menggunakan Track Pad lagi, maka di BlackBerry Q10 untuk tombol-tombol seperti Telpon, Option, Track Pad, Back dan tombol OFF dihilangkan. Hal ini bisa jadi di rasa kagok bagi pengguna ponsel-ponsel BlackBerry versi OS 5 dan 7. Namun, dengan semakin sederhana tombol tersebut, maka akan membuat pengoperasian ponsel menjadi lebih ringkas (hanya butuh waktu untuk membiasakan menggunakannya).

Pada bagian belakang sudah menjadi ciri khas dari keluarga versi Bold, yaitu menggunakan lapisan yang bermotif. Bila pada Bold edisi pertama menggunakan bahan material bahan kulit, lalu Dakota menggunakan motif karbon, maka di BlackBerry Q10 ini juga masih menggunakan motif karbon dengan bahan material yang lebih lux dan motif yang terselubung, hingga ke sisi-sisi pinggir bodi ponsel, membuat si konservatif ini tampak semakin elegan. Tutup batere bagian belakang dibuat lebih keras dibanding Z10 yang masih terasa lentur.


Layar Dan Tampilan Muka




Berbeda dengan saudaranya BlackBerry Z10 yang memiliki bidang layar yang begitu luas, BlackBerry Q10 yang sebagian bidangnya sudah terambil oleh posisi papan ketik QWERTY, maka untuk bidang layar menggunakan 3.1″, yaitu lebih besar sedikit dibanding layar Dakota yang 2.8″.

Tipe jenis layar yang digunakan adalah Super AMOLED, sehingga kualitas warna yang dihasilkan begitu sangat kontras, tajam, sangat jelas dan membuat mata betah melihatnya. Selain itu,  tulisan-tulisan pun nyaman dibaca, hingga ketika di set ukuran huruf (Font) paling kecil pun yaitu 5, tulisan masih jelas dibaca.


Menu Dan Navigasi




Kembali kita berbicara soal sistem operasi. Bila kamu pengguna BlackBerry Z10 dengan sistem operasi BB10, maka untuk menggunakan BlackBerry Q10 sudah tidak sulit. Tetapi bila kamu belum pernah sama sekali menggunakan sistem operasi BB10, sudah pasti perlu waktu untuk membiasakan menggunakannya, karena hal ini sangat berbeda sekali antara sistem operasi BB10 dengan sistem operasi BlackBerry versi 7 atau sebelumnya.

BlackBerry Hub merupakan tempat semua aktivitas BlackBerry ada disini, mulai dari Notifictions, BBM, Text Messages, Email, Calls, hingga voicemail. Jadi kalau kita mau melihat email yang masuk atau notifikasi apapun masuk, kita tinggal lihat di BlackBerry Hub ini. BlackBerry Hub bisa dilihat dengan cara mengusap layar dari sisi kiri ke kanan, dimulai usapan dari pinggir layar.

Soal multi tasking program pun sudah dirancang dan semakin mudah pengoperasiannya. Setiap program yang kita buka, bila ingin menutupnya yaitu dengan cara mengusap layar dari pinggir bawah ke atas, maka program akan tersimpan dan masih berjalan, dan  bila kita ingin benar-benar menutupnya, tinggal tekan tanda silangnya (X). Kemudian untuk menu Setting selain kita dapat menekan icon Setting, kita bisa menarik dari sisi layar bagian atas ke bawah.

Untuk membuat folder, prosesnya serupa dengan di iOS-nya Apple, yaitu dengan cara menindihkan icon dengan icon yang lain, maka akan muncul permintaan penamaan folder, kemudian icon-icon lainnya tinggal di masukkan ke dalam folder tersebut dengan cara yang sama, yaitu menindihkan icon ke atas folder.

Bila ponsel dalam kondisi Stanby, kita dapat menampilkan penampilan sebuah jam analog berwarna merah dimana pada tampilan ini terdapat menu untuk men-setting alarm. Cara menampilkan jam tersebut, cukup usap dari sisi atas layar ke bawah. Dan untuk menutup usap kembali dari sisi layar bawah ke atas.

Untuk mematikan ponsel BlackBerry Z10 ini, cukup dengan menekan 3 detik pada tombol dibagian atas yang terbuat dari logam. Kita pun akan melihat indikator 3 detik berjalan bila kita menekan lama tombol on/off tersebut.

Yang menarik perhatian juga adalah disaat ponsel BlackBerry OS 10 ini dinyalakan, terlihat logo BB yang dikelilingi dengan list border, dimana di dalam border terdapat bar yang berjalan yang menunjukkan sejauh mana proses menyala berjalan, dan bila kamu sentuh dengan jari pada logo BB-nya, maka akan muncul angka persentase, sudah seberapa persen proses penyalaan berjalan.


Komunikasi Data




Soal jangkauan Wi-Fi nya tak perlu ditanya lagi, cukup luas dan stabil. Di BlackBerry 10 sudah menyediakan fiture Mobile Hotspot dan Internet Tethering, jadi sudah tak kalah jika dibandingkan dengan OS Android maupun iOS-nya Apple.

Selain itu, BlackBerry 10 juga mendukung fitur NFC dan VPN. Bila operator selular yang kita gunakan mendukung jaringan 4G maka ponsel BlackBerry Q10 sudah mampu untuk hal tersebut. Tak lupa juga koneksi Bluetooth tetap hadir pada ponsel ini. Bahkan di BB10 bila ponsel tidak disertakan simcard, lalu hanya mengandalkan WiFi saja, maka aktifitas BB (Messenger, Email, Internet) semua dapat berjalan normal.


Kamera




Fiture kamera yang paling ajaib ialah terdapat fitur Mesin Waktu pada kamera ponsel ini. Fiture Mesin Waktu ini berfungsi sebagai pencari moment yang tepat, misalnya kamu foto kekasih kamu namun hasil jepretan kamu terlihat buruk karena mungkin matanya sedang merem atau senyumnya kurang pas, maka dengan fiture Mesin Waktu ini kamu dapat memajukan/memundurkan waktu dari hasil foto yang sudah ada, sehingga kamu dapat membuka mata yang tadinya merem menjadi melek atau senyumnya yang lebay menjadi lebih pas lebaynya.

Disediakan pula filter untuk memberikan efek pada hasil-hasil jepretan foto. Caranya buka salah satu foto yang ingin kita beri efek, lalu pilih menu Edit, kamu dapat memodifikasi foto mulai dari memutarkan posisi foto, mengatur pencahayaan (white balance), hingga kepada memberi efek Black and White, Lomo, Antique, Sepia, dll. Jadi tak perlu mencari aplikasi tambahan untuk melengkapi kebutuhan kamera pada ponsel ini.


Papan Ketik (Keyboard)




Keunggulan utama dari BlackBerry Q10 ini ialah soal papan ketik-nya (QWERTY Keyboard). Yang sedikit frustrasi suka salah-salah ngetik di Z10, kemungkinan akan beralih ke Q10. Kenyamanan mengetiknya senyaman ponsel-ponsel BlackBerry Dakota/Bold versi sebelumnya. Walau susunan papan ketik yang simetris, tidak sedikit melengkung seperti ponsel generasi sebelumnya, tetap membuat sensasi yang nyaman dalam pengetikan.

Ini merupakan ponsel BlackBerry generasi BB10 yang pertama menggunakan fisik papan ketik. Dan sepertinya, diperkirakan Q10 ini akan lebih laris jika dibandingkan dengan Z10, karena ponsel BlackBerry sejatinya memang ialah ponsel ber-papan ketik.


Ketersediaan Aplikasi Dan Game




Walaupun BlackBerry World masih belum banyak menyediakan aplikasi dan game dibandingkan dengan Android dan iOS, namun BlackBerry sangat serius untuk memperbanyak galeri aplikasi dan game yang bermutu. Terbukti saat ini game anyar seperti Angry Birds Star Wars dan ChasingYello sudah dapat di unduh secara gratis dan dapat dimainkan dengan mulus di ponsel BlackBerry Q10 ini.


Kesimpulan




Bisa jadi apabila di awal BlackBerry era BB10 meluncurkan Q10 ini duluan, kemungkinan besar Z10 tidak laris dipasaran. Karena memang jatidiri BlackBerry selama ini ialah smartphone berpapan ketik QWERTY fisik seperti garis keturunan sebelumnya, yaitu Bold/Dakota.

Karena BlackBerry Q10 sudah menggunakan OS BB10, maka pengguna Bold/Dakota sebelumnya harus terlebih dahulu membiasakan cara memakainya. Namun, cara penggunaannya yang baru ini menjadi lebih praktis dan cepat serta akan menambah pengalaman kamu di dalam menggunakan ponsel BlackBerry generasi BB10 yang sangat berbeda dengan sistem operasi BB versi 7 maupun 5.

Layar Super AMOLED membuat layar BlackBerry Q10 menjadi sangat cerah, tajam dan detil, memanjakan mata kamu untuk melihatnya. Karena layarnya tidak terlalu besar seperti Z10, maka untuk bermain game dan pengambilan gambar kamera di Q10 menjadi sempit. Terlebih pandangan dan hasil jepretan dari kamera menjadi seukuran layar (tampak segi empat), walau bisa di adjust aspect ratio menjadi 4:3 atau 16:9.

Namun, sebagai pecinta sejati dan pengguna ponsel BlackBerry yang setia selama ini, kamu patut untuk menggunakan Q10 si konservatif ini, sebagai upgrade dari era Bold/Dakota dan meninggalkan sistem operasi lama BlackBerry veri 7 maupun 5 menjadi BB10 yang membawa segudang pembaharuan yang nyata.


Kelebihan :

+ Design khas ponsel BlackBerry
+ Papan ketik-nya dicintai pengguna BlackBerry
+ Kualitas layar yang sangat cerah dan tajam

Kekurangan :

- Layar sedikit terasa sempit (tidak lapang)


Spesifikasi :

General :
Jaringan
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - all versions
CDMA 800 / 1900 - SQN100-2, SQN100-4
HSDPA 850 / 1900 / 2100 - SQN100-1
HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 - SQN100-2, SQN100-3, SQN100-4
HSDPA 850 / 1700 / 1900 / 2100 - SQN100-5
LTE 700 / 850 / 1700 / 1900 - SQN100-1, SQN100-5
LTE 700 / 1700 - SQN100-2
LTE 800 / 900 / 1800 / 2600 - SQN100-3
LTE 1900 - SQN100-4

Layar :
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 720 x 720 pixels, 3.1 inches (~328 ppi pixel density)

Dimensi :
Ukuran 119.6 x 66.8 x 10.4 mm
Berat 139 g

Memori :
Internal 16 GB storage, 2 GB RAM
External microSD, up to 64 GB

Kamera :
Primer 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Sekunder 2 MP, 720p

Data :
GPRS Ya
EDGE Ya
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band
Bluetooth v4.0 with A2DP, LE
USB microUSB v2.0

Fiture :
OS BlackBerry 10 OS
CPU Dual-core 1.5 GHz Cortex-A9
Messaging SMS, MMS, Email, Push Email, IM, BBM 6
Browser HTML5
GPS A-GPS support
Java MIDP 2.1
Fiture Lain :
- SNS integration
- HDMI port
- BlackBerry maps
- Organizer
- Document viewer
- Photo viewer
- MP3/WMA/WAV/eAAC+/FlAC player
- DivX/XviD/MP4/WMV/H.263/H.264 player
- Voice memo/dial
- Predictive text input

Baterai :
Tipe Li-Ion 2100 mAh
Standby Up to 312 h
Talk Time Up to 10 h


Kelengkapan :

- Earphone
- Kabel Data
- Kepala charger
- Batere Li-Ion 2100 mAh

(",)v




Sumber : teknologi-gayahidup.master.web.id, rajahape.com, berbagai sumber lainnya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”